PANCASILA
🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3
Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨
👋 Identitas Diri
Apa itu Identitas Diri?
Identitas diri adalah ciri-ciri atau data yang menunjukkan siapa diri kita.
Yang Disebutkan Saat Berkenalan:
- ✅ Nama lengkap
- ✅ Umur/Tanggal lahir
- ✅ Tempat tinggal/Daerah asal
- ✅ Hobi (opsional)
Jenis Identitas:
Jenis | Contoh |
---|---|
Identitas Fisik | Tinggi, berat badan, warna kulit |
Identitas Pribadi | Nama, tanggal lahir, tempat lahir |
Identitas Sosial | Suku bangsa, agama, bahasa |
Identitas Psikologis | Minat, hobi, perilaku |
📄 Dokumen Identitas
Bukti seseorang telah lahir
Identitas resmi anak
Identitas siswa
💡 Tips Berkenalan!
✅ Sapa dengan ramah dan tersenyum
✅ Sebutkan nama dan asal dengan jelas
✅ Gunakan Bahasa Indonesia yang
🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3
Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨
🤝 Keragaman di Indonesia
Apa itu Keragaman?
Keragaman adalah perbedaan yang ada di masyarakat, seperti suku, agama, bahasa, dan budaya.
Jenis Keragaman:
Jenis | Contoh |
---|---|
Suku Bangsa | Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bugis |
Agama | Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha |
Bahasa | Bahasa Jawa, Sunda, Batak |
Budaya | Tarian, musik, rumah adat, pakaian adat |
❤️ Sikap Menghargai Keragaman
✅ Sikap BENAR:
- Menghargai dan menghormati perbedaan
- Berteman dengan siapa saja
- Membantu teman meski berbeda agama/suku
- Menjaga keamanan saat kegiatan keagamaan
- Menggunakan Bahasa Indonesia
- Melestarikan budaya bersama
❌ Sikap SALAH:
- Hanya berteman dengan yang seagama/sesuku
- Mengejek teman yang berbeda
- Mengganggu teman saat beribadah
- Merendahkan budaya daerah lain
💡 Semboyan Indonesia!
"BHINNEKA TUNGGAL IKA"
Berbeda-beda tetapi tetap Satu Jua
🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3
Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨
🏛️ Kekayaan Budaya Indonesia
Suku Bangsa dan Asalnya:
Pulau | Suku Bangsa |
---|---|
Sumatra | Aceh, Minangkabau, Batak, Lampung |
Jawa | Jawa, Sunda, Badui, Betawi |
Kalimantan | Dayak, Banjar |
Sulawesi | Bugis, Makassar, Toraja |
Papua | Asmat, Dani |
🏠 Rumah Adat
Lampung
Sumatra Barat
Jawa Tengah
Papua
Toraja
🎭 Cara Melestarikan Budaya
- Mempelajari tarian dan lagu daerah
- Mengunjungi museum budaya
- Menjaga dan merawat warisan budaya
- Mendokumentasikan dengan foto/video
- Menghargai budaya dari daerah
🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3
Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨
🏘️ Struktur Pemerintahan
🌄 Jenis Wilayah Tempat Tinggal
🏙️ Perkotaan
- Pusat perekonomian
- Kepadatan penduduk tinggi
- Banyak bangunan tinggi
🌾 Pedesaan
- Suasana tenang
- Banyak lahan pertanian
- Mata pencaharian: petani
🏖️ Pesisir
- Dekat dengan laut
- Mata pencaharian: nelayan
- Banyak perahu
⛰️ Pegunungan
- Suhu udara dingin
- Pemandangan indah
- Mata pencaharian: petani sayur
💡 Fakta Indonesia!
✅ Indonesia punya sekitar 17.000 pulau
✅ Dari Sabang sampai Merauke
✅ Negara Kepulauan dan
🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3
Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨
🗺️ Mengenal Peta dan Denah
Apa itu Denah?
Denah adalah gambar yang menunjukkan letak suatu tempat atau jalan.
🧭 Mata Angin
Ingat: Mata angin atas = UTARA
🏥 Fasilitas Umum
💡 Tips Membaca Denah!
✅ Cari mata angin dulu
✅ Cari posisi kita sekarang
✅ Cari tempat tujuan
✅ Lihat jalan penghubung
50 SOAL LATIHAN PERSIAPAN STS PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 3
A. PILIHAN GANDA (35 Soal)
Bagian 1: Identitas Diri dan Berkenalan (7 soal)
1. Saat pertama kali datang ke sekolah baru, hal yang sebaiknya dilakukan Ahmad agar cepat mendapat teman adalah...
a. Mengunci diri di dalam kelas
b. Memperkenalkan diri dengan ramah kepada teman-teman baru
c. Menunggu sampai ada yang menyapa duluan
d. Berdiam diri di pojok kelas
2. Ketika berkenalan dengan teman baru, Dina menyebutkan nama, usia, dan tempat tinggalnya. Bahasa yang paling tepat digunakan Dina adalah...
a. Bahasa daerah saja
b. Bahasa campuran
c. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
d. Bahasa gaul
3. Identitas yang menunjukkan suku bangsa, agama, dan bahasa yang digunakan seseorang termasuk jenis identitas...
a. Identitas fisik
b. Identitas pribadi
c. Identitas sosial
d. Identitas psikologis
4. Dokumen resmi yang diberikan kepada anak usia 0-17 tahun sebagai identitas adalah...
a. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
b. Kartu Identitas Anak (KIA)
c. Surat Izin Mengemudi (SIM)
d. Kartu Keluarga (KK)
5. Manfaat memiliki banyak teman dari berbagai daerah adalah...
a. Bisa pamer kepada orang lain
b. Dapat menambah wawasan tentang budaya yang berbeda
c. Agar terlihat populer di sekolah
d. Supaya tidak perlu belajar
6. Dokumen yang menjadi bukti sah bahwa seseorang telah dilahirkan adalah...
a. Ijazah sekolah
b. Kartu pelajar
c. Akta kelahiran
d. Buku rapor
7. Yang termasuk identitas pribadi adalah...
a. Suku bangsa dan agama
b. Nama lengkap dan tanggal lahir
c. Hobi dan minat
d. Tinggi dan berat badan
Bagian 2: Keragaman dan Sikap Toleransi (8 soal)
8. Perhatikan sikap-sikap berikut:
1) Lisa berteman hanya dengan yang seagama
2) Arif membantu Budi menjelaskan pelajaran meski berbeda suku
3) Tina mengejek aksen bicara temannya dari daerah lain
4) Riko berbagi makanan dengan semua teman tanpa pilih-pilih
Sikap yang mencerminkan toleransi ditunjukkan nomor...
a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 3 dan 4
d. 1 dan 3
9. Indonesia memiliki semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya...
a. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
b. Berbeda-beda tetapi tetap satu
c. Satu nusa, satu bangsa
d. Indonesia tanah airku
10. Contoh sikap yang TIDAK menghargai keragaman agama adalah...
a. Ikut menjaga ketenangan saat tetangga beribadah
b. Menghormati hari raya agama lain
c. Ribut dan berisik saat ada kegiatan keagamaan
d. Berteman dengan semua orang tanpa melihat agamanya
11. Ketika bermain dengan teman yang berasal dari daerah berbeda, sebaiknya kita...
a. Memaksakan bahasa daerah kita
b. Menggunakan bahasa Indonesia agar semua mengerti
c. Tidak perlu berkomunikasi
d. Hanya berbicara dengan yang sedaerah
12. Sikap yang tepat terhadap perbedaan budaya di Indonesia adalah...
a. Menganggap budaya sendiri paling baik
b. Tidak peduli dengan budaya daerah lain
c. Menghargai dan ikut melestarikan semua budaya
d. Hanya mempelajari budaya daerah sendiri
13. Maya memiliki teman yang merayakan hari raya berbeda dengannya. Sikap Maya yang benar adalah...
a. Tidak ikut senang karena bukan hari rayanya
b. Turut mengucapkan selamat dan menghormati
c. Mengejek perayaan yang berbeda
d. Melarang temannya merayakan
14. Manfaat dari keragaman budaya di Indonesia adalah...
a. Membuat Indonesia terpecah belah
b. Menyebabkan konflik antar daerah
c. Memperkaya budaya bangsa dan mempererat persatuan
d. Tidak ada manfaatnya
15. Contoh sikap bersatu dalam keragaman di sekolah adalah...
a. Membentuk kelompok hanya dengan yang sesuku
b. Mengerjakan tugas kelompok bersama teman dari berbagai daerah
c. Menolak duduk dengan yang berbeda agama
d. Hanya mau bermain dengan yang satu daerah
Bagian 3: Suku Bangsa dan Budaya Indonesia (8 soal)
16. Suku Minangkabau, Batak, dan Aceh berasal dari pulau...
a. Jawa
b. Sumatra
c. Kalimantan
d. Sulawesi
17. Suku Jawa, Sunda, dan Betawi dapat ditemukan di pulau...
a. Sumatra
b. Jawa
c. Bali
d. Papua
18. Suku yang terkenal dengan rumah panggungnya yang berukiran indah dan berasal dari Kalimantan adalah...
a. Suku Minangkabau
b. Suku Asmat
c. Suku Dayak
d. Suku Bugis
19. Rumah adat dengan atap melengkung seperti tanduk kerbau yang berasal dari Sumatra Barat adalah...
a. Rumah Honai
b. Rumah Gadang
c. Rumah Tongkonan
d. Rumah Joglo
20. Rumah adat Honai yang berbentuk seperti jamur berasal dari...
a. Lampung
b. Bali
c. Papua
d. Jawa
21. Nuwou Sesat adalah nama rumah adat dari provinsi...
a. Lampung
b. Sumatra Utara
c. Jawa Barat
d. Sulawesi Selatan
22. Cara melestarikan budaya daerah yang dapat kita lakukan sebagai pelajar adalah...
a. Hanya mempelajari budaya daerah sendiri
b. Membiarkan budaya daerah punah dengan sendirinya
c. Mempelajari tarian dan lagu daerah dari berbagai daerah
d. Tidak perlu peduli dengan budaya lama
23. Suku Bugis, Makassar, dan Toraja berasal dari pulau...
a. Jawa
b. Sumatra
c. Sulawesi
d. Kalimantan
Bagian 4: Struktur Pemerintahan (6 soal)
24. Urutan struktur pemerintahan yang benar dari yang terkecil adalah...
a. RT - RW - Kecamatan - Desa
b. KK - RT - RW - Desa
c. RW - RT - KK - Desa
d. Desa - RT - RW - Kecamatan
25. Kumpulan dari beberapa Kepala Keluarga (KK) yang tinggal berdekatan akan membentuk...
a. Rukun Warga (RW)
b. Rukun Tetangga (RT)
c. Kelurahan
d. Kecamatan
26. Beberapa Rukun Tetangga (RT) yang bersatu akan membentuk...
a. Kelurahan
b. Rukun Warga (RW)
c. Kecamatan
d. Kabupaten
27. Tingkatan pemerintahan yang terbentuk dari kumpulan beberapa Desa atau Kelurahan adalah...
a. RT
b. RW
c. Kecamatan
d. Provinsi
28. Pak Joko tinggal di lingkungan yang dipimpin oleh Pak RT. Setiap minggu mereka mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan. Kegiatan ini menunjukkan nilai...
a. Persaingan
b. Individualisme
c. Gotong royong
d. Acuh tak acuh
29. Kumpulan dari beberapa Kecamatan akan membentuk...
a. Provinsi
b. Kabupaten atau Kota
c. Desa
d. Negara
Bagian 5: Jenis Wilayah Tempat Tinggal (6 soal)
30. Ciri-ciri wilayah perkotaan adalah...
a. Banyak sawah dan kebun
b. Penduduk sedikit dan suasana tenang
c. Banyak gedung tinggi dan kepadatan penduduk tinggi
d. Mata pencaharian utama adalah petani
31. Karakteristik wilayah pedesaan yang tepat adalah...
a. Jalan semua beraspal dan ramai kendaraan
b. Suasana tenang dengan banyak lahan pertanian
c. Sebagai pusat pemerintahan
d. Tidak ada pohon dan tanaman
32. Wilayah yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan adalah...
a. Pegunungan
b. Perkotaan
c. Pesisir atau pantai
d. Dataran tinggi
33. Budi tinggal di daerah yang memiliki suhu udara dingin dan pemandangan indah. Ayahnya bekerja sebagai petani sayuran. Budi tinggal di wilayah...
a. Pantai
b. Pegunungan atau dataran tinggi
c. Pedesaan di dataran rendah
d. Perkotaan
34. Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, sehingga Indonesia disebut negara...
a. Agraris
b. Industri
c. Kepulauan atau Maritim
d. Berkembang
35. Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena...
a. Memiliki banyak pabrik
b. Memiliki lahan pertanian yang luas dan subur
c. Memiliki banyak gedung tinggi
d. Memiliki banyak kapal laut
B. ISIAN SINGKAT (10 Soal)
Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!
1. Ketika berkenalan dengan teman baru, kita harus menyebutkan ____________, ____________, dan ____________.
2. Sikap menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di masyarakat disebut ____________.
3. Semboyan Indonesia "Bhinneka Tunggal Ika" artinya ____________.
4. Suku Dayak dan Banjar berasal dari pulau ____________.
5. Rumah adat yang berasal dari Sumatra Barat dan atapnya melengkung seperti tanduk kerbau adalah ____________.
6. Urutan struktur pemerintahan dari terkecil adalah: Keluarga (KK) → ____________ → ____________ → Desa/Kelurahan.
7. Kumpulan dari beberapa Desa atau Kelurahan dalam suatu wilayah disebut ____________.
8. Wilayah yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan disebut wilayah ____________.
9. Pada denah atau peta, mata angin yang ada di bagian atas selalu menunjukkan arah ____________.
10. Dokumen identitas yang membuktikan bahwa seseorang telah lahir adalah ____________.
---
C. ESAI (5 Soal)
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan lengkap!
1. Mengapa penting bagi seorang anak untuk mengetahui identitas diri dan alamat rumahnya secara lengkap? Sebutkan minimal 3 alasan!
2. Perhatikan cerita berikut:
"Di kelas 3A, terdapat siswa dari berbagai daerah. Ada yang berasal dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Papua. Mereka memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Namun, mereka selalu kompak dan saling membantu."
Pertanyaan:
a) Sikap apa yang harus dimiliki siswa-siswa tersebut agar tetap rukun?
b) Mengapa keragaman budaya harus dijaga dan dilestarikan?
3. Jelaskan perbedaan antara wilayah perkotaan dan wilayah pedesaan! Tuliskan minimal 3 perbedaan dalam bentuk tabel!
4. Sebutkan dan jelaskan urutan struktur pemerintahan dari yang terkecil hingga terbesar! (Minimal 5 tingkatan)**
5. Perhatikan situasi berikut:
"Keluarga Sinta baru saja pindah ke daerah baru. Sinta belum mengenal jalan dan tempat-tempat penting di sekitar rumahnya. Suatu hari, Sinta disuruh membeli sesuatu ke toko tapi dia tidak tahu jalan."
Pertanyaan:
a) Apa yang sebaiknya dilakukan Sinta?
b) Sebutkan 3 manfaat jika kita mengenal lingkungan tempat tinggal dengan baik!
KUNCI JAWABAN
A. PILIHAN GANDA (1-35)
1. **B** - Memperkenalkan diri dengan ramah kepada teman-teman baru
2. **C** - Bahasa Indonesia yang baik dan benar
3. **C** - Identitas sosial
4. **B** - Kartu Identitas Anak (KIA)
5. **B** - Dapat menambah wawasan tentang budaya yang berbeda
6. **C** - Akta kelahiran
7. **B** - Nama lengkap dan tanggal lahir
8. **B** - 2 dan 4
9. **B** - Berbeda-beda tetapi tetap satu
10. **C** - Ribut dan berisik saat ada kegiatan keagamaan
11. **B** - Menggunakan bahasa Indonesia agar semua mengerti
12. **C** - Menghargai dan ikut melestarikan semua budaya
13. **B** - Turut mengucapkan selamat dan menghormati
14. **C** - Memperkaya budaya bangsa dan mempererat persatuan
15. **B** - Mengerjakan tugas kelompok bersama teman dari berbagai daerah
16. **B** - Sumatra
17. **B** - Jawa
18. **C** - Suku Dayak
19. **B** - Rumah Gadang
20. **C** - Papua
21. **A** - Lampung
22. **C** - Mempelajari tarian dan lagu daerah dari berbagai daerah
23. **C** - Sulawesi
24. **B** - KK - RT - RW - Desa
25. **B** - Rukun Tetangga (RT)
26. **B** - Rukun Warga (RW)
27. **C** - Kecamatan
28. **C** - Gotong royong
29. **B** - Kabupaten atau Kota
30. **C** - Banyak gedung tinggi dan kepadatan penduduk tinggi
31. **B** - Suasana tenang dengan banyak lahan pertanian
32. **C** - Pesisir atau pantai
33. **B** - Pegunungan atau dataran tinggi
34. **C** - Kepulauan atau Maritim
35. **B** - Memiliki lahan pertanian yang luas dan subur
-B. ISIAN SINGKAT (1-10)
1. nama, umur/tanggal lahir, tempat tinggal/daerah asal
(atau variasi: nama, usia, alamat)
2. toleransi (atau: sikap menghargai/menghormati)
3. berbeda-beda tetapi tetap satu
4. Kalimantan
5. Rumah Gadang
6. RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga)
7. Kecamatan
8. pesisir / pantai
9. Utara
10. Akta Kelahiran
C. ESAI (1-5)
Soal 1: Pentingnya Mengetahui Identitas Diri
Jawaban:
Penting bagi anak mengetahui identitas diri dan alamat rumah karena:
1. Untuk keamanan - Jika tersesat, anak bisa memberitahu orang dewasa alamat rumahnya sehingga bisa pulang dengan selamat
2. Memudahkan komunikasi - Jika terjadi sesuatu (kecelakaan/kehilangan), orang lain bisa menghubungi keluarga dengan cepat
3. Keperluan administrasi - Identitas diperlukan untuk mendaftar sekolah, berobat, atau keperluan resmi lainnya
4. Menunjukkan jati diri - Identitas menunjukkan siapa kita dan dari mana kita berasal
5. Membangun kepercayaan diri- Anak yang mengenal identitas dirinya akan lebih percaya diri
Soal 2: Keragaman di Kelas
Jawaban:
a) Sikap yang harus dimiliki:
- Sikap toleransi (menghargai dan menghormati perbedaan)
- Sikap saling membantu tanpa membeda-bedakan
- Sikap terbuka untuk belajar budaya lain
- Tidak mengejek atau merendahkan budaya/bahasa daerah lain
- Menggunakan Bahasa Indonesia saat berkomunikasi bersama
b) Mengapa keragaman harus dijaga:
- Keragaman adalah kekayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan
- Agar budaya tidak punah dan tetap dikenal generasi mendatang
- Untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa
- Membuat Indonesia unik dan berbeda dengan negara lain
- Sebagai identitas bangsa yang harus dijaga
Soal 3: Perbedaan Perkotaan dan Pedesaan
Jawaban:
Soal 4: Struktur Pemerintahan
Jawaban:
Urutan struktur pemerintahan dari yang terkecil hingga terbesar:
1. Keluarga (KK) / Kepala Keluarga
- Unit terkecil dalam masyarakat
- Terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak
2. RT (Rukun Tetangga)
- Kumpulan dari beberapa Kepala Keluarga (biasanya 10-20 KK)
- Dipimpin oleh Ketua RT
3. RW (Rukun Warga)
- Kumpulan dari beberapa RT (biasanya 5-10 RT)
- Dipimpin oleh Ketua RW
4. Desa / Kelurahan
- Kumpulan dari beberapa RW
- Dipimpin oleh Kepala Desa / Lurah
5. Kecamatan
- Kumpulan dari beberapa Desa atau Kelurahan
- Dipimpin oleh Camat
6. Kabupaten / Kota
- Kumpulan dari beberapa Kecamatan
- Dipimpin oleh Bupati (untuk Kabupaten) atau Walikota (untuk Kota)
7. Provinsi
- Kumpulan dari beberapa Kabupaten/Kota
- Dipimpin oleh Gubernur
Soal 5: Sinta di Daerah Baru
jawaban:
a) Yang sebaiknya dilakukan Sinta:
- Bertanya dengan sopan kepada orang dewasa di sekitar tentang arah ke toko
- Tenang dan tidak panik - jangan menangis atau teriak-teriak
- Bisa meminta tolong orang dewasa untuk mengantarkan
- Atau bisa menelepon orang tua untuk minta petunjuk jalan
- Sebaiknya tidak jalan sendirian saat belum hafal jalan
b) Manfaat mengenal lingkungan tempat tinggal:
1. Tidak mudah tersesat - Kita tahu jalan-jalan dan tempat penting di sekitar rumah
2. Menumbuhkan keberanian - Berani keluar rumah sendiri karena sudah mengenal daerah
3. Dapat membantu orang lain - Bisa memberitahu jalan kepada orang yang bertanya
4. Memudahkan mobilitas- Cepat sampai tujuan karena tahu jalan pintas
5. Keamanan - Tahu tempat-tempat aman dan bahaya di sekitar
6. Membuat orang tua tenang- Orang tua tidak khawatir saat anak bermain di luar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar