Electricity Lightning

Kamis, 24 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 3

 Hari/Tanggal                     : Kamis, 24 Juli 2025

Muatan  Pembelajaran       :  

1. Pancasila (identitas diri)

2. bahasa Indonesia (Tanda Baca)

Metode Penbelajaran    : tanya jawab, penugasan

Media Pembelajaran     : video/PPT/Gambar

PANCASILA

Capaian Pembelajaran :

Mengkaji Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa. Mengkaji nilai-nilai Pancasila, proses perumusan Pancasila, implementasi Pancasila dari masa ke masa, serta reaktualisasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian. Penerapan nilai-nilai Pancasila secara kolektif dalam beragam kegiatan kelompok dengan membangun kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Mengembangkan potensi sebagai kualitas personal yang bermanfaat dalam kehidupannya, memberi bantuan yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas dalam konteks Indonesia dan kehidupan global.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu menghargai identitas diri, teman, dan keluarga sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama, dan kepercayaan


Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh 

Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah. 

Pancasila

Setelah mempelajari bab 1, diharapkan kamu dapat menghargai identitas diri, teman, dan keluarga sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama yang diakui dan kepercayaan yang dilindungi Negara. Kamu juga diharapkan dapat mengidentiikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Setiap anak pasti memiliki keluarga. Setiap anggota keluarga memiliki identitas yang berbeda-beda. Identitas diri misalnya nama, jenis kelamin, agama, bahasa, asal suku, budaya, dan lainlain. Mengenal identitas dapat melatih untuk saling menyayangi dan menghargai. 

Meskipun Ayah dan Ibu berasal dari suku bangsa yang berbeda, kami saling menyayangi dan menghormati. Kami sekeluarga sangat bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya. Apakah kamu menyayangi keluargamu? Coba ceritakan bagaimana seluruh anggota keluargamu! Apakah memiliki identitas budaya dan suku bangsa yang berbeda? Coba ceritakan bagaimana kamu sekeluarga bisa rukun!

Ayo berkenalan! Perhatikan cara gurumu berkenalan!


Ayo perkenalkan diri dan identitasmu secara bergantian di depan teman-temanmu. Lakukan dengan penuh percaya diri! Berikan tepuk tangan kepada temanmu yang tampil berani dan penuh percaya diri. 

Ayo, berkenalan sambil menyanyi! Ayo bernyanyi bersama lagu “Siapa Namamu”. Kamu dapat menyimak video yang ditayangkan oleh guru atau mencari bersama orang tua dengan kata kunci “Siapa Namamu”.


Setelah membaca teks di atas dan belajar berkenalan di depan kelas serta berkenalan sambil bernyanyi maka Ibu guru harapkan kalian sudah dapat memperkenalkan diri secara mandiri.

Selanjut nya pembelajaran Bahasa Indonesia

Mengamati Tanda Baca dalam Teks “Lompat Tali” 

Alur Konten Capaian Pembelajaran 

Mengenali dan memahami fungsi tanda baca titik, koma, tanda tanya, tanda seru, elipsis, tanda kutipan langsung, serta mengenali maknanya



Demikian pembelajaran hari ini, terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat. Kita lanjutkan kembali esok hari ya sayang. Salam sayang dari Bpk guru.

Wassallaamualikum Wr Wb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar