Electricity Lightning

Kamis, 18 Januari 2024

Materi Ajar Kelas 3 Tema 5 Sub 2 Pb. 1

 Hari / Tanggal          : Kamis, 18 Januari 2024

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang keadaan cuaca, bentuk pecahan, dan pola irama lagu

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan tepat. Serta, dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Ayo Membaca

Apakah yang dimaksud dengan perubahan cuaca?

Mengapa perubahan cuaca dapat terjadi?

Bacalah teks informasi berikut tentang cuaca!

 

Cuaca dan Perubahannya

Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. Cuaca dapat berubah setiap hari. Jika hari ini hujan, esok cuaca dapat menjadi cerah. Jika hari ini cerah, esok dapat saja berubah menjadi hujan.

Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.

 




Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.


 

AYO MENGAMATI

Beni mengambil satu buah melon. Melon itu sudah dipotong-potong oleh Dayu di rumah. Beni lalu  menghitung potongan melon tersebut.

Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan, bagian itu dilambangkan dengan

 


Setelah itu, Edo mengambil buah melon yang  kedua. Melon itu juga sudah dipotong-potong. Edo menghitung potongan melon tersebut.

Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang sama besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu dilambangkan dengan

 


Lani mengambil 1 potong buah dari melon yang  pertama. Sedangkan Beni mengambil 1 potong buah dari melon yang kedua. Apakah potongan buah dari kedua melon itu sama besar? Mengapa?


 

AYO MENYANYI

TUGAS HARI INI

Bandingkan potongan buah melon!

Isilah dengan tanda “>” (Lebih dari) atau “<” (Kurang dari) pada latihan berikut:

 


KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Cuaca dapat berganti tiap harinya

2. Sebelum cuaca hujan udara terasa agak panas

3. Pecahan dengan penyebut besar bernilai lebih kecil pecahannya


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah


Akhir kata 

wassalamu'aialkum wr wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar