Hari / Tanggal : Selasa, 19 April 2022
Tema 8 : Praja
Muda Karana
Subtema 2 : Aku
Anak Mandiri
Pembelajaran : 2 dan 3
Assalaamualaikum,
Wr.Wb
Selamat
pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa
mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu
sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan
pembelajaran hari ini peserta didik dapat menulis pendapat
tentang perilaku sehari-hari yang sesuai dengan arti simbol-simbol sila
Pancasila dengan benar, mengidentifikasi
perbedaan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar,
mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam
tarian dengan benar.
Mandiri dalam Mengambil Keputusan
Anggota
pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan mengambil keputusan
dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi. Setiap
anggota kelompok dapat menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh
ketua kelompok. Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok
telah ditetapkan.
Salah satu
janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya
berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah. Bermusyawarah
juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan
pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila
berupa kepala banteng.
AYO MEMBACA
Mandiri Mengerjakan Pekerjaan Rumah
Udin anggota pramuka yang rajin dan mandiri. Udin selalu merapikan kamar tidur sendiri. Udin mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri. Udin juga menyiapkan peralatan sekolah secara mandiri. Udin juga rajin membantu orang tua. Udin sudah dapat membersihkan rumah. Udin juga suka membantu pekerjaan Ibu di dapur. Udin juga sudah dapat menjahit atribut pramuka dengan bantuan Ibu. Udin cakap dan mandiri melakukan berbagai kegiatan.
Udin mendapat tanda khusus karena cakap dalam berbagai bidang. Tanda kecakapan khusus merupakan salah satu tanda pengenal pramuka. Selain tanda khusus, ada juga tanda umum. Tanda umum digunakan oleh seluruh anggota pramuka. Tanda umum pramuka diantaranya; tanda tutup kepala dan tanda pelantikan. Ada juga setangan leher, tanda harian, tanda WOSM atau tanda pramuka sedunia.
Ada berbagai macam
tanda kecakapan khusus (TKK). Tanda kecakapan khusus wajib sepuluh buah.
Berikut ini sepuluh tanda kecakapan khusus.
Tanda kecakapan khusus diberikan untuk menambah semangat anggota pramuka. Tanda kecakapan khusus bertujuan untuk melatih keterampilan serta kemandirian.
Bentuk dan tingkatan tanda kecakapan khusus setiap kelompok pramuka
berbeda. Untuk pramuka siaga berbentuk segitiga dan hanya satu tingkatan. Untuk
pramuka penggalang ada tiga tingkatan dengan bentuk yang berbeda. Tingkat purwa
berbentuk lingkaran. Tingkat madya berbentuk persegi. Tingkat utama berbentuk
segilima. Berikut contoh gambar TKK menabung sesuai tingkatan.
AYO BERLATIH
Masih ingatkah kalian
dengan bentuk bangun datar?
Apakah kalian tahu
sifat-sifat bangun datar? Perhatikan gambar persegi berikut ini!
Ikuti kegiatan berikut
untuk mengetahui sifat persegi!
Siapkan tali untuk
mengukur sisi persegi! Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!
Persegi 1
Ukur sisi AB, BC, CD,
DA menggunakan tali, lalu potong.
Amati potongan tali! Apa
yang kalian temukan?
Panjang
sisi AB, BC, CD, DA = 4 CM.
Ukur semua sudut
persegi menggunakan pojok siku-siku!
Apa yang kalian
temukan?
Besar sudut A = 90°
sudut B = 90°, sudut C = 90°, sudut D=
90°
Lakukan kegiatan yang
sama untuk persegi 2 dan
persegi 3!
Jawablah pertanyaan
berikut ini berdasarkan kegiatan
sebelumnya!
Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi.
1. Apakah persegi merupakan bangun segi empat?
Jawaban: Iya, persegi merupakan bangun segi empat.
2. Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya?
Jawaban: Ukuran panjang tiap-tiap sisinya adalah sama.
3. Bagaimana ukuran besar sudutnya?
Jawaban: Ukuran besar sudutnya memiliki besar
yang sama.
Tanda kecakapan khusus terdiri atas lima bidang. Setiap bidang memiliki
warna khusus. Bidang agama berwarna dasar kuning. Bidang patriotism dan seni
budaya berwarna dasar merah. Bidang ketangkasan
dan kesehatan berwarna dasar putih. Bidang
keterampilan dan teknik pembangunan berwarna dasar hijau. Bidang sosial
berwarna dasar biru.
AYO MENARI
Masih ingatkah kamu
dengan tari Tempurung yang sudah
dipelajari sebelumnya?
Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih menari tari Tempurung!
1. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke bawah belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan dalam barisan.
2. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiri dan sebelah kanan. Tepukkan tangan secara bergantian sebanyak empat kali.
3. Jalan ke kiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepukkan tangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat. Lakukan sebanyak dua kali.
4. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkan tangan di sebelah kanan bawah. Tepukkan tangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.
5. Jalan ke kiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.
6. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke belakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.
TUGAS
HARI INI
Setelah membaca teks berjudul “Mandiri dalam Mengambil Keputusan” Hal.64-65
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Apa arti bermusyawarah?
2. Sebutkan 3 contoh kegiatan bermusyawarah.
3. Termasuk pengamalan sila keberapa kegiatan bermusyawarah?
4. Apa simbol dari sila Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan?
Jangan lupa tuliskan di buku latihan tematik dan hasilnya kirimkan ke Sir Yogi yaa… Semangat!
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah
mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan
belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih..
Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar