Hari / Tanggal : Senin, 26 September 2022
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 1 & 2
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah, pernakhkah kamu mengamati benda di sekitarmu?
Pernahkah kamu memperhatikan ukurannya, warnanya atau bentuknya?
Apakah benda di sekitarmu nyata dan bisa disentuh? atau hanya dapat dilihat dan tidak memiliki bentuk fisik?
Baik, pada pembelajaran hari ini kita akan belajar tentang Aneka Benda di Sekitarku
Adapun tujuan pembelajarannya adalah agar anak-anak dapat mengelompokkan benda di sekitar berdasar ciri fisiknya, mampu mengukur benda-benda tersebut dalam satuan panjang, serta memahami adanya pola irama dalam beberapa benda ritmis
Benda
di Sekitar Kita
Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan
buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan
mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.
Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga
dapat ditimbang.
Cahaya
dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan
panas tidak dapat ditimbang.
Ayo Mengamati (5 menit)
Lingkarilah pada gambar yang bukan termasuk benda!
Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
MENGASOSIASI (15 MENIT)
1. Ukuran
Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
2.
Bentuk Benda
Benda-benda di sekitar kita mempunyai beragam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk
benda di bawah ini.
3.
Warna
Benda di sekitar kita mempunyai beragam warna.
Kelompokkan
benda-benda tersebut berdasarkan ukuran, bentuk, atau pun warna. Tuliskanlah
alasan pengelompokan yang kamu lakukan!
Ayo
Mengamati (5 MENIT)
Apakah kamu pernah melihat benda-benda di bawah ini?
Benda-benda
di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur.
Setiap alat ukur mempunyai satuan. Satuan yang dipakai pada penggaris adalah
cm. Tuliskan satuan panjang yang kamu ketahui pada kotak di bawah ini!
km = Kilo Meter dm
= Desi Meter
hm = Hekto Meter cm =
Centi Meter
dam = Deka Meter mm = Mili
Meter
m = Meter
Satuan
yang akan diukur menentukan alat ukur yang digunakan. Selain itu benda yang
akan kita ukur panjangnya juga menentukan alat ukur yang digunakan.
Ayo
Mencoba
Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat
menghasilkan irama lagu. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Selain menggunakan alat musik, kita dapat menggunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu.
PEMBELAJARAN 2
Ayo Mengamati
Benda Terbuat dari Kayu
Kayu adalah bagian dari pohon. Untuk
memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambil bagian batang
untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi
benda-benda tersebut melalui proses yang berbeda-beda.
Pertama, batang pohon ditebang.
Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian,
log dikirim ke pabrik atau pusat penggergajian. Pengiriman log menggunakan
angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai.
Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan
serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya
dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu
siap diolah sesuai keperluan.
Ayo Mengamati
Tuliskan hasil pengamatanmu di kolom yang telah disediakan!
No. |
Nama Benda |
Kegunaan |
1. |
Lemari |
Tempat menyimpan buku pelajaran
dan alat peraga |
2. |
Meja |
Tempat menulis dan menggambar |
3. |
Papan tulis |
Untuk menulis pelajaran yang
sedang diajarkan |
4. |
Kursi |
Sebagai tempat duduk saat belajar |
5. |
Pigura |
Tempat untuk memasang gambar |
Ayo
Berdiskusi (15 menit)
Desa tempat tinggal Siti dan teman-teman mempunyai hutan. Di dalam hutan
tersebut terdapat beraneka jenis pohon.
Fungsi hutan antara lain untuk menyerap air hujan. Hutan menyimpan air hujan tersebut
dalam jumlah yang banyak. Namun, ketika hutan digunduli, membuat aliran air
terganggu. Hal ini menyebabkan air menggenang. Akhirnya, terjadi banjir yang
mengalir ke pemukiman penduduk.
Kebutuhan benda dari kayu yang terus
meningkat, mengakibatkan kebutuhan akan bahan kayu terus meningkat. Setiap
tahun banyak pohon yang ditebang untuk mendapatkan kayu. Terkadang, ada
sekelompok orang yang menebang pohon tanpa izin. Kegiatan ini disebut
penebangan liar. Semakin lama jumlah pohon di hutan semakin berkurang.
Ayo Bercerita (10 menit)
Kamu telah bermusyarawah bersama temanmu tentang penebangan liar. Tuliskan
pengalamanmu bermusyawarah bersama teman kelompokmu
Anak shaleh dan shalehah,
Berikut tadi pembelajaran kita hari ini.
Setiap benda ada yang berbentuk fisik dan non-fisik
Dan setiap benda yang berbentuk fisik dapat diukur ke dalam satuan matematika
Jangan lupa untuk belajar dan berlatih ya
Tetap semangat dan giat
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar