Electricity Lightning

Senin, 21 April 2025

Materi Ajar Kelas 3 Tema 7 Sub 3 Pb. 2 dan 3

   Hari / Tanggal             : Selasa, 22 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran             : 2 dan 3

 Alat peraga: poster, Realia, dan video


Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif

Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat, dapat mengidentifikasi kombinasi  garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif. dapat mengidentifikasi jumlah ukuran sisi bangun sebagai keliling dari bangun datar.


Hari ini cuaca sangat panas. Udin, Beni, dan Edo ingin bermain di kolam renang.  Kolam renang tempat mereka bermain cukup aman. Di sekitar kolam, terdapat beberapa orang petugas sedang mengawasi anak-anak bermain air.



Setiap petugas kolam renang mengalungkan peluit di leher masing-masing. Peluit merupakan salah satu alat komunikasi. Peluit digunakan untuk mengawali atau menghentikan suatu kegiatan. Dengan menggunakan peluit, kita tidak perlu bersuara keras untuk memberi peringatan. 

Setelah berenang, Udin, Beni, dan Edo beristirahat. Udin beristirahat sambil membaca buku yang  dibawanya.

Buku tersebut bercerita tentang alat komunikasi  tradisional dan modern.


Hari ini Dayu dan Lani sangat bersemangat. Mereka akan melakukan percobaan “telepon kaleng”.  Dayu mengetahui cara membuat telepon kaleng dari ibu.  Telepon merupakan  salah satu alat  komunikasi. Dengan adanya teknologi,  telepon berkembang dari masa ke masa. Saat ini telepon merupakan salah satu alat yang sangat memudahkan komunikasi.

 


Dayu dan teman-teman membuat telepon kaleng. Lani dan Udin membawa kaleng bekas susu kental  manis. Edo dan Beni menyiapkan benang kasur. Sementara itu, Dayu dan Siti membawa kertas dan lem untuk hiasan.



Setelah menghias kaleng,  Lani menunjukkan gambar yang ia buat.Udin mengusulkan agar  gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai, Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani. Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran darsisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.


LATIHAN

Lengkapi kalimat berikut!


1. Alat komunikasi ______________ digunakan pada masa lalu.

2. __________ termasuk ke dalam alat komunikasi tradisional.

3. Lonceng dan ______ memiliki fungsi yang sama.

4. Telepon kini berkembang menjadi _____________

5. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi ___________

Alhamdulillah anak-anak semua sudah mengidentifikasi alat komunikasi modern dan tradisional. Namun masih ada satu siswa yang belum dapat membedakan mana yang tergolong alat komunikasi modern atau tradisional. Semoga anak-anak semua bisa belajar lebih giat lagi ya.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar