Electricity Lightning

Selasa, 23 Januari 2024

Materi Ajar Kelas 3 Tema 5 Sub 2 Pb. 5

Hari / Tanggal          : Selasa, 23 Januari 2024

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang kata atau istilah khusus dalam sebuah informasi terkait cuaca

Hari ini kita lanjutkan pembelajarannya ya!

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan dengan benar. Serta dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan

berpenyebut sama dengan benar.


KEGIATAN INTI (45 MENIT)


AYO MEMBACA

Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu. Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan. Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari. Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa. Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin. Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.

Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap  kehidupan manusia itu sangat besar.

 

Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?

Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini.

Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.

Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal

agar tubuh tidak kedinginan.

Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerapkeringat.

 

AYO MENGAMATI


Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbedaMakin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.

Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakah yang lebih besar? 

Perhatikan gambar berikut ini.



Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama:

“Makin besar pembilangnya, makin besar nilai pecahan tersebut.”

 

 

 

 

TUGAS HARI INI



 Tuliskan jawaban pada buku  ya nak.

Selamat mengerjakan!

KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)


Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Pecahan dengan pembilang sama, memiliki nilai pecahan yang besar semakin kecil penyebutnya dan sebaliknya


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar