Electricity Lightning

Minggu, 12 Oktober 2025

RANGKUMAN DAN LATIHAN PERSIAPAN STS PANCASILA KELAS 3

 PANCASILA

🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3

Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨

👋 Identitas Diri

Apa itu Identitas Diri?

Identitas diri adalah ciri-ciri atau data yang menunjukkan siapa diri kita.

Yang Disebutkan Saat Berkenalan:

  • ✅ Nama lengkap
  • ✅ Umur/Tanggal lahir
  • ✅ Tempat tinggal/Daerah asal
  • ✅ Hobi (opsional)

Jenis Identitas:

JenisContoh
Identitas FisikTinggi, berat badan, warna kulit
Identitas PribadiNama, tanggal lahir, tempat lahir
Identitas SosialSuku bangsa, agama, bahasa
Identitas PsikologisMinat, hobi, perilaku

📄 Dokumen Identitas

📋
Akta Kelahiran

Bukti seseorang telah lahir

🪪
Kartu Identitas Anak

Identitas resmi anak

🎓
Kartu Pelajar

Identitas siswa

💡 Tips Berkenalan!

✅ Sapa dengan ramah dan tersenyum

✅ Sebutkan nama dan asal dengan jelas

✅ Gunakan Bahasa Indonesia yang 

🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3

Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨

🤝 Keragaman di Indonesia

Apa itu Keragaman?

Keragaman adalah perbedaan yang ada di masyarakat, seperti suku, agama, bahasa, dan budaya.

Jenis Keragaman:

JenisContoh
Suku BangsaJawa, Sunda, Batak, Minang, Bugis
AgamaIslam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha
BahasaBahasa Jawa, Sunda, Batak
BudayaTarian, musik, rumah adat, pakaian adat

❤️ Sikap Menghargai Keragaman

✅ Sikap BENAR:

  • Menghargai dan menghormati perbedaan
  • Berteman dengan siapa saja
  • Membantu teman meski berbeda agama/suku
  • Menjaga keamanan saat kegiatan keagamaan
  • Menggunakan Bahasa Indonesia
  • Melestarikan budaya bersama

❌ Sikap SALAH:

  • Hanya berteman dengan yang seagama/sesuku
  • Mengejek teman yang berbeda
  • Mengganggu teman saat beribadah
  • Merendahkan budaya daerah lain

💡 Semboyan Indonesia!

"BHINNEKA TUNGGAL IKA"
Berbeda-beda tetapi tetap Satu Jua

🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3

Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨

🏛️ Kekayaan Budaya Indonesia

Suku Bangsa dan Asalnya:

PulauSuku Bangsa
SumatraAceh, Minangkabau, Batak, Lampung
JawaJawa, Sunda, Badui, Betawi
KalimantanDayak, Banjar
SulawesiBugis, Makassar, Toraja
PapuaAsmat, Dani

🏠 Rumah Adat

🏠
Nuwou Sesat

Lampung

🏠
Rumah Gadang

Sumatra Barat

🏠
Joglo

Jawa Tengah

🏠
Honai

Papua

🏠
Tongkonan

Toraja

🎭 Cara Melestarikan Budaya

  • Mempelajari tarian dan lagu daerah
  • Mengunjungi museum budaya
  • Menjaga dan merawat warisan budaya
  • Mendokumentasikan dengan foto/video
  • Menghargai budaya dari daerah 

🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3

Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨

🏘️ Struktur Pemerintahan

👨‍👩‍👧‍👦 Keluarga (KK)
RT (Rukun Tetangga)
RW (Rukun Warga)
Desa / Kelurahan
Kecamatan
Kabupaten / Kota
Provinsi

🌄 Jenis Wilayah Tempat Tinggal

🏙️ Perkotaan

  • Pusat perekonomian
  • Kepadatan penduduk tinggi
  • Banyak bangunan tinggi

🌾 Pedesaan

  • Suasana tenang
  • Banyak lahan pertanian
  • Mata pencaharian: petani

🏖️ Pesisir

  • Dekat dengan laut
  • Mata pencaharian: nelayan
  • Banyak perahu

⛰️ Pegunungan

  • Suhu udara dingin
  • Pemandangan indah
  • Mata pencaharian: petani sayur

💡 Fakta Indonesia!

✅ Indonesia punya sekitar 17.000 pulau

✅ Dari Sabang sampai Merauke

✅ Negara Kepulauan dan 

🇮🇩 Rangkuman STS Pendidikan Pancasila Kelas 3

Belajar Cinta Tanah Air dengan Menyenangkan! ✨

🗺️ Mengenal Peta dan Denah

Apa itu Denah?

Denah adalah gambar yang menunjukkan letak suatu tempat atau jalan.

🧭 Mata Angin

⬆️ UTARA
⬅️ BARAT 🧭 TIMUR ➡️
⬇️ SELATAN

Ingat: Mata angin atas = UTARA

🏥 Fasilitas Umum

🏥
Rumah Sakit
🏫
Sekolah
🏪
Pasar
🏛️
Kantor Polisi

💡 Tips Membaca Denah!

✅ Cari mata angin dulu

✅ Cari posisi kita sekarang

✅ Cari tempat tujuan

✅ Lihat jalan penghubung


50 SOAL LATIHAN PERSIAPAN STS PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 3

A. PILIHAN GANDA (35 Soal)

Bagian 1: Identitas Diri dan Berkenalan (7 soal)

1. Saat pertama kali datang ke sekolah baru, hal yang sebaiknya dilakukan Ahmad agar cepat mendapat teman adalah...

   a. Mengunci diri di dalam kelas

   b. Memperkenalkan diri dengan ramah kepada teman-teman baru

   c. Menunggu sampai ada yang menyapa duluan

   d. Berdiam diri di pojok kelas


2. Ketika berkenalan dengan teman baru, Dina menyebutkan nama, usia, dan tempat tinggalnya. Bahasa yang paling tepat digunakan Dina adalah...

   a. Bahasa daerah saja

   b. Bahasa campuran

   c. Bahasa Indonesia yang baik dan benar

   d. Bahasa gaul


3. Identitas yang menunjukkan suku bangsa, agama, dan bahasa yang digunakan seseorang termasuk jenis identitas...

   a. Identitas fisik

   b. Identitas pribadi

   c. Identitas sosial

   d. Identitas psikologis


4. Dokumen resmi yang diberikan kepada anak usia 0-17 tahun sebagai identitas adalah...

   a. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

   b. Kartu Identitas Anak (KIA)

   c. Surat Izin Mengemudi (SIM)

   d. Kartu Keluarga (KK)


5. Manfaat memiliki banyak teman dari berbagai daerah adalah...

   a. Bisa pamer kepada orang lain

   b. Dapat menambah wawasan tentang budaya yang berbeda

   c. Agar terlihat populer di sekolah

   d. Supaya tidak perlu belajar


6. Dokumen yang menjadi bukti sah bahwa seseorang telah dilahirkan adalah...

   a. Ijazah sekolah

   b. Kartu pelajar

   c. Akta kelahiran

   d. Buku rapor


7. Yang termasuk identitas pribadi adalah...

   a. Suku bangsa dan agama

   b. Nama lengkap dan tanggal lahir

   c. Hobi dan minat

   d. Tinggi dan berat badan


Bagian 2: Keragaman dan Sikap Toleransi (8 soal)

8. Perhatikan sikap-sikap berikut:

   1) Lisa berteman hanya dengan yang seagama

   2) Arif membantu Budi menjelaskan pelajaran meski berbeda suku

   3) Tina mengejek aksen bicara temannya dari daerah lain

   4) Riko berbagi makanan dengan semua teman tanpa pilih-pilih

   Sikap yang mencerminkan toleransi ditunjukkan nomor...

   a. 1 dan 2

   b. 2 dan 4

   c. 3 dan 4

   d. 1 dan 3


9. Indonesia memiliki semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya...

   a. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh

   b. Berbeda-beda tetapi tetap satu

   c. Satu nusa, satu bangsa

   d. Indonesia tanah airku


10. Contoh sikap yang TIDAK menghargai keragaman agama adalah...

    a. Ikut menjaga ketenangan saat tetangga beribadah

    b. Menghormati hari raya agama lain

    c. Ribut dan berisik saat ada kegiatan keagamaan

    d. Berteman dengan semua orang tanpa melihat agamanya


11. Ketika bermain dengan teman yang berasal dari daerah berbeda, sebaiknya kita...

    a. Memaksakan bahasa daerah kita

    b. Menggunakan bahasa Indonesia agar semua mengerti

    c. Tidak perlu berkomunikasi

    d. Hanya berbicara dengan yang sedaerah


12. Sikap yang tepat terhadap perbedaan budaya di Indonesia adalah...

    a. Menganggap budaya sendiri paling baik

    b. Tidak peduli dengan budaya daerah lain

    c. Menghargai dan ikut melestarikan semua budaya

    d. Hanya mempelajari budaya daerah sendiri


13. Maya memiliki teman yang merayakan hari raya berbeda dengannya. Sikap Maya yang benar adalah...

    a. Tidak ikut senang karena bukan hari rayanya

    b. Turut mengucapkan selamat dan menghormati

    c. Mengejek perayaan yang berbeda

    d. Melarang temannya merayakan


14. Manfaat dari keragaman budaya di Indonesia adalah...

    a. Membuat Indonesia terpecah belah

    b. Menyebabkan konflik antar daerah

    c. Memperkaya budaya bangsa dan mempererat persatuan

    d. Tidak ada manfaatnya


15. Contoh sikap bersatu dalam keragaman di sekolah adalah...

    a. Membentuk kelompok hanya dengan yang sesuku

    b. Mengerjakan tugas kelompok bersama teman dari berbagai daerah

    c. Menolak duduk dengan yang berbeda agama

    d. Hanya mau bermain dengan yang satu daerah


Bagian 3: Suku Bangsa dan Budaya Indonesia (8 soal)

16. Suku Minangkabau, Batak, dan Aceh berasal dari pulau...

    a. Jawa

    b. Sumatra

    c. Kalimantan

    d. Sulawesi


17. Suku Jawa, Sunda, dan Betawi dapat ditemukan di pulau...

    a. Sumatra

    b. Jawa

    c. Bali

    d. Papua


18. Suku yang terkenal dengan rumah panggungnya yang berukiran indah dan berasal dari Kalimantan adalah...

    a. Suku Minangkabau

    b. Suku Asmat

    c. Suku Dayak

    d. Suku Bugis


19. Rumah adat dengan atap melengkung seperti tanduk kerbau yang berasal dari Sumatra Barat adalah...

    a. Rumah Honai

    b. Rumah Gadang

    c. Rumah Tongkonan

    d. Rumah Joglo


20. Rumah adat Honai yang berbentuk seperti jamur berasal dari...

    a. Lampung

    b. Bali

    c. Papua

    d. Jawa


21. Nuwou Sesat adalah nama rumah adat dari provinsi...

    a. Lampung

    b. Sumatra Utara

    c. Jawa Barat

    d. Sulawesi Selatan


22. Cara melestarikan budaya daerah yang dapat kita lakukan sebagai pelajar adalah...

    a. Hanya mempelajari budaya daerah sendiri

    b. Membiarkan budaya daerah punah dengan sendirinya

    c. Mempelajari tarian dan lagu daerah dari berbagai daerah

    d. Tidak perlu peduli dengan budaya lama


23. Suku Bugis, Makassar, dan Toraja berasal dari pulau...

    a. Jawa

    b. Sumatra

    c. Sulawesi

    d. Kalimantan


Bagian 4: Struktur Pemerintahan (6 soal)

24. Urutan struktur pemerintahan yang benar dari yang terkecil adalah...

    a. RT - RW - Kecamatan - Desa

    b. KK - RT - RW - Desa

    c. RW - RT - KK - Desa

    d. Desa - RT - RW - Kecamatan


25. Kumpulan dari beberapa Kepala Keluarga (KK) yang tinggal berdekatan akan membentuk...

    a. Rukun Warga (RW)

    b. Rukun Tetangga (RT)

    c. Kelurahan

    d. Kecamatan


26. Beberapa Rukun Tetangga (RT) yang bersatu akan membentuk...

    a. Kelurahan

    b. Rukun Warga (RW)

    c. Kecamatan

    d. Kabupaten


27. Tingkatan pemerintahan yang terbentuk dari kumpulan beberapa Desa atau Kelurahan adalah...

    a. RT

    b. RW

    c. Kecamatan

    d. Provinsi


28. Pak Joko tinggal di lingkungan yang dipimpin oleh Pak RT. Setiap minggu mereka mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan. Kegiatan ini menunjukkan nilai...

    a. Persaingan

    b. Individualisme

    c. Gotong royong

    d. Acuh tak acuh


29. Kumpulan dari beberapa Kecamatan akan membentuk...

    a. Provinsi

    b. Kabupaten atau Kota

    c. Desa

    d. Negara


Bagian 5: Jenis Wilayah Tempat Tinggal (6 soal)

30. Ciri-ciri wilayah perkotaan adalah...

    a. Banyak sawah dan kebun

    b. Penduduk sedikit dan suasana tenang

    c. Banyak gedung tinggi dan kepadatan penduduk tinggi

    d. Mata pencaharian utama adalah petani


31. Karakteristik wilayah pedesaan yang tepat adalah...

    a. Jalan semua beraspal dan ramai kendaraan

    b. Suasana tenang dengan banyak lahan pertanian

    c. Sebagai pusat pemerintahan

    d. Tidak ada pohon dan tanaman


32. Wilayah yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan adalah...

    a. Pegunungan

    b. Perkotaan

    c. Pesisir atau pantai

    d. Dataran tinggi


33. Budi tinggal di daerah yang memiliki suhu udara dingin dan pemandangan indah. Ayahnya bekerja sebagai petani sayuran. Budi tinggal di wilayah...

    a. Pantai

    b. Pegunungan atau dataran tinggi

    c. Pedesaan di dataran rendah

    d. Perkotaan


34. Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, sehingga Indonesia disebut negara...

    a. Agraris

    b. Industri

    c. Kepulauan atau Maritim

    d. Berkembang


35. Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena...

    a. Memiliki banyak pabrik

    b. Memiliki lahan pertanian yang luas dan subur

    c. Memiliki banyak gedung tinggi

    d. Memiliki banyak kapal laut


B. ISIAN SINGKAT (10 Soal)

Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!


1. Ketika berkenalan dengan teman baru, kita harus menyebutkan ____________, ____________, dan ____________.


2. Sikap menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di masyarakat disebut ____________.


3. Semboyan Indonesia "Bhinneka Tunggal Ika" artinya ____________.


4. Suku Dayak dan Banjar berasal dari pulau ____________.


5. Rumah adat yang berasal dari Sumatra Barat dan atapnya melengkung seperti tanduk kerbau adalah ____________.


6. Urutan struktur pemerintahan dari terkecil adalah: Keluarga (KK) → ____________ → ____________ → Desa/Kelurahan.


7. Kumpulan dari beberapa Desa atau Kelurahan dalam suatu wilayah disebut ____________.


8. Wilayah yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan disebut wilayah ____________.


9. Pada denah atau peta, mata angin yang ada di bagian atas selalu menunjukkan arah ____________.


10. Dokumen identitas yang membuktikan bahwa seseorang telah lahir adalah ____________.


---


C. ESAI (5 Soal)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan lengkap!

1. Mengapa penting bagi seorang anak untuk mengetahui identitas diri dan alamat rumahnya secara lengkap? Sebutkan minimal 3 alasan!


2. Perhatikan cerita berikut:

"Di kelas 3A, terdapat siswa dari berbagai daerah. Ada yang berasal dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Papua. Mereka memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Namun, mereka selalu kompak dan saling membantu."

Pertanyaan:

a) Sikap apa yang harus dimiliki siswa-siswa tersebut agar tetap rukun?

b) Mengapa keragaman budaya harus dijaga dan dilestarikan?


3. Jelaskan perbedaan antara wilayah perkotaan dan wilayah pedesaan! Tuliskan minimal 3 perbedaan dalam bentuk tabel!

4. Sebutkan dan jelaskan urutan struktur pemerintahan dari yang terkecil hingga terbesar! (Minimal 5 tingkatan)**

5. Perhatikan situasi berikut:

"Keluarga Sinta baru saja pindah ke daerah baru. Sinta belum mengenal jalan dan tempat-tempat penting di sekitar rumahnya. Suatu hari, Sinta disuruh membeli sesuatu ke toko tapi dia tidak tahu jalan."

Pertanyaan:

a) Apa yang sebaiknya dilakukan Sinta?

b) Sebutkan 3 manfaat jika kita mengenal lingkungan tempat tinggal dengan baik!


KUNCI JAWABAN


A. PILIHAN GANDA (1-35)


1. **B** - Memperkenalkan diri dengan ramah kepada teman-teman baru

2. **C** - Bahasa Indonesia yang baik dan benar

3. **C** - Identitas sosial

4. **B** - Kartu Identitas Anak (KIA)

5. **B** - Dapat menambah wawasan tentang budaya yang berbeda

6. **C** - Akta kelahiran

7. **B** - Nama lengkap dan tanggal lahir

8. **B** - 2 dan 4

9. **B** - Berbeda-beda tetapi tetap satu

10. **C** - Ribut dan berisik saat ada kegiatan keagamaan

11. **B** - Menggunakan bahasa Indonesia agar semua mengerti

12. **C** - Menghargai dan ikut melestarikan semua budaya

13. **B** - Turut mengucapkan selamat dan menghormati

14. **C** - Memperkaya budaya bangsa dan mempererat persatuan

15. **B** - Mengerjakan tugas kelompok bersama teman dari berbagai daerah

16. **B** - Sumatra

17. **B** - Jawa

18. **C** - Suku Dayak

19. **B** - Rumah Gadang

20. **C** - Papua

21. **A** - Lampung

22. **C** - Mempelajari tarian dan lagu daerah dari berbagai daerah

23. **C** - Sulawesi

24. **B** - KK - RT - RW - Desa

25. **B** - Rukun Tetangga (RT)

26. **B** - Rukun Warga (RW)

27. **C** - Kecamatan

28. **C** - Gotong royong

29. **B** - Kabupaten atau Kota

30. **C** - Banyak gedung tinggi dan kepadatan penduduk tinggi

31. **B** - Suasana tenang dengan banyak lahan pertanian

32. **C** - Pesisir atau pantai

33. **B** - Pegunungan atau dataran tinggi

34. **C** - Kepulauan atau Maritim

35. **B** - Memiliki lahan pertanian yang luas dan subur


-B. ISIAN SINGKAT (1-10)


1. nama, umur/tanggal lahir, tempat tinggal/daerah asal

   (atau variasi: nama, usia, alamat)

2. toleransi (atau: sikap menghargai/menghormati)

3. berbeda-beda tetapi tetap satu

4. Kalimantan

5. Rumah Gadang

6. RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga)

7. Kecamatan

8. pesisir / pantai

9. Utara

10. Akta Kelahiran


C. ESAI (1-5)

Soal 1: Pentingnya Mengetahui Identitas Diri

Jawaban:

Penting bagi anak mengetahui identitas diri dan alamat rumah karena:

1. Untuk keamanan - Jika tersesat, anak bisa memberitahu orang dewasa alamat rumahnya sehingga bisa pulang dengan selamat

2. Memudahkan komunikasi - Jika terjadi sesuatu (kecelakaan/kehilangan), orang lain bisa menghubungi keluarga dengan cepat

3. Keperluan administrasi - Identitas diperlukan untuk mendaftar sekolah, berobat, atau keperluan resmi lainnya

4. Menunjukkan jati diri - Identitas menunjukkan siapa kita dan dari mana kita berasal

5. Membangun kepercayaan diri- Anak yang mengenal identitas dirinya akan lebih percaya diri


Soal 2: Keragaman di Kelas

Jawaban:

a) Sikap yang harus dimiliki:

- Sikap toleransi (menghargai dan menghormati perbedaan)

- Sikap saling membantu tanpa membeda-bedakan

- Sikap terbuka untuk belajar budaya lain

- Tidak mengejek atau merendahkan budaya/bahasa daerah lain

- Menggunakan Bahasa Indonesia saat berkomunikasi bersama


b) Mengapa keragaman harus dijaga:

- Keragaman adalah kekayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan

- Agar budaya tidak punah dan tetap dikenal generasi mendatang

- Untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa

- Membuat Indonesia unik dan berbeda dengan negara lain

- Sebagai identitas bangsa yang harus dijaga


Soal 3: Perbedaan Perkotaan dan Pedesaan

Jawaban:










Soal 4: Struktur Pemerintahan

Jawaban:

Urutan struktur pemerintahan dari yang terkecil hingga terbesar:

1. Keluarga (KK) / Kepala Keluarga

   - Unit terkecil dalam masyarakat

   - Terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak


2. RT (Rukun Tetangga)

   - Kumpulan dari beberapa Kepala Keluarga (biasanya 10-20 KK)

   - Dipimpin oleh Ketua RT


3. RW (Rukun Warga)

   - Kumpulan dari beberapa RT (biasanya 5-10 RT)

   - Dipimpin oleh Ketua RW


4. Desa / Kelurahan

   - Kumpulan dari beberapa RW

   - Dipimpin oleh Kepala Desa / Lurah


5. Kecamatan

   - Kumpulan dari beberapa Desa atau Kelurahan

   - Dipimpin oleh Camat


6. Kabupaten / Kota

   - Kumpulan dari beberapa Kecamatan

   - Dipimpin oleh Bupati (untuk Kabupaten) atau Walikota (untuk Kota)


7. Provinsi

   - Kumpulan dari beberapa Kabupaten/Kota

   - Dipimpin oleh Gubernur


Soal 5: Sinta di Daerah Baru

jawaban:


a) Yang sebaiknya dilakukan Sinta:

- Bertanya dengan sopan kepada orang dewasa di sekitar tentang arah ke toko

- Tenang dan tidak panik - jangan menangis atau teriak-teriak

- Bisa meminta tolong orang dewasa untuk mengantarkan

- Atau bisa menelepon orang tua untuk minta petunjuk jalan

- Sebaiknya tidak jalan sendirian saat belum hafal jalan


b) Manfaat mengenal lingkungan tempat tinggal:

1. Tidak mudah tersesat - Kita tahu jalan-jalan dan tempat penting di sekitar rumah

2. Menumbuhkan keberanian - Berani keluar rumah sendiri karena sudah mengenal daerah

3. Dapat membantu orang lain - Bisa memberitahu jalan kepada orang yang bertanya

4. Memudahkan mobilitas- Cepat sampai tujuan karena tahu jalan pintas

5. Keamanan - Tahu tempat-tempat aman dan bahaya di sekitar

6. Membuat orang tua tenang- Orang tua tidak khawatir saat anak bermain di luar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar