Hari / Tanggal : Selasa, 27 September 2022
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 3
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah, kemarin kita sudah mengenal bagaimana mengelompokkan benda-benda, menggunakan alat ukur, serta mengenal alat musik ritmis.
Ayo Mengamati (5 menit)
Kertas di Sekitar Kita
Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan.
Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.
Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara
bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah
itu, kayu dipanaskan hingga
menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau
pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya
habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang
saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi
seukuran kertas yang diinginkan.
Kertas memiliki
sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik dan dapat
dibaca dengan jelas.
Ayo Berdiskusi (15 menit)
Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita
menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita
lakukan untuk menghemat kertas?
Ayo Mencoba (20 menit)
Carilah arti kata berikut dengan tepat!
No. |
Kosa Kata Baru |
Arti |
1. |
Selulosa |
karbohidrat kompleks atau
polisakarida yang ditemukan dalam struktur dinding sel semua tumbuhan. |
2. |
Lunak |
Lembut; empuk: |
3. |
Molekul |
Bagian terkecil senyawa yang
terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia |
4. |
Ampas |
Sisa barang yang telah diambil
sarinya atau patinya |
5. |
Pulp |
Bubur kertas |
6. |
Pipih |
Tipis rata |
7. |
Menyerap |
Meresap, merembes |
8. |
Kardus |
Karton |
9. |
Serat |
Sel atau jaringan serupa benang
atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan |
10. |
Menggiling |
Melumatkan (memipihkan) sesuatu |
Buatlah kalimat dengan menggunakan
kosakata di atas!
Ayo Bernyanyi (10 menit)
Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok memilih
dua jenis benda yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.
Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri! (lihat di Pembelajaran 1)
Ayo Berdiskusi (5 menit)
Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan gambar di
bawah ini!
No. |
Bagian yang Diukur |
Alat Ukur Yang Digunakan |
1. |
Tinggi Badamu |
Meteran Pita |
2. |
Panjang lingkar pinggang |
Meteran Pita |
3. |
Panjang meja di kelas |
Meteran Saku |
4. |
Panjang lompatan teman kelompokmu |
Meteran Rol |
5. |
Lebar papan tulis di kelasmu |
Meteran Saku |
6. |
Panjang halaman sekolah |
Meteran Rol |
Ayo Mencoba (20 menit)
Kamu sudah berdiskusi tentang alat ukur. Alat ukur yang tepat untuk mengukur
sesuatu. Coba lakukan kegiatan berikut ini!
1. Ukurlah tinggi badan lima orang temanmu di kelas!
2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam
pengukuranmu!
3. Urutkanlah hasil pengukuranmu!
Mulailah dari yang terpendek hingga yang tertinggi!
No. |
Nama |
Tinggi Badan (cm) |
1. |
Siti |
122 |
2. |
Dayu |
127 |
3. |
Edo |
130 |
4. |
Udin |
135 |
5. |
Beni |
141 |
ANak shaleh dan shalehah
berikut tadi pembelajaran hari ini
Mari kita simpulkan pembelajran hari ini:
1. Kayu merupakan bahan pembuatan beberapa benda seperti buku dan kertas
2. Untuk dapat mengukur panjang suatu benda dapat kita gunakan alat ukur yang berbeda juga contohnya tinggi badan diukur menggunakan meteran
3. Bunyi dapat dihasilkan dari benturan dua benda, dan dapat menciptakan ketukan jika dipukulkan dengan pola irama yang baik
Tetap semangat anak shaleh dan shalehah
Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat
Akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar