Electricity Lightning

Senin, 10 Januari 2022

Materi Ajar Kelas 3: Tema 5 Subtema 2 (Pb.1)

Hari/ Tanggal     : Senin, 10 Januari 2022

Tema 5                Cuaca

Subtema 2           Perubahan Cuaca

Pembelajaran      : 1

 

Assalaamualaikum  Wr. Wb

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah,

Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa 

Ayo sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan Pembelajaran hari ini adalah:

Dengan membaca, siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan tepat. Serta, dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan benar.

 

Ayo Membaca

Apakah yang dimaksud dengan perubahan cuaca?

Mengapa perubahan cuaca dapat terjadi?

Bacalah teks informasi berikut tentang cuaca!

 

Cuaca dan Perubahannya

Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. Cuaca dapat berubah setiap hari. Jika hari ini hujan, esok cuaca dapat menjadi cerah. Jika hari ini cerah, esok dapat saja berubah menjadi hujan.

Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.

 

Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.

 

AYO MENGAMATI

Beni mengambil satu buah melon. Melon itu sudah dipotong-potong oleh Dayu di rumah. Beni lalu  menghitung potongan melon tersebut.

Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 


bagian sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan,

bagian itu dilambangkan dengan  1/8


Setelah itu, Edo mengambil buah melon yang  kedua. Melon itu juga sudah dipotong-potong. Edo menghitung potongan melon tersebut.



Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang

sama besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu

dilambangkan dengan 1/6

Lani mengambil 1 potong buah dari melon yang  pertama. Sedangkan Beni mengambil 1 potong buah dari melon yang kedua. Apakah potongan buah dari kedua melon itu sama besar? Mengapa?



 

AYO MENYANYI

TUGAS HARI INI

Bandingkan potongan buah melon!

Isilah dengan tanda “>” (Lebih dari) atau “<” (Kurang dari) pada latihan berikut:






Setelah selesai kirimkan ke Whatsapp sir Yogi ya nak shaleh and shalehah .
Selamat mengerjakan 😊

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar