Hari / Tanggal : Jum'at, 13 Mei 2022
Tema 8 : Praja
Muda Karana
Subtema 4 : Aku
Suka Berkarya
Pembelajaran : 1
Assalaamualaikum,
Wr. Wb.
Bagaimana
kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah,
Semoga
semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa.
Ayo sebelum belajar jangan lupa mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu
sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan Pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat
siswa
dapat menentukan arah mata angin dengan benar, siswa dapat menggunakan kata
delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat, siswa
dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
Arah
Mata Angin dan Denah
Denah adalah
gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat.
Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar
berikut ini merupakan contoh denah.
SD Nusantara
berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD
Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di
sekitar SD Nusantara. Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin
terdiri atas delapan arah.
Keterangan
U = Utara
TG = Tenggara
B = Barat
TL = Timur laut
S = Selatan
BL = Barat laut
T = Timur BD = Barat daya
Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.
Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.
Perhatikan gambar denah
berikut ini !
1.
Masjid berada di
sebelah Barat Laut SD Nusantara.
2. Taman
bermain Kenanga berada di sebelah Barat Daya gereja
3. SD
Nusantara berada di sebelah Timur taman bermain
4. Gereja
berada di sebelah pos Utara ronda.
5.
Rumah teman Udin tepat
di seberang Barat gereja.
Udin berlatih
membaca denah. Udin juga mencatat informasi dari lingkungan sekitar. Udin mencatat informasi tentang banyak rumah.
Udin dan teman-teman menghitung banyak rumah di sepanjang jalan.
Berikut ini
laporan Udin mengenai banyak rumah di sepanjang jalan yang dilewati.
Dari data diagram di atas yuk kita sama-sama menjawab pertanyaan di bawah
ini :
1. Dimanakah tempat yang
memiliki rumah paling banyak ?
Jawab : Jalan Lili
2.
Dimanakah tempat yang memiliki rumah paling sedikit ?
Jawab : Jalan Mawar
3.
Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Kamboja dan Jalan Mawar ?
Jawab : 50 – 35 = 15
4.
Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Lili dan Jalan Kamboja ?
Jawab : 60 – 50 = 10
5.
Berapa banyak rumah semuanya ?
Jawab : 35 + 45 + 50 + 60 = 190
TUGAS HARI INI :
Cobalah membuat
diagram sesuai data berikut!
Data warna
rumah.
Kirimkan
tugasnya ke Whatsapp pak guru ya.
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada
ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita
akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar