Hari / Tanggal : Jumat, 19 Januari 2024
Tema 5 : Cuaca
Subtema 2 : Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 2 dan 3
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?
iyaps kita telah belajar tentang informasi perubahan cuaca, membandingkan dua pecahan dan mengenal gerakan lagu "burung ketilang"
Hari ini kita lanjutkan pembelajarannya ya!
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan
dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan tepat. Dan Siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang
berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar.
KEGIATAN INTI (45 MENIT)
AYO MEMBACA
Lani, Siti, dan Dayu bermain lompat tali. Edo, Beni, dan Udin bermain kelereng. Teman yang lain sedang membaca buku atau bermain bekel. Saat sedang asyik beristirahat, tiba-tiba hujan pun turun. Mula-mula, hujan turun rintik-rintik, lama-kelamaan makin deras.
Mereka pun bergegas merapikan semua alat permainan. Mereka bersatu untuk saling membantu merapikan mainan. Mereka lalu masuk ke dalam kelas. Bagaimana caranya agar mereka dapat beraktivitas di dalam kelas dengan leluasa? Mereka bersatu saling membantu menggeser meja dan kursi ke sisi ruangan. Kini, ruang kelas terlihat lebih lapang. Mereka dapat melanjutkan aktivitas bermain dengan nyaman.
AYO MENGAMATI
Siti mengambil dua kotak kue cokelat dan vanilla. Kue-kue tersebut diletakkan di atas meja.
Mula-mula Siti memotong kue cokelat menjadi 2 bagian sama besar seperti berikut.
Lalu, Siti memotong kue vanila menjadi 3 bagian sama besar seperti berikut.
Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia:
Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat dan kue vanila berikut:
Lambang bilangan pecahan di atas memiliki pembilang yang sama, yaitu 1. Namun, bilangan penyebutnya berbeda-beda.
Jadi untuk pecahan dengan angka pembilang sama:
“Makin besar angka penyebutnya, makin kecil nilai pecahan tersebut.”
TUGAS HARI INI:
Selamat mengerjakan!
Yuk kita simpulkan bersama:
1. Sikap bersatu merupakan pengamalan sila pancasila ketiga
2. Mengerjakan pekerjaan secara bersama-sama dapat mempermudah suatu pekerjaan
3. Pecahan dengan pembilang sama memiliki nilai pecahan paling besar pada angka penyebut paling kecil atau semakin besar penyebutnya maka nilai pecahan semakin kecil
Bagaimana pembelajaran hari ini?
Apakah anak-anak merasa senang?
Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah
Akhir kata
wassalamu'aialkum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar