Hari / Tanggal : Kamis, 18 Januari 2024
Tema 5 : Cuaca
Subtema 2 : Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 1
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?
iyaps kita telah belajar tentang keadaan cuaca, bentuk pecahan, dan pola irama lagu
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan tepat. Serta, dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan benar.
KEGIATAN INTI (45 MENIT)
Ayo Membaca
Apakah yang dimaksud dengan perubahan cuaca?
Mengapa perubahan cuaca dapat terjadi?
Bacalah teks informasi berikut tentang cuaca!
Cuaca dan Perubahannya
Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. Cuaca dapat berubah setiap hari. Jika hari ini hujan, esok cuaca dapat menjadi cerah. Jika hari ini cerah, esok dapat saja berubah menjadi hujan.
Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.
Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.
AYO MENGAMATI
Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan, bagian itu dilambangkan dengan
Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang sama besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu dilambangkan dengan
Lani mengambil 1 potong buah dari melon yang pertama. Sedangkan Beni mengambil 1 potong buah dari melon yang kedua. Apakah potongan buah dari kedua melon itu sama besar? Mengapa?
AYO MENYANYI
Bandingkan potongan buah melon!
Isilah dengan tanda “>” (Lebih dari) atau “<” (Kurang dari) pada latihan berikut:
Yuk kita simpulkan bersama:
1. Cuaca dapat berganti tiap harinya
2. Sebelum cuaca hujan udara terasa agak panas
3. Pecahan dengan penyebut besar bernilai lebih kecil pecahannya
Bagaimana pembelajaran hari ini?
Apakah anak-anak merasa senang?
Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah
Akhir kata
wassalamu'aialkum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar