Hari / Tanggal : Selasa, 23 Januari 2024
Tema 5 : Cuaca
Subtema 2 : Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 5
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini
Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?
iyaps kita telah belajar tentang kata atau istilah khusus dalam sebuah informasi terkait cuaca
Hari ini kita lanjutkan pembelajarannya ya!
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan dengan benar. Serta dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan
berpenyebut sama dengan benar.
KEGIATAN INTI (45 MENIT)
AYO MEMBACA
Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu. Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan. Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari. Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa. Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin. Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.
Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar.
Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?
Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini.
Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.
Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal
agar tubuh tidak kedinginan.
Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerapkeringat.
AYO MENGAMATI
Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.
Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakah yang lebih besar?
Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama:
“Makin besar pembilangnya, makin besar nilai pecahan tersebut.”
TUGAS HARI INI
Tuliskan jawaban pada buku ya nak.
Selamat mengerjakan!
KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)
Yuk kita simpulkan bersama:
1. Pecahan dengan pembilang sama, memiliki nilai pecahan yang besar semakin kecil penyebutnya dan sebaliknya
Bagaimana pembelajaran hari ini?
Apakah anak-anak merasa senang?
Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar