Electricity Lightning

Rabu, 28 Juli 2021

Materi Ajar Kelas 6: My holiday

  Hari/Tanggal                   : Rabu, 28 Juli 2021

Kelas                                : 6 (Enam)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Holiday
Sub tema                         : My last holiday
Pembelajaran ke-           : 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan contoh sederhana, peserta didik dapat mengidentifikasi unsur bahasa dalam menyatakan pengalaman liburan (holiday) dengan tepat
1. Diberikan contoh sederhana, peserta didik dapat menceritkan dengan sederhana pengalaman liburan (holiday) dengan baik

Assalamu'alaikum shalih, shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, Mr. Yogi akan berikan sedikit penjelasan tentang tugas yang telah diberikan di pertemuan sebelumnya ya. On the previous meeting, we practiced to write down three things about our holiday. Kita sudah berlatih menuliskan tiga hal yang kita ingat dari liburan kita sebelumnya. Dari pengerjaan tugas yang sudah anak-anak berikan, hasilnya sudah sangat baik.  You really did a great job. Namun Sir Yogi akan berikan sedikit koreksi terhadap penugasannya ya.
1. Beberapa Sir Yogi temukan anak-anak menuliskan kalimat tidak sesuai urutan seperti yang sir Yogi sudah contohkan, jadi paragrafnya tidak padu. 
2. Beberapa sir Yogi juga temukan anak-anak menyebutkan dengan baik nama tempat hiburan/rekreasi tanpa menuliskannya diawali dengan huruf kapital. Harus selalu diingat ya nak untuk menuliskan dengan kapital NAMA dari suatu tempat. Contohnya: Keraton Temple, Borobudur Temple, Sanur Beach dst.
Selain itu, anak-anak sudah sangat baik dalam pengerjaan tugasnya ya. GOOD JOB !

Today in my English class, we are going to talk about your last holiday!
Kita akan berbicara tentang bagaiaman caranya menceritakan pengalaman berlibur dengan baik dan sederhana.
Untuk itu silahkan join Zoom Meeting sir Yogi sesuai jadwal di bawah ini ya:
1. 08.30-09.30 Kelas 6A dan 6B
2. 09.45-10.45 Kelas 6C dan 6D
3. 11.00-12.00 Kelas 6E dan 6F
Sebelum masuk zoom ada beberapa hal yang akan sir Yogi sampaiakan:
1. Jadwal di atas harus diikuti dengan baik ya nak, tidak diperbolehkan untuk masuk ke jadwal yang bukan untuk kelas masing-masing
2. Harap menggunakan pakaian sekolah hari ini dengan rapi
3. Usahakan untuk berada di ruang yang kondusif serta internet yang stabil
4. Saat masuk ruang zoom diharapkan anak-anak dapat bersikap sopan dan santun dengan sesama teman sekelas maupun luar kelas
5. Absensi akan dilakukan di akhir zoom meeting
6. Harap untuk konfirmasi ketidakhadiran jika tidak dapat mengikuti zoom meetingnya ya

Berikut adalaah link zoom serta passwordnya (INGAT UNTUK MEMATUHI JADWAL TIAP KELAS YA):
Link ZOOM CLICK HERE
Passcode: BING6

Materi ajar hari ini akan disampaikan lewat zoom ya nak jadi silahkan untuk mencermati materi hari ini:

For today's practice, Sir Yogi akan jelaskan di bawah ini:
1. Latihan hari ini adalah membuat paragraf sederhana lalu membacakan paragraf tersebut lewat pengiriman video
2. Contohnya adalah di bawah ini:

3. Kirimkan video berlatihnya ke Whatsapp group masing-masing kelas ya nak
4. Batas pengumpulannya sir Yogi beri keringanan sampai hari Kamis jam 09 pagi
5. Hal yang dinilai adalah kelancaran, pelafalan serta kosa-kata yang anak-anak pilih
6. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian seragam ketika berlatih

My beloved students, that is for today's lesson
I hope you all learn something new
Dont forget to keep studying and practicing
Dont forget also to perform ibadah
The last I say wassalamu'alaikum wr wb.



Selasa, 27 Juli 2021

Materi Ajar Kelas 2: Clothes Vocabulary

 Hari/Tanggal                   : Selasa, 27 Juli 2021

Kelas                                : 2 (Dua)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Clothes
Sub tema                         : Clothes Vocabulary
Pembelajaran ke-           : 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan video penjelasan, peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam pakaian dalam bahasa Inggris dengan baik.
2. Diberikan video penjelasan, peserta didik dapat menuliskan macam-macam pakaian dalam bahasa Inggris dengan tepat.

Assalamu'alaikum shalih, shalehah students and parents.
How are you today? Apa kabarnya hari ini?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Semoga selalu baik, 

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

My beloved students, alhamdulillah kita semua dapat belajar kembali walau masih dalam jaringan. Tapi semoga anak-anak shaleh and shalehah tetap semangat ya untuk belajar dan berlatih bahasa Inggrisnya. 

Karena ini pertemuan pertama di semester ini, izinkan Sir (panggilan untuk guru bhs Inggris) untuk memperkenalkan diri ya:


Mulai sekarang, you can call me Sir Yogi ya nak 😊 

Di pembelajaran bahasa Inggris hari ini, apakah anak-anak sudah mengetahui materi apa yang akan dipelajari? Yaps. today we are going to learn about CLOTHES.


Clothes dalam bahasa Indonesia biasa kita sebut pakaian-pakaian. 
Yuk, kita mengenal everyday clothes (macam-macam pakaian sehari-sehari) yang biasa kita pakai. 
Simak video berikut ya nak:


My beloved students berikut tadi adalah macam-macam pakaian yang biasa kita pakai sehari-hari. Anak anak dapat mengulang terus menerus bagaimana cara mengucapkan setiap kosa-kata di atas ya dibantu oleh ayah ataupun bunda.

Clothes yang kita pakai biasanya berbeda berdasarkan pakaian formal dan informal ya nak.
Formal clothes digunakan untuk acara formal seperti pernikahan, sekolah, di kantor dimana seseorang harus berpakaian rapih. Sedangkan informal clothes biasanya dikenakan bukan dalam keadaan formal seperti pakaian sehari-hari, pakaian tidur dan masih banyak lagi.

Berikut Sir Yogi juga akan mencantumkan gambar-gambar CLOTHES supaya anak-anak dapat mengulang kembali kosa-kata dari video di atas ya:


(Catatan: untuk penulisan kaos kaki di atas terjadi kesalahan ya nak. Di atas adalah Shocks sedangkan yang benar adalah Socks.)

Shaleh and shalehah students,berikut tadi adalah materi kita untuk hari ini.
Untuk berlatihnya, Sir Yogi akan jelaskan langkah-langkahnya di bawah ini ya:
1. Bukalah buku modul halaman 2
2. Isilah kalimat rumpang agar kosa kata menjadi sempurna (tulis dibuku latihan dan diphoto)
3. Kirimkan hasil berlatih ke Whatsapp group kelas 2 ya
4. Saat mengirimkan jangan lupa untuk mengucapkan salam serta menyebutkan nama lengkap (bukan nama panggilan)
5. Penilaian satu soal bernilai 10 jadi jika benar semua akan mendapat 100
6. Batas pengumpulan tugasnya hanya sampai jam 14.00 ya nak (harap konfirmasi keterlambatan)

That's all for today's lesson. Berikut tadi adalah pembelajaran hari ini.
Jangan lupa untuk anak-anak shaleh and shalehah semua rajin mengulang materi dan berlatih bahasa Inggris ya. Sir Yogi yakin jika anak-anak semua rajin berlatih maka anak-anak jadi anak yang semakin pintar dan terampil
Jangn lupa untuk anak-anak meningkatkan ketaatan beribadah serta membaca Al-Qur'an ya nak
Semoga kita semua selalu dalam lindungan ALLAH SWT
The last I say, wassalamu'alaikum wr wb
See you,

Yogi Era Reforma, S.Pd.
English Teacher.






Materi Ajar Kelas 4: Subject Pronoun 1

 Hari/Tanggal                   : Selasa, 27 Juli 2021

Kelas                                : 4 (Empat)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Subject Pronoun
Sub tema                         : Subject Pronoun
Pembelajaran ke-           : 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan ilustrasi sederhana, peserta didik dapat mengidentifikasi subject pronoun dalam bahasa Inggris dengan baik.
2. Diberikan ilustrasi sederhana, peserta didik dapat menyebutkan subject pronoun dalam bahasa Inggris dengan tepat.

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

After a long weekend, kita bertemu kembali di kelas online Mr. Yogi untuk belajar bahasa Inggris.
Alhamdulillah anak-anak semua sudah naik kelas sekarang. Semoga selalu semangat belajar dan berlatih bahasa Inggrisnya ya!

Today we will study our first material of the semester. Hari ini kita akan belajar bersama materi pertama di semester ganjil hari ini. Apakah anak-anak semua sudah mengetahui pelajaran hari ini?
Yaps kita akan belajar tentang SUBJECT PRONOUNS.

Nah, apakah anak-anak sudah mengetahui apa itu subject pronoun?
Kata apa saja yang termasuk dalam subject pronoun?
Bagaimana contoh kalimat sederhana dengan subject pronoun?

Kalau sudah tidak sabar, let's check my video. Anak-anak bisa perhatikan dan simak materi hari ini dengan seksama ya. (Anak-anak silahkan fotokan sedang menyimak sebagai bukti absen hari ini). (Jangan lupa berikan like and subscribe ya 😊?)


Itu tadi adalah materi pertama kita di semester ini mengenai Subject Pronoun:
Jadi, Subject pronoun merupakan kata ganti (pronoun) yang merujuk/menjadi pengganti subject. 
Terdapat tujuh subject pronouns yang anak-anak wajib untuk ketahui ya, seperti yang sudah Mr. Yogi jelaskan di video di atas yaitu:

Oke, untuk latihan hari ini, silahkan anak-anak mengerjakan latihan berikut ya:
1. Kerjakanlah latihan singkat berikut Subject Pronoun Practice 1
2. Jangan lupa untuk mengisikan nama lengkap dan kelas
3. Setelah selesai kirimkan bukti screenshoot dan menyimak video ke Whatsapp group masing-masing kelas ya
4. Jangan lupa untuk menyebutkan nama dan ucapkan salam saat mengirimkan tugas di group kelas ya
5. Batas pengumpulan tugas hanya sampai jam 13.00 ya nak.
6. Jika berhalangan hadir atau telat mengumpulkan silahkan konfirmasi ke WA Mr. Yogi ya

Alhamdulillah itu tadi pembelajaran kita hari ini, semoga anak-anak semua dapat belajar dan berlatih dengan baik. Jika ada pertanyaan silahkan anak-anak hubungi Mr. Yogi secara prbadi ya
Jangan lupa untuk anak-anak dapat meningkatkan ketaatan beribadahnya ya, seperti solat dhuha dan membaca al qur'an.
Jangan lupa untuk mengulang materi yang sudah dipelajari
See you next week my beloved students!
Wassalamu'alaikum wr wb.


Rabu, 21 Juli 2021

Materi AjarKelas 6: My Vacation

 Hari/Tanggal                   : Rabu, 21 Juli 2021

Kelas                                : 6 (Enam)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Holiday
Sub tema                         : Holiday Vocabulary
Pembelajaran ke-           : 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan ilustrasi sederhana, peserta didik dapat mengidentifikasi kosa-kata holiday dalam bahasa Inggris dengan baik.
2. Diberikan ilustrasi sederhana, peserta didik dapat mengaplikasikan kosa-kata holiday dalam bahasa Inggris dengan tepat.

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

My beloved students, today is our first meeting of the semester. Maka dari itu izin memperkenalkan diri, nama Sir adalah Yogi Era Reforma, you can call me sir Yogi.
Selama satu semester ke depan anak-anak shalih and shalihah akan belajar bahasa Inggris bersama dengan sir Yogi ya.

Apakah anak-anak semua sudah tahu materi apa yang akan kita pelajari hari ini?
Yaps ! seperti yang sudah tertulis di judul atas kita akan belajar mengenai HOLIDAY atau liburan.
Where do you usually go for holiday?
Do you still remember your last holiday?
What do you do on your holiday?

Holiday or vacation (American English) is a duration of time away from work/school where you can just relax or go to recreational places. Liburan merupakan waktu yang jauh dari urusan pekerjaan atau sekolah dimana seseorang biasanya bersantai atau pergi ke tempat rekreasi.
Biasanya holiday/vacation terjadi karena adanya special events seperti Eid Mubarak, Christmas, New Year, Summer holiday/break dan masih banyak lagi.

Lalu, apa saja yang biasanya dilakukan saat liburan? Nah hari ini kita akan mengenal beberapa vocabulary (kosa-kata).

1. Places to go

- Forest (hutan)
- Seaside (pesisir)
- Museum (Musium)
- Swimming pool (Kolam renang)
- Farming (Perkebunan)
- Mall (Pusat pembelanjaan)
- Historical places (tempat-tempat bersejarah) dan masih banyak lagi.

2. Activities to do 

- Climbing (memanjat)
- Skiing (Berski)
- Harvesting (memanen)
- Building sandcastle (Membuat Istana pasir)
- Sunbathing (berjemur)
- Gardening (berkebun)
- Shopping (berbelanja)

3. Transportation to go
- Bus (bis)
- Car (Mobil)
- Airplane (pesawat)
- Train (Kereta)
- Helicopter (Helikopter)
- Ship (Kapal Laut)
- Motobike (Sepeda motor)
- Taxi (angkutan taxi)

Nah itu tadi beberapa vocabulary yang dapat kita pelajari hari ini.
Untuk latihan dan absen hari ini akan sir Yogi jelaskan di bawah ini ya:
1. Bukalah buku cetak hal 2 atau photo di bawah ini:

2. Pilihlah satu tempat berlibur yang pernah kamu kunjungi lalu pilihlah tiga kategori dari daftar berikut dan isilah masing-masing dengan 3 jawaban
3. Kerjakanlah latihan di buku latihan. Contoh pengerjaan:
Assalamu'alaikum sir Yogi
My name is ....
I am from ..... 6 (A/B/C/D/E/F) class
I went to ....... (Beach/museum/countryside ....) for my vacation. (bisa disebutkan nama tempat rekreasinya)
1. Three things I bought from my vacation are sandals, necklace, accessories
2. Three foods I ate are sandwich, Ice cream, and pizza
3. Three favorite activities from my vacations are snorkeling, building sandcastle and playing with my brother
That's all about my vacation
Wassalamu'alaikum
4. Kumpulkan tugas di group kelas masing-masing ya dengan menyebutkan nama lengkap dan mengucapkan salam
5. Batas pengumpulan tugas hanya sampai jam 13.00 harap konfirmasi keterlambatan
6. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan ke No WHatsapp Sir Yogi di 082167036423

That's all our lesson and practice for today
Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih ya nak
dan yang paling terpenting jangan lupa untuk selalu meningkatkan ketaatan beribadah wajib, sunnah serta membaca al Quran
See you next week
Wassaalamu'alaikum wr wb.



 

Selasa, 25 Mei 2021

EXAM PREPARATION GRADE 2: VOCABULARY BUILDER

Hari/Tanggal                   : Selasa, 25 Mei 2021

Kelas                                : II (Dua)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Exam Preparation/ Persiapan Ulangan
Sub tema                         : Vocabulary Builder
Pembelajaran ke-           : 16
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat memahami makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris dengan tepat
2. Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat mengidentifikasi makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris dengan tepat

Assalamu'alaikum my shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Dalam suasana paska lebaran, Mr megucapkan selamat hari Raya Idul Fitri anak-anak semua
Semoga setelah ini anak-anak lebih semangat lagi untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris dengan Mr. Yogi 😊

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

After the holiday, anak-anak semua akan segera menghadapi PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang inshaAllah akan segera dilaksanakan Minggu ini.
Are you ready to do your test?
Apakah anak-anak semua sudah siap untuk mengerjakan PAS bahasa Inggris dengan baik?
Sudahkah anak-anak semua mengulang kembali materi yang sudah dipelajari?
Sudahkah anak-anak memahami semua materi yang sudah dipelajari dengan baik?

Untuk dapat mengingat kembali, anak-anak semua bisa mengulang kembali materinya di Blogger Mr. Yogi.
In today's lesson, Mr. Yogi akan memberikan anak-anak shaleh and shalehah semua link materi Blogger selama semester genap ya serta beberapa kosa-kata (vocabulary) yang bisa membantu anak-anak semua mengerjakan soal-soal PAS dengan mudah:

LINK BLOGGER
Berikut anak-anak dapat mengulang tiap materi yang kita sudah pelajari dengan klik judul-judul di bawah ini:
INTRODUCTION (PENGENALAN DIRI)

NUMBERS (ANGKA-ANGKA)

PART OF BODY (BAGIAN-BAGIAN TUBUH)

PART OF HOUSE (BAGIAN DALAM RUMAH)

ANIMALS (Hewan-hewan)

EXERCISES (Latihan-latihan)

VOCABULARY BUILDER
Berikut adalah kosa-kata yang jika anak-anak shaleh and shalehah dapat menghapalkannnya akan membantu anak-anak mengerjakan PAS dengan lebih maksimal.
1. Complete (lengkapilah)
2. Live (tinggal)
3. How many (berapa banyakkah...)
4. Equal (sama dengan)
5. Touching (sedang menyentuh)
6. Kick (menendang)
7. Taste (mengecap/merasakan)
8. See (melihat)
9. Placed (diletakkan/ditempatkan)
10. Grass (rumput)

My beloved student di atas adalah persiapan yang dapat anak-anak pelajari sebelum melaksanakan PAS. Semoga pembelajaran hari ini dapat mengulang membantu anak-anak semua mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Aamiin.

Untuk bukti absen hari ini, Mr, Yogi akan berikan keterangannya sebagai berikut:
1. Silahkan berikan komen pada postingan ini dengan menyebutkan nama dan kelas serta salam ya. Contohnya:
Assalamu'alaikum
My name is Yogi Era Reforma
Class 2A

2. Setelah memberikan komen, silahkan screenshoot dan kirimkan ke Whatsapp Mr. Yogi dengan mencantumkan photo anak-anak semua memakai seragam hari ini (boleh sambil menunjukkan telah membuka Blogger hari ini)
Contoh:
3. Untuk yang mengalami kendala tidak dapat komen di kolom komentar di Blogger dapat menghubungi Mr. Yogi untuk konfirmasi ya
4. Batas pengumpulan bukti absen hanya sampai jam 3 sore ya
5. Silahkan konfirmasi keterlambatan dan izin ya nak

My dear students, that is our lesson for today
I hope you all learn something new today
Don't forget to study and practice
Don't forget to perform shalat and read the Holy qur'an
The last I say, Wassalamu'alaikum wr wb


Senin, 24 Mei 2021

EXAM PREPARATION GRADE 4: VOCABULARY BUILDER

 Hari/Tanggal                   : Senin, 24 Mei 2021

Kelas                                : 4 (Empat)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Exam Preparation/ Persiapan Ulangan
Sub tema                         : Vocabulary Builder
Pembelajaran ke-           : 16
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat memahami makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris dengan tepat
2. Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat mengidentifikasi makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris dengan tepat

Assalamu'alaikum my shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Dalam suasana paska lebaran, Mr megucapkan selamat hari Raya Idul Fitri anak-anak semua
Semoga setelah ini anak-anak lebih semangat lagi untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris dengan Mr. Yogi 😊

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

After the holiday, anak-anak semua akan segera menghadapi PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang inshaAllah akan segera dilaksanakan Minggu ini.
Are you ready to do your test?
Apakah anak-anak semua sudah siap untuk mengerjakan PAS bahasa Inggris dengan baik?
Sudahkah anak-anak semua mengulang kembali materi yang sudah dipelajari?
Sudahkah anak-anak memahami semua materi yang sudah dipelajari dengan baik?

Untuk dapat mengingat kembali, anak-anak semua bisa mengulang kembali materinya di Blogger Mr. Yogi.
In today's lesson, Mr. Yogi akan memberikan anak-anak shaleh and shalehah semua link materi Blogger selama semester genap ya serta beberapa kosa-kata (vocabulary) yang bisa membantu anak-anak semua mengerjakan soal-soal PAS dengan mudah:

LINK BLOGGER SEMESTER GENAP
COLORS

CLOTHES

ROOMS

SHAPES

EXERCISES

VOCABULARY BUILDER

1. What (Apa)
2. Where (Di mana)
3. Which (Manakah)
4. Sky (Langit)
5. Become (Menjadi)
6. Roof (atap)
7. Rain (Hujan)
8. Suitable (Sesuai/cocok)
9. Sand (Pasir)
10. Dirty (Kotor)
11. Clean (Membersihkan)
12. Different (berbeda)
13. Uttensils (peralatan dapur)
14. Complete (Lengkapilah)
15. Wear (Pakai)

My beloved student di atas adalah persiapan yang dapat anak-anak pelajari sebelum melaksanakan PAS. Semoga pembelajaran hari ini dapat mengulang membantu anak-anak semua mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Aamiin.

Untuk bukti absen hari ini, Mr, Yogi akan berikan keterangannya sebagai berikut:
1. Silahkan berikan komen pada postingan ini dengan menyebutkan nama dan kelas serta salam ya. Contohnya:
Assalamu'alaikum
My name is Yogi Era Reforma
Class 4A
2. Setelah memberikan komen, silahkan screenshoot dan kirimkan ke Whatsapp group masing-masing kelas ya dengan mencantumkan photo anak-anak semua memakai seragam hari ini (boleh sambil menunjukkan telah membuka Blogger hari ini)
3. Untuk yang mengalami kendala tidak dapat komen di kolom komentar di Blogger dapat menghubungi Mr. Yogi untuk konfirmasi ya
4. Batas pengumpulan bukti absen hanya sampai jam 3 sore ya
5. Silahkan konfirmasi keterlambatan dan izin ya nak

My dear students, that is our lesson for today
I hope you all learn something new today
Don't forget to study and practice
Don't forget to perform shalat and read the Holy qur'an
The last I say, Wassalamu'alaikum wr wb

Jumat, 07 Mei 2021

Latihan Bahasa Inggris Kelas 3 "What am I?"

Hari/Tanggal                   : Juma'at, 7 Mei 2021

Kelas                                : 3 (Tiga)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Pets
Sub tema                         : What am I?
Pembelajaran ke-           : 16
Tujuan Pembelajaran :
1. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan peliharaan dalam bahasa Inggris dengan baik
2. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menuliskaan nama hewan dalam bahasa Inggris dengan tepat

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Bagaimana puasa hari ini? Semoga anak-anak semua semangat berpuasanya ya

Seperti biasa Mr. Yogi kana berikan kunci jawaban dari latihan minggu lalu ya:
1. A beach = there is a beach
2. A swing = there is a swing
3. Two ducks = there are two ducks
4. A ball = there is a ball
5. A butterfly = there is a butterfly
6. A dog = there is a dog
7. Two frogs = there are two frogs
8. Three skipping ropes = there are three skipping ropes
9. A see-saw = there is a see-saw
10. A slide = there is a slide
11. Two rackets = there are two rackets
12. A pond = there is a pond
Alhamdulillah anak-anak shaleh and shalehah semua sudah mengerjakan tugasnya dengan sangat baik. Untuk yang mungkin belum begitu paham bisa langsung hubungi Mr. Yogi ya.

Today we are going to have a little practice. Hari ini kita akan belajar menuliskan nama-nama hewan peliharaan berdasarkan gambar yang ada. Tentu saja anak-anak semua sudah belajar sebelumnya tentang materi PETS. Tujuan pembelajaran hari ini agar anak-anak tidak lupa akan kosa-kata yang sudah dipelajari.

Pets atau hewan peliharaan adalah hewan hewan yang dipilih untuk dijadikan teman di rumah. Mereka adalah hewan hewan yang tentunya harus dirawat dan memerlukan proses penjinakkan (walau beberapa hewan sebatas dipelihara di dalam kandang). Now, we will have a list of pets below:
Di atas, we can see two pictures of pet animals. Kita dapat melihat gambar-gambar dari hewan peliharaan. Sekarang Mr. Yogi akan berikan latihan berikut ya:
1. Bukalah buku modul hal. 55 atau dapat melihat gambar di bawah ini
2. Tuliskan nama-nama hewan yang tertera dalam box ke dalam garis berdasarkan gambar hewan di sampingnya
3. Setelah selesai menuliskan warnailah gambar hewan tersebut sesuai imajinasj anak anak semua ya
4. Jika sudah selesai silahkan kirimkan di group dengan photo anak-anak semua memakai seragam hari ini ya
5. Batas pengumpulan hanya sampai jam 12 
6. Jangan lupa sebuktan nama lengkap(bukan nama panggilan)

My beloved students, that is the practice for today. I hope you learn something new today.
Don't forget to study and practice ya
Jangan lupa juga untuk rajin membaca Al Quran
The last I say wassalamu'alaikum wr wb.

Senin, 03 Mei 2021

Latihan Bahasa Inggris kelas 4: Living Room Prepositions

Hari/Tanggal                   : Senin, 3 Mei 2021

Kelas                                : 4 (Empat)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Rooms
Sub tema                         : Where Are They? (propositions)
Pembelajaran ke-           : 15
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan gambar ilustrasi, peserta didik dapat memahami penggunaan kata keterangan tempat dengan baik.
2. Diberikan gambar ilustrasi, peserta didik dapat menuliskan kata keterangan tempat sesuai aturan gramatikal.

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Masih semangatkan untuk puasanya? Wah semoga anak-anak shaleh and shalehah menjalankan puasanya dengan semangat ya 😊

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

Before we get to the lesson, Mr. Yogi akan berikan catatan terkait latihan yang sudah anak-anak lakukan minggu lalu yaitu mengenai Our Senses Function (Fungsi panca indera). Dari pengerjaan Google form yang anak-anak shaleh and shalehah kerjakan, nilai rata-rata yang didapatkan adalah 93/100. Artinya, anak-anak semua sudah dengan sangat baik mengerjakan latihan yang diberikan dan inshaAllah memahami materinya. Namun, Mr. Yogi akan tetap cantumkan kunci jawaban dari latihan sebelumnya ya sebagai bahan belajar kembali anak-anak semua:
1. You can smell with your...(nose)
2. You can sew with your...(eyes)
3. You can touch with your...(hands)
4. You can taste with your...(tongue)
5. You can hear with your...(ears)
6. You (can) taste with your tongue.
7. You (can't) touch with your eyes.
8. You (can't) hear with you nose.
9. You (can) smell with your nose.
10. You (can't) taste with your eyes.
Jika anak-anak shaleh and shalehah masih memiliki pertanyaan terkait materi tersebut anak-anak bisa hubungi Me. Yogi ya.

Today, as in the title, we will study preposition dan things in living room secara bersamaan. Namun sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan preposition? Apa saja kata yang termasuk proposition? Apakah fungsi dari preposition?

Mr. Yogi akan jelaskan sebagai berikut:
Jadi preposition adalah kata/kumpulan kata yang digunakan sebelum kata benda untuk menujukkan arah, lokasi,jarak.
Lalu apa saja kata-kata tersebut:
Dari gambar di atas dapat kita pahami ya nak, bahwa kata-kata tersebut menunjukman lokasi atau posisi dari sebuah benda. Bisa di atas, di bawah, di sebelah, di dalam, di antara dll. Tentu saja, preposition di atas hanya sebagian dan masih banyak lagi kata-kata yang termasuk prepositions. Namun kita cukupkan untuk belajar kata kata di gambar untuk hari ini.
1. In front of = di depan
2. Behind = di belakang
3. Next to = di sebelah
4. Between = di antara .... dan....
5. Above/over = di atas
6. Under/below = di bawah
7. In = di/pada
8. On = di atas (bersentuhan dengan benda di bawahnya)

Selain itu, seperti biasa, kita akan mengulang materi yang sudah dipelajari agar anak-anak semua dapat kembali berlatih dan memahami lebih baik lagi. Today's lesson is going to be about ROOM especially LIVING ROOM. Hari ini, kita akan coba menggunakan preposition untuk menunjukkan benda-benda yang ada di living room. Berikut Mr. Yogi ingatkan lagi things on living room.
Melihat dari gambar di atas, kita bisa mencoba menggunakan preposition untuk menunjukan letak benda tersebut. Contohnya:
1. The carpet is (on) the floor
2. The floor lamp is (in front of) grandfather clock
3. The grnadfather clock is (behind) the remote
4. The Television is (next to) sofa
5. The sofa is (between) end table and fireplace dst.

Sekarang kita akan coba untuk berlatih menuliskannya ya nak. Mr. Yogi akan jelaskan latihan kita hari ini sebagai berikut:
1. Kerjakanlah latihan Google form berikut: Grade 4 Practice 3: Where Are They?
2. Pilihlah jawaban yang benar berdasarkan materi yang sudah dipelajari
3. Setiap jawaban benar bernilai 10 jadi total adalah 100
4. Jika sudah selesai silahkan kirimkan bukti pengerjaan berupa photo anak-anak memakai seragam dan tangkap layar Google formnya
5. Kirimkan bukti pengerjaannya ke Whatsapp group dengan menyebutkan nama lengkap dan salam
6. Berlatihnya dibatasi hanya sampai pukul 14:00 harap konfirmasi keterlamabatan (kecuali yang terjadwal konsultasi boleh menyusul)

My beloved students, that's it our material for today. 
Don't forget to always study and practice
Jangan lupa juga untuk tetap meningkatkan ketakwaan dengan beribadah dan tentu saja membaca Al Qur'an
The last I say, wassalamu'alaikum.



Jumat, 30 April 2021

Latihan Bahasa Inggris Kelas 3 "There is or there are?"

Hari/Tanggal                   : Juma'at, 30 April 2021

Kelas                                : 3 (Tiga)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : At the Park
Sub tema                         : There is/are
Pembelajaran ke-           : 15
Tujuan Pembelajaran :
1. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi penggunaan there is/there are dalam sebuah kalimat sederhana dengan baik
2. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat membedakan penggunaan there is/there are dalam sebuah kalimat sederhana dengan tepat

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Bagaimana puasa hari ini? Semoga anak-anak semua semangat berpuasanya ya

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

Sebelum memulai pembelajaran, Mr. Yogi akan berikan sedikit review tentang materi yang dipelajari di pertemuan sebelumnya. On the previous meeting, we practiced how to tell time. Alhamdulillah You All Did A Great Job! Anak-anak secara garis besar sudah dapat menuliskan waktu dengan sangat baik. Namun, Mr. Yogi akan berikan review singkat dan koreksi terhadap praktik yang anak-anak shaleh and shalehah lakukan:
1. Masih ada beberapa siswa yang menuliskan jam lebih dahulu yang seharusnya menitnya lebih dulu ya.
2. Jam nya dituliskan dengan angka 1-20 ya nak

Today we are going to learn and practice a new lesson. Seperi yang sudah anak-anak lihat di judul, bahwa kita akan mengulang materi At The Park namun dengan tambahan pembelajaran materi There is/There are.
Apakah anak-anak masih ingat kosa-kata yang sudah kita pelajari di materi At The Park? Wah semoga anak-anak semua masih mengingat dengan baik kosa-kata yang kita pelajari ya. Sebagai pengingat, Mr. Yogi akan cantumkan beberapa kosa kata dan video di bawah ini tentang At The Park di bawah ini:


Itu tadi video mengenai things at the park. Sebagai catatan anak-anak Mr. Yogi akan tuliskan beberapa attraction yang anak-anak biasa temui di taman ya.
1. Swings = ayunan
2. Slide = seluncuran
3. See-saw = Jungkat-jungkit
4. Monkey bars = tiang gelantung
5. Merry-go-round = komedi putar
6. Bench = bangku
7. Sprinkle = Semprotan air
8. Tyre swing = ayunan ban
9. Drinking fountain = kran air minum
10. Statue = patung
11. Bird bath = tempat mandi burung
12. Duck pound = kolam bebek
13. Picnic area = area piknik
14. Picnic table = meja piknik
15. Trash bin = tempat sampah
16. Jogging path = lintasan lari santai
17. Skate rink = lapangan papan luncur
18. Bike path = jalur sepeda
19. Vendor = pedagang
20. Sandbox = kotak pasir

Sekarang Mr. Yogi akan jelaskan perbedaan menggunakan THERE IS dan THERE ARE.
1. THERE IS
There is merupakan frasa kata yang menunjukkan kata keterangan dimana benda yang dirujuk berjumlah satu. Contohnya:
- There is a cat on the couch (Ada seekor kucing di sofa)
- There is a rainbow after the rain (Ada sebuah pelangi setelah hujan)
- There is a blue butterfly 
untuk anak anak semua dapat perhatikan kembali, bahwa There is selalu ditemani dengan kata benda yang BERJUMLAH SATU. 

2. THERE ARE
Sedangkan There are merupakan frasa kata yang menunjukkan keterangan dimana kata bendanya ada LEBIH DARI SATU dan kata bendanya wajib diimbuhkan/ditambahnan "S".
Berikut adalah contoh penambahan imbuhan S pada sebuah kata benda ya nak:
A pencil => two pencils
A car => three cars
A toy => many toys
Contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat sederhana:
- There are three butterflies on the leaves (Ada tiga kupu-kupu di dedaunan)
- There are many books on the bookshelf (Ada banyak buku di rak buku)
- There are three beautiful birds (Ada 3 burung yang indah)
untuk anak-anak ingat ya, bahwa kata bendanya harus ditambahkan s di belakang hurufnya ya.
Bagaiamana sudah paham belum anak anak shaleh and shalehah?
Nah, untuk mengetahuinya kita akan berlatih membedakan THERE IS dan THERE ARE. Berikut penjelasan praktik hari ini:
1. Bukalah buku halaman 52 atau seperti pada gambar berikut
2. Tugas anak-anak adalah menambahkan THERE IS/THERE ARE pada kata kata yang sudah ada di sana.
Contoh nomor 1. A bench => THERE IS A BENCH
3. Untuk menentukan apakah menggunakan THERE IS/THERE ARE anak anak perlu melihat apakah kata bendanya dalam bentuk jamak atau tunggal.
4. Jika sudah selesai silahkan Kirimkan tugasnya ks Whatsapp group ya nak dengan Menyebutkan nama lengkap (bukan nama panggilan)
5. Batas pengumpulan hanya sampai jam 12 ya nak
6. Harap mengkonfirmasi keterlamabatan

My beloved students, that's all the material we have for today.
I hope you learn something new and understand better
Di bulan yang suci ini Mr. Yogi harap anak lebih rajin lagi ya melaksanakan ibdah serta tadarus Al Qur'annya.
The last I say wassalamu'alaikum wr wb.


Selasa, 27 April 2021

Latihan Bahasa Inggris Kelas 2 "What Animals Can Do?"

Hari/Tanggal               : Selasa, 27 April 2021

Kelas                            : 2 (Dua)
Bidang Study              : Bahasa Inggris
Tema                            : Animals
Sub tema                     : What Animals Can Do
Pembelajaran ke-       : 15
Tujuan Pembelajaran :
1. Disajikan sebuah video, peserta didik dapat mengidentifikasi cara bergerak hewan-hewan dalam bahasa Inggris dengan baik
2. Disajikan sebuah video, peserta didik dapat membedakan cara bergerak hewan-hewan dalam bahasa Inggris dengan tepat

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy and happy.
Bagaimana puasa anak-anak shaleh and shalehah hari ini? Semoga semua dalam keadaan semangat ya 😊

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

Sebelum memulai pembelajaram hari ini, Mr. Yogi akan berikan sedikit review tentang berlatih yang sudah anak-anak shaleh and shalehah lakukan di pertemuan sebelumnya ya. On the last meeting, we learned how to spell your name, ask someone's name and mention your name. Anak-anak sudah belajar memgeja, menanyakan serta menyebutkan nama dalam bahasa Inggris. Alhamdulillah you all did a really good practice. Tapi beberapa masih Mr. Yogi temukan kesulitan membedakan pengucapan huruf vokal ke dalam bahasa Inggris. Maka Mr. Yogi akan berikan cara membaca yang benar:
a dibaca ei
i dibaca ai
u dibaca yu
e dibaca i
o dibaca o
Semoga anak-anak semua dapat mengeja nama dengan baik ya setelah ini

Today we will have a new practice. Seperti yang anak-anak shaleh and shalehah baca di judul, hari ini kita akan berlatih untuk mengidentifikasi cara bergerak hewan serta membedakannya di dalam bahasa Inggris.
Ada berapa cara bergerak yang sudah anak-anak ketahui?
Apakah anak anak tahu how does CAT move? (Bagaimana cara kucing bergerak)
How does butterfly move?
How does worm move?

Nah, hari ini kita akan belajar secara singkat tentang 5 cara hewan bergerak. Simak penjelasannya langsung di video Mr. Yogi ya:


My beloved students, ada 5 cara bergerak hewan seperti yang sudah Mr. Yogi jelaskan di video:
1. Jump (lompat)
2. Run (Lari)
3. Swim (berenang)
4. Fly (terbang)
5. Crawl (melata/merangkak)

Ayo apakah anak-anak masih ingat tadi hewan-hewannya?
Sekarang kita akan coba untuk berlatih ya. Bacalah dengan seksama penjelasan berlatih hari ini
1. Tontonlah kembali video penjelasan di atas pada bagian "LET'S PRACTICE"
2. Jawablah 5 pertanyaan dengan cara memilih 2 nama hewan yang tampil di pilihah jawaban. Contoh:
Which animals can jump? GRASSHOPPER and Cricket
Which animals can fly? Butterfly and bird dst.
3. TULSIKAN JAWABANNYA PADA KOLOM KOMENTAR YOUTUBE VIDEO TERSEBUT dengan MENYEBUTKAN NAMA DAN JUGA KELAS
4. Setelah menjawab pada kolom komentar, screenshoot dan kirimkan photo bersama anak2 memakai seragam hari ini ke Whatsapp Mr. Yogi ya sebagai bukti absensi
5. Pengiriman bukti absensi dibatasi hanya sampai jam 1 ya nak, silahkan konfirmasi keterlambatan izin krna sakit, atau sedang konsulatasi ke sekolah
6. Jangan lupa berikan like, dan subscribe channel Mr. Yogi ya 

My beloved students,berikut tadi adalah materi yang kita pelajari hari ini. You all do a great job.
Dont forget to always study and practice
Jangan lupa juga untuk rajin membaca Al Qur'an dan tentu saja menunaikan ibadah sunnah serta wajib ya
The last I say wassalamu'alaikum


Senin, 26 April 2021

Latihan Bahasa Inggris Kelas 4: Our Senses Function

Hari/Tanggal                   : Senin, 26 April 2021

Kelas                                : 4 (Empat)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Body and Senses
Sub tema                         : Five senses
Pembelajaran ke-           : 14
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan gambar ilustrasi, peserta didik dapat memahami lima panca indera dalam bahasa Inggris dengan baik.
2. Diberikan gambar ilustrasi, peserta didik dapat menuliskan lima panca indera dalam bahasa Inggris sesuai aturan gramatikal.

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Masih semangatkan untuk puasanya? Wah semoga anak-anak shaleh and shalehah menjalankan puasanya dengan semangat ya 😊

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

My beloved students, before we start the lesson today, we will have a review about the last meeting practice. Di pertemuan sebelumnya anak-anak sudah mencoba untuk berlatih menuliskan kalimat sederhana yang menunjukkan aktivitas yang SEDANG dilakukan. Alhamdulillah you all did a great job for the practice. Anak-anak sudah baik menuliskan kalimat-kalimat sederhana dalam bentuk positif, negatif dan interogatif. Namun ada beberapa hal yang harus Mr. Yogi jelaskan untuk berlatih yang sudah kita lakukan ya:
1. Banyak dari anak-anak shaleh and shalehah belum mengikuti cara menuliskan kalimatnya yang terdiri dari
Subject + to be (am/is/are) + Verb-ing + complements
Contoh:
I am writing a letter
She is reading a book
They are playing football.
2. Banyak anak-anak menuliskan kalimat yang salah dengan bentuk Did/did not, dalam bentuk Subjek dan Verb tanpa imbuhan Ing dan to be. 
Mr. Yogi harapkan anak-anak shaleh and shalehah bisa membaca dengan seksama ya setiap instruksi berlatih yang sudah Mr. Yogi tuliskan dan contohkan. Berikut akan Mr. Yogi tuliskan contoh jawaban yang benar:
1. I am singing a song
2. She is watching TV
3. We are eating pizza
4. My father is drinking coffee
5. I am not singing a song
6. She is not watching TV
7. We are not eating pizza
8. Are you eating noodles?
9. Is he playing football?
10. Are they smiling at me?
Setelah ini Mr. Yogi harap anak-anak dapat belajar dengan lebih baik lagi ya.

Today in our English class, we will have another practice about the lesson we learned. Seperti yang anak-anak audah baca di judul di atas, kita akan belajar kembali mengulas materi tentang body and senses terutama tentang five senses atau lima panca indera.

There are five senses that we have. Can you remember all of them? Can you mention them one by one? 
Mr. Yogi harap anak-anak masih dapat mengingat materinya dengan baik ya. Walaupun begitu, Mr. Yogi akan tetap berikan Materi singkatnya di bawah ini ya:
yaps, ada 5 panca indera yang wajib anak shaleh and shalehah ketahui semua.
1, Smell (Nose)
2. Taste (Tongue)
3. Hearing (Ear)
4. Touch (Hand)
5. Sight (Eye)

5 panca indera tersebut banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Seperti:
1. Nose helps us to smell perfume.
2. Tongue helps us to taste food.
3. Ear helps us to hear music.
4. Hand helps us to touch things.
5. Eye helps us to see a rainbow.

Nah itulah kilas singkat materi untuk anak-anak dapat mengingat kembali materi yang sudah kita pelajari. Sekarang mari kita coba berlatih ya:
1. Bukalah Latihan Google form berikut dan isilah dengan baik ya nak Latihan 2: Our Senses
2. Setelah mengerjakan silahkan kirimkan foto screenshoot Google form dan foto anak-anak memakai seragam hari ini
3. Kirimkan ke group Whatsapp dengan menyebutkan nama lengkap (bukan nama panggilan)
4. Batas pengumpulan tugasnya hanya sampai jam 1 ya nak
5. Jika memiliki pertanyaan anak-anak bisa menghubungj Mr. Yogi ya

My beloved students, thank you for practicing today's lesson. Mr. Yogi harap anak-anak shaleh and shalehah dapat mengulang materi dengan baik.
Don't forget to study and practice
Don't forget to perform Shalat and read the holy Quran
The last I say wassalamu'alaikum wr wb.

Jumat, 23 April 2021

Latihan Bahasa Inggris Kelas 3 "What time do you do?"

Hari/Tanggal                   : Juma'at, 23 April 2021

Kelas                                : 3 (Tiga)
Bidang Study                  : Bahasa Inggris
Tema                                : Telling Time
Sub tema                         : What time do you do?
Pembelajaran ke-           : 14
Tujuan Pembelajaran :
1. Disajikan sebuah persoalan, peserta didik dapat mengidentifikasi jam dan menit dalam bahasa Inggris dengan baik.
2. Disajikan sebuah persoalan, peserta didik dapat menuliskan jam dan menit dalam bahasa Inggris dengan baik.

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy, and happy.

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

My beloved students, sebelum memulai pembelajaran kita hari ini Mr Yogi akan berikan sedikit review tentang pertemuan sebelumnya ya. Di pertemuan sebelumnya anak-anak sudah berlatih untuk menyanyikan Five Senses Song atau lagu tentang 5 panca Indera. Alhamdulillah you did great job. Semua anak-anak shaleh and shalehah sudah mempraktikan dengan sangat baik. Namun ada beberapa koreksi yang akan Mr. Yogi sampaikan yaitu ada beberapa kesalahan pengucapan yang Mr temukan:
1. Mouth seharusnya diucapkan Mauft
2. Tongue seharusnya diucapkan Tang
Selain kedua kata tersebut anak-anak sudah mengucapkannya dengan sangat baik 😊

For today, we will have another English practice.
Seperti yang sudah Mr. Yogi tuliskan di judul Blogger bahwa hari ini kita akan mengulas kembali materi yang sudah dipelajari di pertemuan sebelumnya yaitu TELLING TIME (Menunjukkan waktu).
Apakah anak-anak masih mengingat dengan baik cara membaca waktu dalam bahasa Inggris dengan baik?
InshaAllah Mr. Yogi yakin anak-anak semua masih mengingat dengan sangat baik Materi Telling Time.

Hari ini kita akan melatin kembali ingatan kita dengan berlatih ya nak. Namun, sebagai bahan pengingat, Mr. Yogi akan berikan materi singkat tentang membaca waktu dalam bahasa Inggris.
Kosa-kata:
1. O'clock = tepat
2. Quarter = 15 menit
3. Half = 30 menit
4. Past = lewat
5. To = menuju

Aturan:
1. Jam tepat
- 9:00 (9 o'clock)
- 12:00 (12 o'clock)
- 6:00 (6 o'clock)

2. Lewat 15 menit
- 7:15 (A quarter past seven)
- 12:15 (A quarter past twelve)

3. Lewat 30 menit
- 10:30 (A half past ten)
- 07:30 (A half past seven)

4. Lewat 45 menit/15 menit menuju jam berikutnya
- 8:45 (A quarter to nine) / 15 menit menuju jam 9
- 2:45 (A quarter to three) / 15 menit menuju jam 3

5. Jam yang kurang dari 30 menit (menggunakan PAST)
- 9:19 (Nineteen past nine)
- 10:20 (twenty past ten)
- 2:02 (two past two)

6. Jam yang lewat dari 30 menit (menggunakan TO)
- 11:50 (Ten to twelve) / (10 menit menuju jam duabelas)
- 4:35 (twenty five to five) / (25 menit menuju jam 5)

Anak-anak shaleh and shalehah jangan lupa ya, untuk penyebutan jam dalam bahasa Inggris, MENIT harus diucapkan terlebih dahulu baru setelahnya adalah jam.
Dan untuk menit yang lebih dari 30 menit anak-anak wajib mengurangi menitnya dari satuan satu jam. 
Contohnya, jika menit menunjukkan 34 maka: 60 menit dikurangi 34 = 26 (twenty six).

Eits, diingat kembali, karena lewat dari 30 menit menggunakan TO (MENUJU) maka jam nya harus ditambahkan 1 dari jam yang terlihat.
Contohnya, 7: 46 (14 menit menuju jam 8)
Fourteen to Eight

Nah itu adalah pengingat singkat materi membaca jam dalam bahasa Inggris, mari kita coba berlatih ya nak:
1. Lengkalilah beberapa kalimat berikut dengan jam yang sesuai dari apa yang biasa anak-anak shaleh lakukan:
- I take a morning shower at ........ (Saya mandi pagi di jam....)
- I have a nap at ....(Saya tidur siang di jam...)
- I watch the television at ....(Saya menonton tv di jam ...)
- I study school subjects at ...(Saya belajar pelajaran sekolah di jam...)
- I go to sleep at ...  (Saya tidur di jam ....)
2. Tulislah kembali di buku dengan menggunakan cara yang sudah Mr. Yogi jelaskan dan contohkan di pengingat di atas ya.
3. Jawaban dari titik harus diisi menggunakan alfabet dan bukan angka ya nak
Benar = I take a morning shower at seven o'clock
Salah = I take a morning shower at 7:00
4. Jika sudah selesai, anak-anak bisa mengirimkan jawabannya ke group bahasa Inggris dengan photo anak-anak mengenakan seragam hari ini ya
5. Batas pengumpulan tugas hanya sampai jam 12 ya nak
6. Jika ada kendala silahkan hubungi Mr. Yogi ya nak.
7. Untuk yang sedang melakukan konsultasi ke sekolah dapat menyusul mengerjakan 
8. Jangan lupa untuk menyebutkan nama lengkap dalam pengiriman tugasnya ya na

My beloved students, that's is our material for today
I hope you all learn something new today
Dont forget to study and practice
Jangan lupa juga untuk selalu menjaga solat dan rajin membaca Al Qur'annya ya nak. Terlebih di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.
Semoga puasa anak-anak semua bisa lancar ya
The last I say wassalamu'alaikum wr wb. 
😊



Selasa, 20 April 2021

Latihan Bahasa Inggris Kelas 2 "Spell Your Name"

Hari/Tanggal               : Selasa, 20 April 2021

Kelas                            : 2 (Dua)
Bidang Study              : Bahasa Inggris
Tema                            : Introducing self
Sub tema                     : Spell your name
Pembelajaran ke-       : 14
Tujuan Pembelajaran :
1. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi cara menanyakan nama dan mengeja nama dengan tepat
2. Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menanyakan nama dan mengeja nama dengan tepat

Assalamu'alaikum shalih and shalehah students and parents.
How are you today?
I hope you are always fine, healthy and happy.
Bagaimana puasa anak-anak shaleh and shalehah hari ini? Semoga semua dalam keadaan semangat ya 😊

Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.
Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:
1. Say bismillah
2. Perform Dhuha prayer
3. Read the Holy Qur'an.

Seperti biasa kita akan membahas tentang materi minggu lalu sebelum masuk ke materi hari ini. Di pertemuan sebelumnya anak-anak shaleh and shalehah sudah berlatih untuk menemukan kosa-kata bagian bagian tubuh yang ada pada crossword. Alhamdulillah you all did a great job. Mr. Yogi lihat anak-anak semua sudah sangat baik dan berlatih dengan tepat. Untuk kembali diingat Mr. Yogi akan cantumkan jawaban dari berlatih minggu lalu ya:
This is the answer! Semoga anak-anak semua dapat kembali mengulang materi yang sebelumnya supaya anak-anak semua belajar dengan baik.

For today, we are going to learn something else. Hari ini kita akan belajar tentang materi yang lain ya nak tetapi masih berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Hari ini kita akan belajar tentang memeperkenalkan diri (self introduction) terutama bagaimana cara bertanya nama seseorang serta memberitahukan nama kita dan cara mengejanya.

My beloved students,
Ketika ingin bertanya nama seseorang ada kalimat pertanyaan yang bisa anak-anak shaleh and shalehah gunakan yaitu:
WHAT IS YOUR NAME?
(SIAPA NAMAMU?)
Maka kita dapat menjawab dengan dua cara yaitu:
1, My name is Garry
2. I am Garry

Nah sekarang mari kita coba lihat contoh video berikut ya nak:


Bagaimana anak-anak apakah sudah melihat contoh di videonya?
Mudah bukan cara menanyakan nama serta mengejanya.
Bagaiamana jika kita coba berlatih yuk,simak deskripsi berikut ya nak:
1. Buatlah sebuah rekaman video ATAU suara anak-anak menanyakan nama dan mengeja nama anak-anak.
2. Contoh apa yang harus diucapkan akan Me. Yogi tuliskan di bawah ini ya:
- Assalamu'alaikum friends
- My name is Misha 
- It is Em Ai Es Eij Ei
- What is your name?
- Wassalamu'alaikum wr wb
3. Kirimkan rekaman tersebut ke Whatspp Mr. Yogi ya dengan menyebutkan nama lengkap (bukan nama panggilan) dan kelas
4. Batas pengumpulan hanya sampai jam 12 ya nak
5. Silahkan konfirmasi kendala langsung ke Whatsapp Mr. Yogi
6. Jangan lupa untuk memakai seragam hari ini ya

That is it our lesson and practice for today. 
I hope you all learn something new today
Dont forget to always study and practice
Jangan lupa juga anak-anak untuk rajin menunaikan ibada serta rajin membaca Al Qur'annya ya.
The last I say wassalamu'alaikum wr wb.