🇮🇩 Persiapan Sumatif Akhir Semester
Pendidikan Pancasila Kelas 3 SD - Kurikulum Merdeka
BAB 1Aku Anak Indonesia
1Identitas Diri dan Sosial
Identitas = Ciri-ciri yang membedakan kita dengan orang lain
📝 Identitas Diri
- Nama lengkap
- Tempat, tanggal lahir
- Jenis kelamin
- Alamat rumah
- Ciri fisik (tinggi, warna kulit)
🌍 Identitas Sosial
- Nama sekolah & kelas
- Agama
- Suku bangsa
- Kewarganegaraan
- Hobi/kegemaran
2Pentingnya Mengenal Identitas
- Mengenal diri sendiri dengan baik
- Membedakan kita dengan orang lain
- Menjadi anggota masyarakat
- Membantu saat situasi darurat (hilang, butuh bantuan)
- Menumbuhkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
3Cara Memperkenalkan Diri
"Selamat pagi! Perkenalkan, nama saya Ahmad Rizki. Saya lahir di Jakarta, 15 Januari 2015. Saya tinggal di Jalan Merdeka No. 10, Jakarta. Saya bersekolah di SD Nusantara kelas 3A. Agama saya Islam dan suku saya Jawa. Hobi saya adalah bermain sepak bola. Terima kasih!"
- Salam pembuka
- Nama lengkap
- Tempat dan tanggal lahir
- Alamat
- Sekolah dan kelas
- Agama dan suku (opsional)
- Hobi
- Salam penutup
4Suku Bangsa di Indonesia
Indonesia punya lebih dari 1.300 suku bangsa!
Jawa
(Jawa Tengah, Timur, DIY)
Sunda
(Jawa Barat)
Batak
(Sumatra Utara)
Minangkabau
(Sumatra Barat)
Melayu
(Riau, Jambi)
Betawi
(Jakarta)
Dayak
(Kalimantan)
Bugis
(Sulawesi)
Papua
(Papua)
Bali
(Bali)
Sasak
(NTB)
Dan masih banyak lagi...
5Sikap terhadap Keberagaman
Bhinneka Tunggal Ika = Berbeda-beda tetapi tetap satu
- ✅ Menghormati perbedaan ras, suku, dan agama
- ✅ Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
- ✅ Tidak mengejek adat atau bahasa orang lain
- ✅ Belajar tentang budaya lain
- ✅ Bekerja sama dengan semua teman
- ✅ Toleransi dalam beribadah
• Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah
• Bermain bersama tanpa membeda-bedakan suku
• Menghargai makanan khas daerah lain
• Belajar salam dalam bahasa daerah teman
6Tempat Tinggal di NKRI
Struktur Wilayah dari Kecil ke Besar
- Keluarga (rumah kita)
- RT (Rukun Tetangga) → 10-50 keluarga
- RW (Rukun Warga) → beberapa RT
- Desa/Kelurahan → beberapa RW
- Kecamatan → beberapa desa/kelurahan
- Kabupaten/Kota → beberapa kecamatan
- Provinsi → beberapa kabupaten/kota
- Negara (NKRI) → seluruh Indonesia
Jalan Melati No. 5
RT 03 / RW 05
Kelurahan Cempaka
Kecamatan Kedoya
Jakarta Barat
DKI Jakarta
Indonesia
7Membaca Denah Lokasi
Denah = Gambar yang menunjukkan letak suatu tempat
Contoh Denah Sederhana:
- Cari simbol atau gambar tempat yang dicari
- Perhatikan arah (Utara, Selatan, Timur, Barat)
- Lihat jarak relatif (dekat/jauh)
- Perhatikan jalan yang menghubungkan
8Arah Mata Angin
(Utara)
(Selatan)
(Timur)
(Barat)
• Sekolah berada di sebelah Timur rumahku
• Masjid ada di sebelah Utara lapangan
• Warung Pak Ahmad di sebelah Barat rumah
9Pentingnya Mengenal Tempat Tinggal
- Agar tidak tersesat saat bepergian
- Memudahkan mencari alamat
- Bisa memberitahu alamat saat diminta
- Mengenal tetangga dan lingkungan
- Membantu situasi darurat (ambulans, pemadam)
- Menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan
BAB 2Aturan
1Aturan di Sekolah
- Datang tepat waktu
- Memakai seragam lengkap dan rapi
- Mengerjakan tugas yang diberikan guru
- Menghormati guru dan teman
- Tidak berlari-lari di kelas atau koridor
- Menjaga kebersihan kelas dan sekolah
- Mengikuti upacara bendera
- Tidak membuat keributan saat belajar
2Aturan di Rumah
- Bangun pagi dan tidak terlambat
- Berdoa sebelum dan sesudah makan
- Membantu orang tua (cuci piring, sapu rumah)
- Belajar dengan rajin
- Tidak bermain sampai larut malam
- Pamit sebelum keluar rumah
- Tidur tepat waktu
- Merapikan tempat tidur dan mainan
3Aturan di Masyarakat
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Tidak buang sampah sembarangan
- Mengucapkan salam saat bertemu tetangga
- Ikut kerja bakti membersihkan lingkungan
- Tidak berisik saat malam hari
- Menghormati tetangga yang lebih tua
- Mematuhi peraturan RT/RW
- Saling tolong-menolong dengan tetangga
4Aturan Tertulis dan Tidak Tertulis
✍️ Aturan Tertulis
Aturan yang ditulis dan didokumentasikan
- Tata tertib sekolah
- Peraturan lalu lintas
- Aturan perpustakaan
- Peraturan RT/RW
👨👩👧👦 KEWAJIBAN ANAK 👨👩👧👦
🌟 Apa itu Kewajiban?
Kewajiban adalah hal-hal yang HARUS kita lakukan sebagai anak yang baik!
Dengan melakukan kewajiban, kita menjadi anak yang bertanggung jawab! 💪
💡 Tips Menjadi Anak yang Bertanggung Jawab
- Lakukan kewajiban tanpa harus disuruh
- Kerjakan dengan ikhlas dan senang hati
- Jangan menunda-nunda pekerjaan
- Minta maaf jika melakukan kesalahan
- Selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas
- Jadilah contoh yang baik untuk adik
⚖️ Hak dan Kewajiban di Sekolah ⚖️
Pendidikan Pancasila Kelas 3 SD - Kurikulum Merdeka
🤔 Apa itu Hak dan Kewajiban?
Sebagai siswa di sekolah, kita memiliki hak yang harus kita dapatkan dan kewajiban yang harus kita lakukan. Keduanya harus seimbang!
HAK
Hak adalah sesuatu yang boleh kita terima atau dapatkan. Hak harus dipenuhi oleh orang lain.
KEWAJIBAN
Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan. Kewajiban adalah tanggung jawab kita.
✨ Hak Siswa di Sekolah
Setiap siswa berhak mendapat pelajaran dari guru dengan baik
Siswa berhak meminjam dan membaca buku di perpustakaan sekolah
Siswa berhak bermain dan beristirahat saat jam istirahat
Siswa berhak menggunakan toilet, kantin, dan fasilitas sekolah lainnya
Siswa berhak bertanya jika ada pelajaran yang belum dipahami
Setiap siswa berhak diperlakukan sama dan adil oleh guru
Siswa berhak mendapat pertolongan dari UKS jika sakit di sekolah
💡 Contoh Situasi:
Hak Budi: Budi berhak bertanya kepada guru agar bisa memahami pelajaran.
⭐ Kewajiban Siswa di Sekolah
Siswa wajib datang ke sekolah sebelum bel masuk berbunyi
Siswa wajib memakai seragam sekolah yang rapi dan bersih
Siswa wajib mengerjakan PR dan tugas yang diberikan guru
Siswa wajib menghormati guru, staf sekolah, dan teman-teman
Siswa wajib menjaga kebersihan kelas, toilet, dan lingkungan sekolah
Siswa wajib merawat buku, meja, kursi, dan fasilitas sekolah lainnya
Siswa wajib tenang saat pelajaran berlangsung dan tidak mengganggu teman
Siswa wajib mematuhi semua peraturan dan tata tertib sekolah
💡 Contoh Situasi:
Kewajiban Ani: Ani harus memungut sampah tersebut dan membuangnya ke tempat sampah untuk menjaga kebersihan sekolah.
⚖️ Keseimbangan Hak dan Kewajiban
Hak dan kewajiban harus seimbang! Artinya, kita tidak boleh hanya menuntut hak tanpa melakukan kewajiban. Sebaliknya, kita juga tidak boleh hanya melakukan kewajiban tanpa mendapatkan hak.
⚠️ Ingat!
- Lakukan kewajiban dulu, baru terima hak
- Jika kita melanggar kewajiban, hak kita bisa berkurang
- Hargai hak orang lain seperti kita menghargai hak kita sendiri
📌 Contoh Keseimbangan:
Kewajiban: Budi mengerjakan tugas matematika dengan baik
Hak: Budi berhak mendapat nilai bagus dan pujian dari
BAB 3Pengamalan Pancasila
1Pengamalan Sila-Sila Pancasila
Pancasila = Dasar Negara Indonesia
Memiliki 5 sila yang harus diamalkan dalam kehidupan
⭐ Sila Pertama
"Ketuhanan Yang Maha Esa"
- ✅ Rajin beribadah sesuai agama masing-masing
- ✅ Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
- ✅ Menghormati teman yang berbeda agama saat beribadah
⭐ Sila Kedua
"Kemanusiaan yang Adil dan Beradab"
- ✅ Membantu teman yang kesulitan
- ✅ Tidak membully atau mengejek teman
- ✅ Memperlakukan semua orang dengan baik dan adil
⭐ Sila Ketiga
"Persatuan Indonesia"
- ✅ Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
- ✅ Bekerja sama dalam kelompok
- ✅ Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi
⭐ Sila Keempat
"Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan"
- ✅ Musyawarah saat memutuskan sesuatu
- ✅ Menghargai pendapat orang lain
- ✅ Menerima hasil keputusan bersama dengan lapang dada
⭐ Sila Kelima
"Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia"
- ✅ Berbagi dengan teman yang membutuhkan
- ✅ Tidak sombong dengan apa yang kita miliki
- ✅ Menghargai hasil kerja orang lain
2Tokoh Proklamator
Proklamator = Tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
Tanggal 17 Agustus 1945
Ir. Soekarno
- Presiden pertama Indonesia
- Pembaca teks proklamasi
- Lahir: 6 Juni 1901 di Surabaya
- Dikenal sebagai Bapak Proklamator
Drs. Mohammad Hatta
- Wakil Presiden pertama Indonesia
- Mendampingi Soekarno membaca proklamasi
- Lahir: 12 Agustus 1902 di Bukittinggi
- Dikenal sebagai Bapak Proklamator
• Proklamasi dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta
• Tanggal: 17 Agustus 1945
• Kedua tokoh disebut "Dwi Tunggal" (Dua Serangkai)
3Tokoh Perumus Dasar Negara
Panitia Sembilan = Perumus Piagam Jakarta
Yang kemudian menjadi Pancasila
- 1 Juni 1945: Soekarno menyampaikan pidato tentang Pancasila
- 22 Juni 1945: Panitia Sembilan merumuskan Piagam Jakarta
- 18 Agustus 1945: Pancasila disahkan sebagai dasar negara
• Soekarno disebut "Bapak Bangsa" dan "Penggali Pancasila"
• Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta: Panca = Lima, Sila = Dasar/Prinsip
• Lambang Pancasila: Burung Garuda
SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER
PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 3
A. PILIHAN GANDA (20 SOAL)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3!
Lambang-Lambang Pancasila
Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang memiliki lima sila. Setiap sila memiliki lambang yang berbeda dan mengandung makna penting. Sila pertama dilambangkan dengan bintang bersudut lima yang berwarna emas. Lambang ini melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
Sila kedua berbunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab" dan dilambangkan dengan rantai emas yang terdiri dari rantai persegi dan bulat. Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin yang kokoh dan rindang. Sila keempat dilambangkan dengan kepala banteng yang gagah. Sila kelima dilambangkan dengan padi dan kapas yang melambangkan kemakmuran rakyat.
Setiap lambang memiliki makna yang dalam dan harus kita pahami sebagai warga negara Indonesia. Dengan memahami lambang-lambang ini, kita dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
1. Berdasarkan teks di atas, lambang sila pertama Pancasila yang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa adalah....
A. rantai emas
B. bintang bersudut lima berwarna emas
C. pohon beringin
D. kepala banteng
2. Bunyi sila kedua Pancasila yang tepat adalah....
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
C. Persatuan Indonesia
D. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Perhatikan situasi berikut!
Di kelas Rani, ada teman yang beragama berbeda-beda. Ada yang beragama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Suatu hari, teman Rani yang beragama Hindu sedang merayakan hari raya Nyepi.
Sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila adalah....
A. mengejek temannya yang merayakan Nyepi di depan kelas bersama teman-teman
B. menghormati dan membiarkan temannya beribadah sesuai agamanya
C. memaksa temannya untuk tidak merayakan Nyepi
D. tidak mau berteman dengannya karena berbeda agama
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4-5!
Perjuangan Merumuskan Dasar Negara
Sebelum Indonesia merdeka, para tokoh bangsa berjuang keras untuk merumuskan dasar negara. Mereka adalah orang-orang yang cerdas, berani, dan mencintai tanah air. Salah satu tokoh proklamator yang sangat berjasa adalah Ir. Soekarno. Beliau bersama dengan tokoh-tokoh lain seperti Drs. Mohammad Hatta, Mr. Muhammad Yamin, dan Ki Bagus Hadikusumo mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia.
Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan pidato yang berisi usulan dasar negara yang kemudian kita kenal sebagai Pancasila. Para perumus Pancasila ini memiliki sikap yang sangat mulia. Mereka tidak mementingkan diri sendiri, tetapi memikirkan kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Mereka bersatu padu meskipun berbeda suku, agama, dan daerah asal. Sikap persatuan dan rela berkorban inilah yang membuat mereka berhasil merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang disepakati bersama.
Para perumus Pancasila bekerja dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Mereka rela mengorbankan waktu, tenaga, bahkan nyawa demi kemerdekaan Indonesia. Sikap-sikap mereka patut kita teladani sebagai generasi penerus bangsa.
4. Berdasarkan teks di atas, salah satu tokoh proklamator yang mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia adalah....
A. Ir. Soekarno
B. Jenderal Sudirman
C. R.A. Kartini
D. Pangeran Diponegoro
5. Sikap utama para perumus Pancasila yang paling patut diteladani dalam berkaitan dengan persatuan adalah....
A. mementingkan diri sendiri dan kelompok
B. bersatu padu meskipun berbeda suku, agama, dan daerah asal
C. bekerja sendiri-sendiri tanpa komunikasi
D. hanya memikirkan kepentingan daerahnya masing-masing
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-9!
Bahasa Indonesia, Bahasa Persatuan Kita
Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Ada bahasa Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bali, Papua, dan masih banyak lagi. Keberagaman bahasa ini adalah kekayaan budaya bangsa Indonesia yang harus kita jaga.
Namun, dengan banyaknya bahasa daerah, kita memerlukan satu bahasa yang dapat digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, para pendiri bangsa menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa agar kita semua dapat saling memahami meskipun berasal dari suku yang berbeda-beda.
Suatu hari, Budi dari Papua bertemu dengan Siti dari Jawa di Jakarta. Mereka tidak memahami bahasa daerah masing-masing. Budi berbicara bahasa Papua, sedangkan Siti berbicara bahasa Jawa. Agar bisa berkomunikasi dengan baik, mereka menggunakan bahasa Indonesia.
Di sekolah, ketika presentasi di depan kelas, Rina menggunakan bahasa daerahnya saja sehingga teman-temannya yang berasal dari daerah lain tidak memahami apa yang ia sampaikan. Guru mengingatkan Rina untuk menggunakan bahasa Indonesia agar semua teman dapat mengerti.
Saat ini, banyak anak-anak yang lebih suka menggunakan bahasa gaul atau bahasa asing di media sosial. Mereka jarang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Padahal, sebagai anak Indonesia, kita harus bangga dan mencintai bahasa Indonesia.
6. Ketika Budi dari Papua bertemu dengan Siti dari Jawa, bahasa yang sebaiknya digunakan agar mereka dapat berkomunikasi adalah....
A. bahasa Papua
B. bahasa Jawa
C. bahasa Indonesia
D. bahasa Inggris
7. Ketika Rina presentasi di sekolah menggunakan bahasa daerah saja, tindakan yang paling tepat untuk menunjukkan kepedulian terhadap bahasa persatuan adalah....
A. membiarkan Rina terus menggunakan bahasa daerah karena itu adalah haknya
B. mengingatkan Rina untuk menggunakan bahasa Indonesia agar semua teman mengerti
C. ikut menggunakan bahasa daerah meskipun tidak paham
D. tidak memperhatikan presentasi Rina karena tidak memahami bahasa daerahnya
8. Banyak anak menggunakan bahasa gaul/asing di media sosial dan jarang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Cara paling baik untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia adalah....
A. melarang anak-anak menggunakan media sosial agar bahasa gaul tidak tersebar
B. membiarkan saja karena bahasa asing lebih keren daripada bahasa Indonesia
C. mengajak anak-anak untuk bangga menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi sehari-hari
D. memaksa semua orang hanya boleh berbahasa Indonesia
9. Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa daerah. Alasan ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan adalah....
A. karena bahasa Indonesia lebih mudah dipelajari dan merupakan pelajaran di sekolah
B. untuk menghilangkan semua bahasa daerah yang ada di Indonesia
C. karena bahasa daerah tidak penting lagi dan tidak perlu dilestarikan
D. agar seluruh rakyat Indonesia dapat berkomunikasi dan saling memahami meskipun berbeda suku
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-11!
Menaati Aturan di Sekolah
Setiap sekolah memiliki aturan yang harus ditaati oleh semua warga sekolah. Aturan dibuat untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tertib. Di SD Harapan Bangsa, ada aturan bahwa semua siswa harus masuk kelas paling lambat pukul 07.00 pagi.
Suatu hari, Rudi datang terlambat ke sekolah karena bangun kesiangan. Ia baru tiba di sekolah pukul 07.30. Ketika hendak masuk kelas, ia melihat temannya Andi juga terlambat dan sedang berdiri di depan gerbang sekolah dengan wajah khawatir. Andi tidak tahu harus berbuat apa.
Di sekolah yang sama, ada aturan bahwa setiap siswa harus mengumpulkan tugas tepat waktu. Dina tidak mengumpulkan tugas matematika yang seharusnya dikumpulkan hari ini. Ia lupa mengerjakan tugas tersebut karena asyik bermain kemarin sore.
10. Ketika melihat teman Andi yang juga terlambat dan kebingungan, tindakan Rudi yang paling mencerminkan kepatuhan dan kepedulian adalah....
A. mengajak Andi untuk bolos dan tidak masuk kelas saat tidak ada yang melihat
B. menyalahkan Andi karena juga terlambat
C. membiarkan Andi sendirian dan langsung masuk kelas
D. mengajak Andi untuk menghadap guru bersama-sama, meminta maaf, dan berjanji tidak akan terlambat lagi
11. Karena Dina tidak mengumpulkan tugas matematika tepat waktu, konsekuensi atau akibat yang paling mungkin diterima adalah....
A. mendapat pujian dari guru karena sudah lalai
B. mendapat teguran dan nilai yang dikurangi
C. mendapat hadiah dari sekolah berupa penghargaan
D. tidak ada konsekuensi apa-apa
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 12-13!
Aturan di Lingkungan Tempat Tinggal
Pak RT membuat aturan bahwa setiap warga yang memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing harus memastikan hewan tersebut tidak mengganggu tetangga. Hewan peliharaan harus dijaga kebersihannya, tidak boleh dibiarkan berkeliaran sembarangan, dan tidak boleh buang kotoran di sembarang tempat.
Jika aturan ini dilanggar, akan ada dampak negatif bagi lingkungan. Pak Budi memiliki tetangga bernama Pak Joko yang memiliki pabrik kecil di rumahnya. Pak Joko sering membuang limbah pabriknya ke selokan tanpa diolah terlebih dahulu. Akibatnya, air selokan menjadi kotor dan berbau busuk. Anak-anak tidak bisa bermain di sekitar selokan lagi.
12. Jika aturan memelihara hewan dilanggar dan hewan dibiarkan buang kotoran sembarangan, dampak negatif yang paling mungkin terjadi adalah....
A. lingkungan menjadi bersih dan harum
B. semua tetangga menjadi senang
C. lingkungan menjadi kotor, bau, dan dapat menimbulkan penyakit
D. hewan peliharaan menjadi lebih sehat
13. Pak Joko membuang limbah pabrik sembarangan ke selokan. Tindakan yang paling bijaksana dan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah tersebut adalah....
A. membiarkan saja karena bukan urusan kita
B. ikut membuang sampah ke selokan karena Pak Joko juga demikian
C. melaporkan kepada Pak RT atau ketua warga untuk ditindaklanjuti dengan baik
D. marah-marah kepada Pak Joko tanpa memberikan solusi
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14-17!
Hak dan Kewajiban dalam Keluarga dan Sekolah
Dalam keluarga, setiap anggota memiliki hak dan kewajiban. Orang tua berkewajiban memberikan kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan pendidikan kepada anak-anaknya. Sebagai anak, kita berhak menerima kebutuhan dasar tersebut dari orang tua.
Di keluarga Andi, ayah dan ibu sama-sama bekerja mencari nafkah untuk keluarga. Mereka bekerja keras dari pagi hingga sore hari agar dapat memenuhi kebutuhan Andi dan adiknya. Sebagai anak yang baik, Andi harus menunjukkan tanggung jawabnya.
Setiap hari, Ibu Siti membersihkan rumah, memasak, dan mencuci pakaian. Sebagai anak, Siti juga memiliki kewajiban membantu pekerjaan rumah tangga seperti merapikan tempat tidur, mencuci piring, dan menyapu. Setelah melaksanakan kewajibannya dengan baik, Siti berhak mendapatkan sesuatu dari orang tuanya.
Di sekolah, setiap siswa juga memiliki hak dan kewajiban. Siswa berhak mendapatkan pendidikan yang baik, fasilitas belajar yang memadai, dan perlakuan yang adil dari guru. Sebagai siswa, kita berkewajiban belajar dengan giat, menjaga kebersihan sekolah, dan mematuhi tata tertib.
Untuk menjaga citra baik sekolah, setiap siswa harus melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Roni adalah siswa SD Nusantara. Suatu hari, saat piket kelas, ia melihat temannya membuang sampah sembarangan dan tidak pada tempatnya.
Bu Ani adalah guru yang sedang menjelaskan pelajaran matematika di kelas. Semua siswa mendengarkan dengan seksama. Guru sudah menjalankan kewajibannya mengajar, maka siswa juga harus menjalankan kewajiban agar bisa mendapatkan hak berupa ilmu pengetahuan.
14. Ketika orang tua memberikan kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan pendidikan, hal tersebut merupakan....
A. kewajiban orang tua dan hak anak untuk menerimanya
B. hadiah dari orang tua
C. pinjaman yang harus dikembalikan
D. bukan urusan anak
15. Ayah dan ibu Andi sama-sama bekerja mencari nafkah. Tindakan yang paling menunjukkan tanggung jawab Andi sebagai anak adalah....
A. bermalas-malasan dan tidak membantu di rumah
B. belajar dengan giat dan membantu pekerjaan rumah tangga
C. meminta uang jajan yang berlebihan
D. tidak peduli dengan usaha orang tua
16. Siti sudah melaksanakan kewajibannya membantu pekerjaan rumah dengan baik. Hak yang pantas didapatkan Siti setelah melaksanakan kewajiban adalah....
A. tidak boleh bermain sama sekali
B. harus bekerja lebih keras lagi
C. mendapat hukuman dari orang tua
D. mendapat pujian, waktu istirahat, atau uang jajan dari orang tua
17. Contoh hak siswa di sekolah yang berkaitan dengan proses belajar adalah....
A. tidak perlu mengerjakan tugas kalau tidak paham
B. mendapatkan penjelasan materi pelajaran dari guru dengan baik
C. boleh datang terlambat setiap hari
D. tidak perlu membawa buku pelajaran
18. Kewajiban siswa yang paling utama untuk menjaga nama baik sekolah adalah....
A. datang terlambat setiap hari dengan alasan macet
B. membuang sampah sembarangan ketika berada di tempat umum
C. berperilaku sopan, belajar dengan giat, dan berprestasi
D. tidak mengikuti upacara bendera karena panas dan bikin capek
19. Roni melihat temannya membuang sampah sembarangan saat piket. Tindakan yang paling tepat sebagai warga sekolah yang bertanggung jawab adalah....
A. mengingatkan temannya dengan baik dan mengajak membuang sampah pada tempatnya
B. ikut membuang sampah sembarangan karena Roni juga melakukannya
C. diam saja dan tidak peduli karena takut dengan Roni
D. melaporkan ke polisi supaya Roni dipenjara
20. Bu Ani menjelaskan materi di kelas dengan baik. Kewajiban yang harus dilaksanakan siswa untuk mendapatkan hak berupa ilmu adalah....
A. bermain dan mengobrol saat guru menjelaskan karena penjelasannya tidak penting
B. mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat materi penting
C. tidur di kelas dan bersikap tak acuh karena sudah pintar tanpa dijelaskan
D. keluar masuk kelas saat pelajaran dengan alasan ke toilet
B. ISIAN SINGKAT (10 SOAL)
1. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah _____________.
2. Perilaku adil dan beradab merupakan inti nilai dari sila ke-_____________ Pancasila.
3. Hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal _____________.
4. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus menggunakan bahasa _____________ sebagai bahasa persatuan.
5. Tujuan umum adanya aturan di sekolah adalah untuk menciptakan suasana belajar yang _____________ dan _____________.
6. Saat teman membuang sampah sembarangan kita wajib _____________.
7. Tujuan utama dari aturan ronda malam di lingkungan adalah untuk menjaga _____________ dan _____________ warga.
8. Salah satu cara untuk menghemat sumber daya air adalah dengan _____________ keran setelah digunakan atau tidak _____________ air terlalu lama.
9. Jika di rumah piring kotor menumpuk di wastafel, kewajiban yang harus dilakukan sebagai anggota keluarga adalah _____________.
10. Ketika sekolah membangun fasilitas baru seperti perpustakaan atau lapangan olahraga, setiap anak memiliki hak untuk _____________ fasilitas tersebut dengan baik.
C. URAIAN (5 SOAL)
1. Perhatikan bunyi sila kelima Pancasila: "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."
Tuliskan satu contoh sikap adil yang dapat kamu lakukan di rumah sesuai dengan sila kelima!
2. Tuliskan dua nama tokoh perumus Pancasila yang kamu ketahui!
3. Bacalah teks berikut!
Setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada hari tersebut, sekolah-sekolah mengadakan upacara dan kegiatan yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Menurut pendapatmu, apa alasan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah? (Minimal 2 alasan)
4. Jelaskan dua alasan mengapa peraturan di sekolah harus ditaati oleh semua siswa!
5. Perhatikan gambar situasi berikut!
Berdasarkan gambar tersebut, tindakan yang seharusnya dilakukan oleh anak tersebut sebagai bentuk pelaksanaan kewajiban! (Minimal 3 kalimat)
KUNCI JAWABAN
A. PILIHAN GANDA
- B
- D
- B
- A
- B
- C
- B
- C
- D
- D
- B
- C
- C
- A
- B
- D
- B
- C
- A
- B
B. ISIAN SINGKAT
- Persatuan Indonesia
- dua / kedua
- 1 Juni
- Indonesia
- tertib / nyaman (bisa juga: aman / kondusif)
- kelas / ruang kelas
- keamanan / ketertiban
- menutup / mematikan
- mencuci piring / membersihkan piring
- menggunakan / memanfaatkan
C. URAIAN
1. Contoh jawaban:
- Membagi makanan atau jajan dengan adik secara adil
- Tidak berebut mainan dan berbagi dengan saudara
- Membantu pekerjaan rumah tanpa pilih-pilih
- Tidak membeda-bedakan saudara
2. Contoh jawaban:
Dua tokoh perumus Pancasila:
- Ir. Soekarno
- Drs. Mohammad Hatta
- (Atau: Mr. Muhammad Yamin, Ki Bagus Hadikusumo, Prof. Dr. Soepomo, dll)
3. Contoh jawaban:
Alasan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah:
- Agar semua siswa dari berbagai daerah dapat saling memahami pelajaran yang disampaikan
- Untuk menghormati bahasa persatuan bangsa Indonesia
- Agar komunikasi antara guru dan siswa menjadi jelas dan tidak salah paham
- Sebagai bentuk rasa bangga terhadap bahasa Indonesia
4. Contoh jawaban:
Alasan peraturan di sekolah harus ditaati:
- Agar tercipta suasana belajar yang tertib, aman, dan nyaman
- Supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
- Untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab siswa
- Agar tidak mengganggu hak orang lain untuk belajar
5. Contoh jawaban:
Berdasarkan gambar tersebut, tindakan yang seharusnya dilakukan oleh anak adalah mematikan handphone dan segera tidur. Anak harus menuruti nasihat ibu karena itu adalah kewajiban anak untuk patuh kepada orang tua. Selain itu, anak juga harus menjaga kesehatan dengan tidur yang cukup agar besok dapat bangun pagi dan belajar di sekolah dengan baik. Bermain game berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan prestasi belajar.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar