Electricity Lightning

Senin, 13 Oktober 2025

RANGKUMAN DAN LATIHAN PERSIAPAN STS BAHASA INDONESIA KELAS 3

BAHASA INDONESIA

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

🗣️Berbicara Sopan dan Santun

Mengapa Harus Sopan?

  • ✅ Membuat orang lain merasa dihargai
  • ✅ Menunjukkan budi pekerti yang baik
  • ✅ Membuat komunikasi lebih menyenangkan
  • ✅ Mencerminkan pendidikan yang baik

Ungkapan Sopan vs Tidak Sopan

Situasi❌ Tidak Sopan✅ Sopan
Meminta TolongCepat ambilkan bukuku!Tolong ambilkan bukuku, ya.
Bertanya WaktuJam berapa sih?Maaf, bolehkah saya tahu jam berapa sekarang?
Izin PulangSaya pulang dulu.Permisi, Pak. Bolehkah saya pulang?
Bertanya TempatDimana rumahmu?Di mana rumahmu?

🎮Permainan Tradisional

Contoh Permainan Tradisional:

🪨
Congklak
🪢
Lompat Tali
🎯
Gasing
Kelereng
🦘
Engklek
🥖
Egrang

💡 Kata Ajaib yang Sopan!

✨ Tolong - saat meminta bantuan

✨ Maaf - saat berbuat salah atau mengganggu

✨ Terima kasih - saat diberi sesuatu

✨ Permisi - saat minta izin

✨ Bolehkah - saat minta izin dengan sopan

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

💡Apa itu Ide Pokok?

Pengertian:

IDE POKOK adalah gagasan utama atau inti dari sebuah paragraf.

Disebut juga: Kalimat Utama / Gagasan Utama

IDE PENDUKUNG:

Kalimat-kalimat yang menjelaskan atau mendukung ide pokok.

Fungsi: Memperjelas ide pokok

🔍Cara Mencari Ide Pokok

Langkah-langkah:

  1. 📖 Baca seluruh paragraf dengan teliti
  2. 🤔 Cari kalimat yang paling umum
  3. ✅ Ide pokok biasanya di awal atau akhir paragraf
  4. ❓ Tanya: "Apa yang dibicarakan dalam paragraf ini?"

📝Contoh Mencari Ide Pokok

Paragraf:

"Burung sangat bermanfaat. Burung dapat memakan serangga. Burung juga bisa menjadi hiasan."

Analisis:

🔵 IDE POKOK: Burung sangat bermanfaat

🔸 IDE PENDUKUNG:

  • Burung dapat memakan serangga
  • Burung bisa menjadi hiasan

Paragraf:

"Nina adalah siswa yang sangat rajin di sekolah. Dia selalu datang ke sekolah tepat waktu. Nina juga tidak pernah lupa mengerjakan pekerjaan rumah."

Analisis:

🔵 IDE POKOK: Nina adalah siswa yang sangat rajin

🔸 IDE PENDUKUNG:

  • Selalu datang tepat waktu
  • Tidak pernah lupa mengerjakan PR

Paragraf:

"Rina sangat suka bermain di taman. Setiap pagi, dia berlari-lari kecil di sekitar taman. Sore hari, Rina suka duduk di bangku taman sambil membaca buku."

Analisis:

🔵 IDE POKOK: Rina sangat suka bermain di taman

🔸 IDE PENDUKUNG:

  • Berlari-lari di pagi hari
  • Duduk membaca buku di sore hari

📊Kesimpulan Bacaan

Apa itu Kesimpulan?

Kesimpulan adalah inti sari atau rangkuman dari keseluruhan bacaan.

Contoh:

Bacaan: "Ikan berenang di laut, ada yang besar ada yang kecil, ikan bermanfaat bagi manusia."

Kesimpulan: Ikan bermanfaat bagi manusia

💡 Trik Jitu!

🎯 Ide pokok = kalimat yang paling UMUM

🎯 Ide pendukung = kalimat yang lebih KHUSUS

🎯 Tanpa ide pendukung = paragraf kurang jelas!

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

📖Bagian-Bagian Cerita

🌅

AWAL

Berisi:

  • Perkenalan tokoh
  • Tempat cerita
  • Waktu cerita

TENGAH

Berisi:

  • Masalah yang dihadapi
  • Konflik/tantangan
  • Inti cerita
🌈

AKHIR

Berisi:

  • Penyelesaian masalah
  • Kesimpulan cerita
  • Pesan moral

📝Contoh Cerita Lengkap

🌅 AWAL:

Di sebuah desa, hiduplah seorang anak bernama Budi. Budi sangat suka bermain di taman.

⚡ TENGAH:

Suatu hari, Budi kehilangan bola favoritnya di semak-semak. Dia mencari ke mana-mana tapi tidak ketemu.

🌈 AKHIR:

Akhirnya, temannya Ani membantu mencari. Mereka menemukan bola itu di balik pohon. Budi belajar bahwa meminta bantuan teman itu penting.

📚Fakta vs Fiksi

FAKTA (Nyata)FIKSI (Khayalan)
✅ Peristiwa yang benar-benar terjadi
✅ Bisa dibuktikan

Contoh:
• Jakarta adalah ibu kota Indonesia
• Matahari terbit dari timur
• Manusia membutuhkan air
✨ Cerita hasil imajinasi
✨ Tidak benar-benar terjadi

Contoh:
• Naga bisa terbang dan menyemburkan api
• Putri tidur 100 tahun
• Kucing bisa berbicara

💡 Ingat Urutan Cerita!

📖 ATA = Awal → Tengah → Akhir

🎯 Tanpa akhir = cerita tidak jelas penyelesaiannya!

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

🔤Penggunaan Huruf Kapital

Huruf Kapital Digunakan Untuk:

  1. Awal Kalimat
    Contoh: Saya tinggal di Jakarta.
  2. Nama Orang
    Contoh: Nama saya Budi.
  3. Nama Tempat
    Contoh: Saya tinggal di Jakarta.
  4. Nama Hari & Bulan
    Contoh: Senin, Januari
  5. Kata dalam Tanda Kutip
    Contoh: Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."

✏️Latihan Perbaiki Kalimat

❌ Salah:

tina dan dea sedang bermain congklak

✅ Benar:

Tina dan Dea sedang bermain congklak.

❌ Salah:

saya tinggal di jakarta.

✅ Benar:

Saya tinggal di Jakarta.

❌ Salah:

ibu berkata "jangan lupa sarapan."

✅ Benar:

Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."

✍️Huruf Tegak Bersambung

Manfaat Menulis Tegak Bersambung:

  • ✅ Tulisan lebih rapi dan indah
  • ✅ Melatih kerapian menulis
  • ✅ Membuat tulisan konsisten
  • ✅ Melatih motorik halus tangan

💡 Trik Mudah!

🔤 3T = Tulisan Tegak Terbaca

📝 Huruf kapital untuk: Awal, Nama, Tempat, Ucapan = ANTU

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

📝Macam-Macam Tanda Baca

Tanda BacaNamaKegunaanContoh
.TitikMengakhiri kalimat beritaAku suka membaca buku.
?Tanda TanyaMengakhiri kalimat tanyaSiapa namamu?
!Tanda SeruKalimat perintah/seruanAyo kita bermain!
,KomaMemisahkan kata/kalimatIbu berkata, "Jangan lupa sarapan."
" "Tanda KutipMenandai ucapan langsung"Ayo kita bermain!" kata Budi.

Cara Menggunakan Tanda Kutip

✅ Benar:

Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."

"Ayo kita bermain!" kata Budi.

❌ Salah:

ibu berkata "jangan lupa sarapan."

"ayo kita bermain"! kata Budi.

💡 Tips Mengingat!

✅ Titik (.) untuk kalimat BERITA

✅ Tanya (?) untuk kalimat TANYA

✅ Seru (!) untuk kalimat PERINTAH/SERUAN

✅ Koma (,) sebelum ucapan langsung

✅ Kutip (" ") untuk ucapan orang atau judul buku/lagu/puisi


📚 50 SOAL LATIHAN PERSIAPAN STS BAHASA INDONESIA KELAS 3

A. PILIHAN GANDA (35 Soal)


Bagian 1: Tanda Baca dan Huruf Kapital (10 soal)

1. Perhatikan kalimat berikut: "Siapa nama adikmu___"

   Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah...

   a. Titik (.)

   b. Koma (,)

   c. Tanda tanya (?)

   d. Tanda seru (!)


2. Kalimat yang menggunakan tanda seru (!) dengan benar adalah...

   a. Wah, bunganya indah sekali!

   b. Kemarin aku pergi ke pasar!

   c. Namaku Rina!

   d. Aku suka membaca buku!


3. Penulisan kalimat yang benar adalah...

   a. budi pergi ke sekolah setiap hari.

   b. Budi pergi ke sekolah setiap hari.

   c. Budi Pergi Ke Sekolah Setiap Hari.

   d. budi Pergi ke Sekolah setiap hari.


4. Perhatikan kalimat berikut: "hari minggu lalu, andi pergi ke jakarta."

   Kata yang harus diberi huruf kapital adalah...

   a. hari, andi, jakarta

   b. Hari, minggu, andi, jakarta

   c. Hari, Minggu, Andi, Jakarta

   d. hari, Minggu, jakarta


5. Penulisan kalimat dengan tanda kutip yang BENAR adalah...

   a. "Ayo kita belajar!" kata Ibu.

   b. "ayo kita belajar" Kata Ibu!

   c. Ibu berkata "Ayo kita belajar"!

   d. Ibu berkata ayo kita belajar.


6. Ayah berkata___ "Jangan lupa merapikan tempat tidur."

   Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah...

   a. Titik (.)

   b. Koma (,)

   c. Tanda seru (!)

   d. Tanda tanya (?)


7. Kalimat yang penulisan huruf kapitalnya SALAH adalah...

   a. Saya tinggal di Bandung.

   b. Ibu pergi ke Pasar pada hari Senin.

   c. Kami belajar Bahasa Indonesia.

   d. adik bermain di taman.


8. Tanda baca yang digunakan untuk mengakhiri kalimat berita adalah...

   a. Tanda seru (!)

   b. Tanda tanya (?)

   c. Titik (.)

   d. Koma (,)


9. Perhatikan kalimat: "nina dan dita sedang bermain bola"

   Perbaikan yang tepat adalah...

   a. Nina dan Dita sedang bermain bola

   b. Nina dan dita sedang bermain bola.

   c. Nina dan Dita sedang bermain bola.

   d. nina dan Dita sedang bermain bola.


10. Huruf kapital TIDAK digunakan untuk...

    a. Awal kalimat

    b. Nama orang

    c. Kata di tengah kalimat biasa

    d. Nama tempat


Bagian 2: Struktur dan Unsur Cerita (8 soal)

11. Bagian awal cerita biasanya berisi...

    a. Masalah yang dihadapi tokoh

    b. Penyelesaian masalah

    c. Perkenalan tokoh, tempat, dan waktu

    d. Pesan moral cerita


12. Rani kehilangan kucingnya. Dia mencari ke mana-mana. Akhirnya Rani menemukan kucingnya di bawah tempat tidur.

    

    Kalimat yang menunjukkan bagian tengah cerita adalah...

    a. Rani kehilangan kucingnya

    b. Dia mencari ke mana-mana

    c. Akhirnya Rani menemukan kucingnya

    d. Di bawah tempat tidur


13. Urutan struktur cerita yang benar adalah...

    a. Tengah - Awal - Akhir

    b. Akhir - Awal - Tengah

    c. Awal - Tengah - Akhir

    d. Awal - Akhir - Tengah


14. Bagian akhir cerita berfungsi untuk...

    a. Memperkenalkan tokoh baru

    b. Menambah masalah baru

    c. Menyelesaikan masalah

    d. Memulai cerita baru


15. Perhatikan cerita berikut:

    "Pada suatu pagi, Budi bangun kesiangan. Dia terlambat ke sekolah. Ibu guru memarahinya. Sejak itu, Budi selalu bangun pagi."

    

    Pesan moral dari cerita tersebut adalah...

    a. Jangan pernah ke sekolah

    b. Bangun pagi itu penting agar tidak terlambat

    c. Guru itu galak

    d. Sekolah terlalu pagi


16. Cerita yang berisi peristiwa yang benar-benar terjadi disebut...

    a. Fiksi

    b. Fakta

    c. Dongeng

    d. Legenda


17. Kalimat yang termasuk FAKTA adalah...

    a. Naga dapat menyemburkan api

    b. Putri tidur selama 100 tahun

    c. Matahari terbit dari timur

    d. Peri memiliki tongkat ajaib


18. Jika cerita tidak memiliki bagian akhir, maka...

    a. Cerita tetap jelas

    b. Kita tidak tahu penyelesaian masalahnya

    c. Cerita lebih menarik

    d. Tidak ada masalah


---


Bagian 3: Ide Pokok dan Ide Pendukung (9 soal)

19. Paragraf berikut untuk soal nomor 19-20:

    "Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu. Kucing suka bermain bola benang. Kucing juga suka tidur di tempat yang hangat. Banyak orang memelihara kucing di rumah."

    Ide pokok paragraf tersebut adalah...

    a. Kucing suka bermain bola benang

    b. Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu

    c. Kucing suka tidur

    d. Banyak orang memelihara kucing


20. Yang termasuk ide pendukung dari paragraf di atas adalah...

    a. Kucing adalah hewan buas

    b. Kucing suka bermain bola benang

    c. Kucing tidak lucu

    d. Kucing tinggal di hutan


21. Ide pokok disebut juga...

    a. Kalimat penjelas

    b. Kalimat utama

    c. Kalimat penutup

    d. Kalimat pembuka


22. Fungsi ide pendukung adalah...

    a. Membuat paragraf lebih panjang saja

    b. Menjelaskan atau memperjelas ide pokok

    c. Mengaburkan ide pokok

    d. Tidak ada fungsinya


23. Paragraf berikut untuk soal nomor 23-24:

    "Sekolah kami sangat bersih dan rapi. Setiap hari siswa piket membersihkan kelas. Halaman sekolah juga dipenuhi tanaman hijau. Toilet sekolah selalu terjaga kebersihannya."

    Ide pokok paragraf adalah...

    a. Siswa piket setiap hari

    b. Sekolah kami sangat bersih dan rapi

    c. Halaman penuh tanaman

    d. Toilet selalu bersih


24. Ide pendukung yang memperkuat ide pokok adalah...

    a. Sekolah kami jauh dari rumah

    b. Siswa piket membersihkan kelas setiap hari

    c. Guru kami baik hati

    d. Sekolah kami besar


25. Jika paragraf tidak memiliki ide pendukung, maka...

    a. Paragraf lebih jelas

    b. Paragraf kurang jelas dan detail

    c. Paragraf lebih menarik

    d. Tidak ada masalah


26. "Andi adalah anak yang rajin. Dia selalu mengerjakan PR. Dia juga membantu orang tua."

    Berapa ide pendukung dalam paragraf tersebut?

    a. 1

    b. 2

    c. 3

    d. 4


27. Cara menemukan ide pokok adalah...

    a. Membaca cepat tanpa memahami

    b. Membaca dengan teliti dan mencari kalimat paling umum

    c. Hanya membaca judul

    d. Melihat gambar saja


Bagian 4: Bahasa Sopan dan Permainan Tradisional (5 soal)

28. Ungkapan yang PALING sopan saat meminta bantuan adalah...

    a. Hei, tolong aku!

    b. Cepat bantu aku!

    c. Maaf, bisakah kamu membantu saya?

    d. Kamu harus bantu aku sekarang!


29. Saat ingin izin ke kamar mandi kepada guru, ucapan yang sopan adalah...

    a. Bu, saya mau ke toilet.

    b. Permisi, Bu. Bolehkah saya ke kamar mandi?

    c. Saya pergi dulu ya, Bu.

    d. Bu, saya harus pergi sekarang.


30. Permainan berikut yang termasuk permainan tradisional adalah...

    a. Game online dan play station

    b. Congklak dan lompat tali

    c. Video game dan komputer

    d. Tablet dan smartphone


31. Ketika tidak sengaja menabrak teman, kita harus mengucapkan...

    a. Salahmu sendiri

    b. Kamu harusnya minggir

    c. Maaf, saya tidak sengaja

    d. Biasa saja


32. Berbicara dengan sopan membuat orang lain merasa...

    a. Takut

    b. Dihargai dan senang

    c. Marah

    d. Bingung


Bagian 3: Menulis dan Membaca (3 soal)

33. Menulis huruf tegak bersambung bermanfaat untuk...

    a. Melatih kerapian dan keindahan tulisan

    b. Membuat tulisan lebih sulit dibaca

    c. Menghabiskan waktu

    d. Membuat tulisan lebih pendek


34. Saat membaca cerita, kita harus...

    a. Membaca cepat tanpa memahami

    b. Membaca dengan teliti dan memahami isi

    c. Hanya melihat gambar

    d. Melewati bagian-bagian penting


35. Manfaat membaca cerita adalah...

    a. Menghabiskan waktu saja

    b. Membuat mata lelah

    c. Menambah pengetahuan dan kosakata

    d. Tidak ada manfaatnya


B. ISIAN SINGKAT (10 Soal)

Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!


1. Tanda baca untuk mengakhiri kalimat tanya adalah ____________.

2. Huruf kapital digunakan untuk awal kalimat, nama orang, nama tempat, dan ____________.

3. Bagian cerita yang berisi perkenalan tokoh, tempat, dan waktu disebut bagian ____________.

4. Kalimat utama dalam sebuah paragraf disebut juga ____________.

5. Cerita yang berisi peristiwa nyata disebut ____________, sedangkan cerita hasil imajinasi disebut ____________.

6. Congklak, engklek, dan gasing termasuk permainan ____________.

7. Tulisan sambung yang rapi dan indah disebut huruf ____________.

8. Kata yang digunakan untuk meminta maaf adalah ____________.

9. Bagian akhir cerita berisi ____________ masalah.

10. Ide pendukung berfungsi untuk ____________ ide pokok.


C. ESAI (5 Soal)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan lengkap!

1. Perbaiki penulisan kalimat berikut dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat!

"hari selasa kemarin budi dan ani pergi ke museum lampung mereka melihat benda-benda bersejarah ibu guru berkata jangan menyentuh benda-benda di museum"


2. Bacalah paragraf berikut dengan teliti!

"Ayahku adalah seorang dokter. Setiap hari ayah pergi ke rumah sakit untuk bekerja. Ayah sangat sabar dalam merawat pasien. Banyak orang yang berterima kasih kepada ayah. Ayah juga sering memberikan pengobatan gratis untuk orang yang tidak mampu."

Pertanyaan:

a) Apa ide pokok dari paragraf di atas?

b) Sebutkan 3 ide pendukung!

c) Apa kesimpulan yang dapat diambil dari paragraf tersebut?


3. Buatlah sebuah cerita pendek yang memiliki struktur lengkap (awal, tengah, dan akhir) dengan tema "Menolong Teman"!

Petunjuk:

- Awal: Perkenalan tokoh dan situasi

- Tengah: Masalah yang terjadi

- Akhir: Penyelesaian dan pesan moral


4. Tuliskan 2 kalimat untuk setiap situasi berikut dengan bahasa yang sopan!

a) Meminta tolong kepada kakak untuk mengambilkan buku

b) Meminta izin kepada ibu untuk bermain di luar

c) Berterima kasih kepada teman yang telah meminjamkan penghapus


5. Jelaskan perbedaan antara fakta dan fiksi! Berikan masing-masing 3 contoh kalimat!**



KUNCI JAWABAN


A. PILIHAN GANDA (1-35)

1. **C** - Tanda tanya (?)

2. **A** - Wah, bunganya indah sekali!

3. **B** - Budi pergi ke sekolah setiap hari.

4. **C** - Hari, Minggu, Andi, Jakarta

5. **A** - "Ayo kita belajar!" kata Ibu.

6. **B** - Koma (,)

7. **D** - adik bermain di taman. (harusnya: Adik bermain di taman.)

8. **C** - Titik (.)

9. **C** - Nina dan Dita sedang bermain bola.

10. **C** - Kata di tengah kalimat biasa

11. **C** - Perkenalan tokoh, tempat, dan waktu

12. **B** - Dia mencari ke mana-mana

13. **C** - Awal - Tengah - Akhir

14. **C** - Menyelesaikan masalah

15. **B** - Bangun pagi itu penting agar tidak terlambat

16. **B** - Fakta

17. **C** - Matahari terbit dari timur

18. **B** - Kita tidak tahu penyelesaian masalahnya

19. **B** - Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu

20. **B** - Kucing suka bermain bola benang

21. **B** - Kalimat utama

22. **B** - Menjelaskan atau memperjelas ide pokok

23. **B** - Sekolah kami sangat bersih dan rapi

24. **B** - Siswa piket membersihkan kelas setiap hari

25. **B** - Paragraf kurang jelas dan detail

26. **B** - 2 (mengerjakan PR, membantu orang tua)

27. **B** - Membaca dengan teliti dan mencari kalimat paling umum

28. **C** - Maaf, bisakah kamu membantu saya?

29. **B** - Permisi, Bu. Bolehkah saya ke kamar mandi?

30. **B** - Congklak dan lompat tali

31. **C** - Maaf, saya tidak sengaja

32. **B** - Dihargai dan senang

33. **A** - Melatih kerapian dan keindahan tulisan

34. **B** - Membaca dengan teliti dan memahami isi

35. **C** - Menambah pengetahuan dan kosakata


B. ISIAN SINGKAT (1-10)

1. tanda tanya (?)

2. nama hari / nama bulan / kata pertama dalam tanda kutip

   (salah satu jawaban diterima)

3. awal

4. ide pokok / gagasan utama / kalimat utama

   (salah satu jawaban diterima

5. fakta, fiksi

6. tradisional

7. tegak bersambung

8. maaf

9. penyelesaian

10. menjelaskan / memperjelas / mendukung

    (salah satu jawaban diterima)


C. ESAI (1-5)


Soal 1: Perbaikan Kalimat

Jawaban yang benar:

"Hari Selasa kemarin, Budi dan Ani pergi ke Museum Lampung. Mereka melihat benda-benda bersejarah. Ibu guru berkata, "Jangan menyentuh benda-benda di museum.""


Penjelasan perbaikan:

- Hari Selasa - huruf kapital untuk hari

- Budi dan Ani - huruf kapital untuk nama orang

- Museum Lampung - huruf kapital untuk nama tempat

- Ditambah koma (,) setelah "kemarin"

- Ditambah titik (.) di akhir kalimat pertama

- Ditambah koma (,) sebelum tanda kutip

- "Jangan- huruf kapital di awal kalimat dalam tanda kutip

- Ditambah tanda kutip untuk ucapan langsung

- Ditambah titik (.)" di akhir


Soal 2: Mencari Ide Pokok dan Pendukung

Jawaban:

a) Ide Pokok:

"Ayahku adalah seorang dokter" atau "Ayah adalah dokter yang baik dan peduli"


b) Ide Pendukung (minimal 3):

1. Setiap hari ayah pergi ke rumah sakit untuk bekerja

2. Ayah sangat sabar dalam merawat pasien

3. Banyak orang yang berterima kasih kepada ayah

4. Ayah sering memberikan pengobatan gratis untuk orang tidak mampu


c) Kesimpulan:

Ayah adalah dokter yang tidak hanya pandai, tetapi juga sabar dan peduli terhadap pasien, terutama orang yang tidak mampu. Ayah patut menjadi teladan.



Soal 3: Membuat Cerita Pendek

Contoh Jawaban:

Judul: Menolong Teman yang Terjatuh

AWAL:

Di suatu pagi yang cerah, Rina dan Dina sedang bermain di halaman sekolah saat istirahat. Mereka sangat senang berlari-larian bersama teman-teman yang lain.


TENGAH:

Tiba-tiba, Dina tersandung batu dan terjatuh. Lututnya terluka dan berdarah. Dina menangis kesakitan. Beberapa teman hanya melihat saja dari kejauhan.


AKHIR:

Rina segera menghampiri Dina. Dia membantu Dina berdiri dan mengantarnya ke UKS. Petugas UKS membersihkan dan mengobati luka Dina. Dina sangat berterima kasih kepada Rina. Sejak saat itu, persahabatan mereka semakin erat.


Pesan Moral:

Kita harus selalu menolong teman yang sedang kesusahan. Persahabatan akan semakin kuat jika kita saling membantu.


Soal 4: Kalimat Sopa

Jawaban:


a) Meminta tolong kepada kakak:

- "Kak, tolong ambilkan buku saya yang ada di meja, ya."

- "Maaf mengganggu, Kak. Bisakah kakak mengambilkan buku saya?"


b) Meminta izin kepada ibu:

- "Bu, bolehkah saya bermain di luar sebentar?"

- "Permisi, Bu. Saya minta izin bermain di halaman."


c) Berterima kasih kepada teman:

- "Terima kasih banyak sudah meminjamkan penghapus."

- "Aku sangat berterima kasih kamu mau meminjamkan penghapusmu."


Soal 5: Fakta dan Fiksi

Jawaban:

FAKTA:

Fakta adalah kalimat yang berisi kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Contoh kalimat fakta:

1. Matahari terbit dari arah timur dan tenggelam di barat.

2. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau.

3. Air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius.


FIKSI:

Fiksi adalah kalimat yang berisi cerita hasil imajinasi atau khayalan yang tidak benar-benar terjadi.

Contoh kalimat fiksi:

1. Naga dapat terbang dan menyemburkan api dari mulutnya.

2. Putri Salju tidur selama 100 tahun karena makan apel beracun.

3. Peri memiliki tongkat ajaib yang dapat mengabulkan permintaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar