Hari/Tanggal : Selasa, 29Juli 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS (Pancaindra)
2. MTK (Nilai tempat
Metode Penbelajaran : tanya jawab, penugasan
Media Pembelajaran : video/PPT/Gambar
Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh
Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah.
Capaian Pembelajaran IPAS
Murid memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari.
Tujuan Pembelajaran
1. Murid dapat mengidentifikasi fungsi pancaindara
2. Murid dapat bekerjasama dama melakukan tugas kelompok
3. Murid dapat bernalar kritis dalam mengumpulkan informasi
YUK KITA SIMAK FUNGSI LIDAH DAN KULIT DENGAN MENONTON VIDEO BERIKUT:
Anak-anak semua bisa mempraktikkan fungsi lidahnmelskui sktivitas berikut:
- Mencicip gula, garam, lemon (lidah)
- Menyentuh es batu, kain kasar, spons basah (kulit)
Berdasarkan hasil pengamatan dan LKPD, mereka menyimpulkan:
- Lidah mengecap rasa: manis, asam, asin, pahit
- Kulit merasakan suhu, tekanan, dan tekstur
Sekarang kerjakan LKPD Berikut ya untuk mengukur kemampuan mu:
Selamat Mengerjakan !
MATEMATIKA
Kesimpulan:
1. Lidah berfungsi sebagai perasa
2. Selain sebagai perasa, lidah juga berfungsi untuk membolak-balikkan makanan dan membentuk huruf saat bicara
Alhamdulillah anak-anak semua sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik. Namun, masih ada 2 siswa yang harus meningkatkan kecepatan dalam menulis di kelas sehingga tugas yang dikerjakan dapat selesai tepat waktu.
Demikian pembelajaran hari ini, terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat. Kita lanjutkan kembali esok hari ya.
Wassallaamualikum Wr Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar