Electricity Lightning

Rabu, 02 Maret 2022

Materi Ajar Kelas 3: Tema 7 Subtema 1 (Pb.3 & 4)

Hari / Tanggal             : Rabu, 02 Maret 2022

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                  : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran             : 3 dan 4

 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi perkembangan teknologi pangan dengan benar, siswa dapat menemukan produk dari teknologi pangan dengan tepat,  siswa dapat menceritakan kembali isi teks bacaan secara lisan dengan lengkap, siswa dapat mengenal ragam budaya Indonesia dengan baik, siswa dapat menyampaikan kembali informasi tentang pentingnya memahami keberagaman karaktersitik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar, siswa dapat mengenal berbagai macam makanan berbahan dasar singkong dengan baik.

 


Hari ini, rumah lani dikunjungi oleh bibi, udin, edo, beni, dayu, dan siti juga berkunjung ke rumah lani. Mereka berkumpul di ruang makan. Bibi lani bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan. Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, edo, beni, dayu, siti, dan lani membaca bersama-sama.



AYO MENGAMATI

Bibi lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai didalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya. Tempe yang dibeli bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi. Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang. Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku


Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga.

Amati bentuk di bawah ini!

1. 5 satuan persegi, 2. 5 satuan persegi, 3. 6 satuan persegi


4. 5 satuan persegi, 5. 4 satuan persegi, 6. 7 satuan persegi


Pagi ini, udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni. Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah sunda. Edo memakai baju dari papua. Dayu memakai pakaian adat bali. Demikian pula dengan beni, siti, lani, dan yang lainnya. Mereka juga membawa makanan khas daerah. Udin membawa combro dari sunda. Edo membawa kue sagu dari papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari bali. Beni membawa penada dari manado. Siti membawa keripik singkong dari padang. Tak ketinggalan, lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas tionghoa.

Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.


AYO MENGAMATI

Amati Gambar dan Informasi Berikut!


Amati gambar di bawah ini!

Lingkari makanan yang di hasilkan oleh teknologi pangan!

Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama.



LATIHAN HARI INI

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 64-65. 

Untuk lembar kerjanya silahkan KLIK DI SINI

Kalian bisa lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di link berikut ini yaa....Jangan lupa hasilnya kirimkan ke WA ibu guru yaa… Semangat! Selamat mengerjakan! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb







 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar