Electricity Lightning

Kamis, 16 Oktober 2025

Hari/Tanggal : Jumat, 17 Oktober 2025

Muatan Pembelajaran :  
1. Pendidikan Anti Korupsi (Sumatif Tengah Semester)
2. IPAS (Sumatif Tengah Semester)
Metode Penbelajaran : Sumatif Tertulis
Alat Peraga/Media Pembelajaran : LJK dan Soal


Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh 

Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum memulai STS, silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah.

ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

👁️Lima Pancaindra Manusia

👁️
MATA

Untuk Melihat

👂
TELINGA

Untuk Mendengar

👃
HIDUNG

Untuk Mencium Bau

👅
LIDAH

Untuk Merasakan

KULIT

Untuk Meraba

🔍Bagian-Bagian Penting

👁️ MATA:
• Kelopak mata → melindungi mata
• Bulu mata → melindungi dari debu
• Pupil → membesar di tempat gelap untuk tangkap cahaya
👃 HIDUNG:
• Selaput lendir → menangkap bau
• Lubang hidung → jalan masuk udara
👂 TELINGA:
• Daun telinga → menangkap suara
• Gendang telinga → bergetar saat ada suara

💚Cara Merawat Pancaindra

PancaindraCara Merawat ✅Jangan! ❌
👁️ Mata• Baca di tempat terang
• Istirahat yang cukup
• Makan wortel & sayuran
• Baca di tempat gelap
• Main gadget terlalu lama
👂 Telinga• Bersihkan bagian luar saja
• Tutup telinga saat bising
• Membersihkan dengan cotton bud setiap hari
• Dengar musik terlalu keras
👃 Hidung• Jaga kebersihan
• Hirup udara segar
• Memasukkan benda asing
• Menghirup asap rokok

💡 Tips Mengingat!

Gunakan 5 jari tanganmu!

✋ Jempol = Mata, Telunjuk = Telinga, Tengah = Hidung, Manis = Lidah, Kelingking = Kulit

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

🦴Klasifikasi Hewan

VERTEBRATA
(Bertulang Belakang)
INVERTEBRATA
(Tidak Bertulang Belakang)
Ciri: Punya tulang belakang

Contoh:
🐟 Ikan
🐦 Burung
🐱 Mamalia (kucing, sapi)
🐍 Reptil (ular, kadal)
🐸 Amfibi (katak)
Ciri: Tidak punya tulang belakang

Contoh:
🦋 Serangga (kupu-kupu, belalang)
🕷️ Laba-laba
🪱 Cacing tanah
🐌 Siput
🦑 Cumi-cumi

Ciri Khas Khusus Hewan

🐦
BURUNG

Punya bulu & sayap untuk terbang

🐟
IKAN

Punya insang untuk bernapas di air

🐱
MAMALIA

Tubuh berbulu halus, melahirkan anak

🦗
SERANGGA

6 kaki, tubuh 3 bagian

💡 Trik Mengingat!

VERTebrata = Punya tulang belakang yang TEGAK

IN-VERTebrata = TIDAK punya tulang belakang

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

👶Siklus Hidup Manusia

👶 Bayi
🧒 Anak-anak
🧑 Remaja
👨 Dewasa
👴 Lansia

🦋Metamorfosis Sempurna

Melalui 4 tahap & ada tahap PUPA (kepompong)

🥚 Telur
🐛 Larva
(Ulat)
🌰 Pupa
(Kepompong)
🦋 Dewasa
Contoh: Kupu-kupu, Nyamuk, Lalat, Lebah

🦗Metamorfosis Tidak Sempurna

Tidak ada tahap PUPA - langsung jadi mirip induk

🥚 Telur
🦗 Nimfa
(Bentuk kecil)
🦗 Dewasa
Contoh: Belalang, Kecoa, Jangkrik, Capung

🐸Metamorfosis Katak

🥚 Telur
🐟 Berudu
(Kecebong)
🐸 Katak Muda
🐸 Katak Dewasa
Yang Unik: Berudu punya ekor & bernapas dengan insang (di air), lalu berubah jadi katak dengan kaki & bernapas dengan paru-paru (di darat)

🥚Cara Berkembang Biak

CaraArtinyaContoh
OVIPARBertelur🐔 Ayam, 🐦 Burung, 🐟 Ikan
VIVIPARMelahirkan🐱 Kucing, 🐄 Sapi, 👶 Manusia
OVOVIVIPARBertelur & Melahirkan🦈 Ikan Hiu, 🐍 Ular tertentu

💡 Cara Mudah Ingat!

TLPD = Telur - Larva - Pupa - Dewasa (Metamorfosis Sempurna)

Ayam TIDAK metamorfosis karena langsung mirip induk!

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

🌍Tingkatan Ekosistem

🐱 INDIVIDU
(1 makhluk)
🐱🐱🐱 POPULASI
(Kelompok sejenis)
🐱🌳🐦 KOMUNITAS
(Berbagai jenis)
🐱🌳🐦☀️💧 EKOSISTEM
(+ Lingkungan)

🔬Komponen Ekosistem

BIOTIK
(Makhluk Hidup)
ABIOTIK
(Benda Tak Hidup)
🌾 Tumbuhan
🐛 Hewan
👨 Manusia
🦠 Mikroorganisme
💧 Air
🌬️ Udara
🪨 Tanah
☀️ Cahaya Matahari
🌡️ Suhu

🍽️Rantai Makanan

🌾 PRODUSEN
(Tumbuhan)
🦗 KONSUMEN I
(Herbivora)
🐦 KONSUMEN II
(Karnivora kecil)
🦅 PREDATOR PUNCAK
(Karnivora besar)
Contoh Rantai Makanan Sawah:
Rumput 🌾 → Belalang 🦗 → Katak 🐸 → Ular 🐍 → Burung Elang 🦅
Kenapa Tumbuhan = Produsen?
Karena bisa membuat makanan sendiri melalui FOTOSINTESIS ☀️

⚖️Keseimbangan Ekosistem

❓ Apa yang terjadi jika satu komponen hilang?

Contoh: Jika 🐍 ULAR berkurang →
• 🐸 Katak jadi BANYAK (tidak ada yang makan)
• 🦗 Belalang jadi SEDIKIT (dimakan banyak katak)
• 🌾 Rumput jadi SEDIKIT (dimakan banyak belalang)
• Ekosistem jadi TIDAK SEIMBANG! ⚠️
✅ Peran Manusia Menjaga Ekosistem:
• 🌳 Menanam pohon
• ♻️ Tidak membuang sampah sembarangan
• 🚫 Tidak berburu hewan langka
• 🌱 Membuat taman di lingkungan
• 💚 Melindungi hutan

💡 Ingat Ini!

BIOtik = BIOlogi = Makhluk HIDUP

A-BIOtik = TIDAK hidup

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

📺Video Pembelajaran

Tonton video-video ini untuk belajar lebih seru! 🎥

🖐️ Pancaindra Manusia

🔍 Cari Video Pancaindra 👁️ Fungsi Pancaindra

🦁 Hewan Vertebrata & Invertebrata

🔍 Klasifikasi Hewan ✨ Ciri Khusus Hewan

🦋 Metamorfosis

🦋 Metamorfosis Kupu-kupu 🐸 Metamorfosis Katak 🔄 Siklus Hidup Hewan

🌳 Ekosistem & Rantai Makanan

🌍 Mengenal Ekosistem 🍽️ Rantai Makanan 🔬 Biotik & Abiotik

🎮Game & Aktivitas Interaktif

🎯 Kuis Online:
• Kuis Pancaindra
• Kuis Metamorfosis
• Kuis Ekosistem
🎨 Aktivitas Menyenangkan:
• Gambar dan warnai siklus hidup kupu-kupu
• Buat poster rantai makanan favoritmu
• Main tebak-tebakan pancaindra dengan teman
• Amati hewan di sekitarmu dan kelompokkan

📚Sumber Belajar Tambahan

🌿 50 SOAL LATIHAN PERSIAPAN STS IPAS KELAS 3


A. PILIHAN GANDA (35 Soal)

Bagian 1: Pancaindra Manusia (7 soal)

1. Rina sedang makan permen. Tiba-tiba dia merasakan rasa manis di mulutnya. Pancaindra yang digunakan Rina adalah...
   a. Mata
   b. Lidah
   c. Hidung
   d. Kulit

2. Bagian mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran kecil adalah...
   a. Kelopak mata
   b. Bola mata
   c. Bulu mata
   d. Pupil mata

3. Saat berada di ruangan yang sangat gelap, bagian mata yang akan membesar adalah...
   a. Kelopak mata
   b. Pupil mata
   c. Alis mata
   d. Bulu mata

4. Wangi masakan dari dapur tercium hingga ke ruang tamu. Bagian hidung yang berfungsi menangkap aroma tersebut adalah...
   a. Lubang hidung
   b. Batang hidung
   c. Selaput lendir
   d. Tulang hidung

5. Cara merawat telinga yang SALAH adalah...
   a. Membersihkan bagian luar telinga dengan handuk bersih
   b. Menutup telinga saat ada suara sangat keras
   c. Membersihkan telinga dengan cotton bud setiap hari
   d. Tidak mendengarkan musik terlalu keras

6. Dani menyentuh permukaan es batu. Dia merasakan dingin. Pancaindra yang digunakan adalah...
   a. Mata
   b. Hidung
   c. Telinga
   d. Kulit

7. Saat membaca buku, sebaiknya dilakukan di tempat yang...
   a. Gelap agar mata tidak silau
   b. Terang agar mata tidak cepat lelah
   c. Remang-remang
   d. Tidak ada cahaya sama sekali



Bagian 2: Klasifikasi Hewan (8 soal)

8. Hewan yang memiliki tulang belakang disebut hewan...
   a. Invertebrata
   b. Vertebrata
   c. Mamalia
   d. Serangga

9. Perhatikan hewan berikut:
   - Kelompok A: Kucing, Ikan, Burung
   - Kelompok B: Kupu-kupu, Laba-laba, Cacing
   
   Kelompok A dan B secara berurutan adalah...
   a. Invertebrata dan vertebrata
   b. Vertebrata dan invertebrata
   c. Serangga dan mamalia
   d. Mamalia dan serangga

10. Ciri khas yang dimiliki burung untuk terbang adalah...
    a. Memiliki sisik di tubuh
    b. Memiliki bulu dan sayap
    c. Memiliki insang
    d. Memiliki kulit licin

11. Alat pernapasan ikan yang memungkinkannya hidup di air adalah...
    a. Paru-paru
    b. Insang
    c. Kulit
    d. Mulut

12. Dina menemukan hewan kecil yang memiliki 6 kaki, 2 sayap, dan tubuh terbagi 3 bagian. Hewan tersebut adalah...
    a. Laba-laba
    b. Cacing
    c. Belalang
    d. Kadal

13. Ular termasuk hewan vertebrata karena...
    a. Memiliki kulit licin
    b. Dapat merayap
    c. Memiliki tulang belakang
    d. Memiliki racun

14. Mamalia memiliki ciri khas berupa...
    a. Tubuh ditutupi sisik
    b. Tubuh ditutupi bulu halus dan menyusui anak
    c. Bernapas dengan insang
    d. Berdarah dingin

15. Hewan berikut yang BUKAN termasuk invertebrata adalah...
    a. Kupu-kupu
    b. Belalang
    c. Cacing tanah
    d. Ikan



Bagian 3: Metamorfosis dan Siklus Hidup (7 soal)

16. Urutan siklus hidup manusia yang benar adalah...
    a. Bayi - anak-anak - remaja - dewasa - lansia
    b. Bayi - remaja - anak-anak - dewasa - lansia
    c. Anak-anak - bayi - remaja - dewasa - lansia
    d. Bayi - anak-anak - dewasa - remaja - lansia

17. Urutan metamorfosis sempurna kupu-kupu yang benar adalah...
    a. Telur - larva - pupa - kupu-kupu dewasa
    b. Telur - pupa - larva - kupu-kupu dewasa
    c. Larva - telur - pupa - kupu-kupu dewasa
    d. Pupa - telur - larva - kupu-kupu dewasa

18. Bentuk katak muda yang masih memiliki ekor dan bernapas dengan insang disebut...
    a. Telur katak
    b. Berudu (kecebong)
    c. Katak remaja
    d. Katak dewasa

19. Perkembangan ayam yang keluar dari telur dan langsung mirip induknya menunjukkan...
    a. Metamorfosis sempurna
    b. Metamorfosis tidak sempurna
    c. Pertumbuhan langsung tanpa metamorfosis
    d. Siklus hidup yang tidak normal

20. Perbedaan utama metamorfosis sempurna dan tidak sempurna adalah...
    a. Metamorfosis sempurna melalui tahap pupa
    b. Metamorfosis sempurna lebih cepat
    c. Metamorfosis sempurna hanya pada hewan besar
    d. Metamorfosis sempurna tidak berubah bentuk

21. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut...
    a. Vivipar
    b. Ovipar
    c. Ovovivipar
    d. Membelah diri

22. Pernyataan yang BENAR tentang kucing adalah...
    a. Berkembang biak secara ovipar
    b. Berkembang biak secara vivipar dengan melahirkan
    c. Berkembang biak secara ovovivipar
    d. Tidak berkembang biak



Bagian 4: Ekosistem (8 soal)

23. Di sawah terdapat padi, rumput, belalang, katak, ular, air, tanah, dan udara. Semua komponen tersebut membentuk...
    a. Populasi
    b. Komunitas
    c. Ekosistem
    d. Individu

24. Komponen biotik dalam ekosistem adalah...
    a. Makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan
    b. Benda tak hidup seperti air dan tanah
    c. Hanya tumbuhan saja
    d. Hanya hewan saja

25. Dalam ekosistem, tumbuhan berperan sebagai produsen karena...
    a. Dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis
    b. Memakan hewan lain
    c. Menguraikan makhluk hidup yang mati
    d. Hidup di tempat teduh

26. Perhatikan rantai makanan berikut:
    Rumput → Belalang → Katak → Ular → Elang
    
    Dalam rantai makanan ini, katak berperan sebagai...
    a. Produsen
    b. Konsumen tingkat I
    c. Konsumen tingkat II
    d. Predator puncak

27. Burung elang yang berada di puncak rantai makanan disebut...
    a. Produsen
    b. Konsumen tingkat I
    c. Konsumen tingkat II
    d. Predator puncak

28. Sikap yang menunjukkan peran manusia dalam menjaga ekosistem adalah...
    a. Membuang sampah di sungai
    b. Menebang pohon sembarangan
    c. Menanam pohon di lahan kosong
    d. Berburu hewan langka

29. Jika populasi ular di sawah berkurang drastis, yang mungkin terjadi adalah...
    a. Populasi tikus akan bertambah banyak
    b. Populasi padi akan bertambah banyak
    c. Ekosistem tetap seimbang
    d. Tidak ada pengaruh

30. Komponen abiotik yang diperlukan tumbuhan untuk fotosintesis adalah...
    a. Hewan herbivora
    b. Cahaya matahari, air, dan udara
    c. Burung
    d. Serangga



Bagian 5: Tingkatan Ekosistem dan Populasi (5 soal)

31. Perhatikan tingkatan berikut:
    - X: Satu ekor kucing
    - Y: Sekumpulan kucing di satu kampung
    - Z: Kucing, anjing, ayam, dan tumbuhan di kampung
   
    X, Y, dan Z secara berurutan adalah...
    a. Individu, populasi, komunitas
    b. Populasi, individu, ekosistem
    c. Komunitas, populasi, individu
    d. Individu, komunitas, populasi

32. Sekumpulan ikan mas yang hidup di satu kolam disebut...
    a. Individu
    b. Populasi
    c. Komunitas
    d. Ekosistem

33. Mengapa keseimbangan ekosistem perlu dijaga?
    a. Agar semua makhluk hidup dapat bertahan hidup
    b. Agar hanya manusia yang mendapat keuntungan
    c. Agar hewan pemangsa punah
    d. Agar tumbuhan tidak tumbuh

34. Yang termasuk komponen abiotik adalah...
    a. Pohon, rumput, bunga
    b. Ikan, burung, kucing
    c. Air, udara, tanah, cahaya matahari
    d. Semua makhluk hidup

35. Dalam rantai makanan, hewan yang memakan tumbuhan disebut...
    a. Produsen
    b. Konsumen tingkat I (herbivora)
    c. Konsumen tingkat II (karnivora)
    d. Pengurai



B. ISIAN SINGKAT (10 Soal)

Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!

1. Pancaindra yang berfungsi untuk melihat adalah ____________, sedangkan untuk mencium bau adalah ____________.

2. Hewan yang memiliki tulang belakang disebut hewan ____________, sedangkan yang tidak memiliki tulang belakang disebut ____________.

3. Tahapan dalam metamorfosis sempurna kupu-kupu adalah telur, ____________, ____________, dan kupu-kupu dewasa.

4. Ayam berkembang biak secara ____________ karena bertelur, sedangkan kucing berkembang biak secara ____________ karena melahirkan.

5. Dalam ekosistem, makhluk hidup disebut komponen ____________, sedangkan benda tak hidup disebut komponen ____________.

6. Urutan rantai makanan yang benar adalah ____________ → konsumen tingkat I → ____________ → predator puncak.

7. Cara merawat mata yang benar antara lain tidak membaca di tempat yang ____________.

8. Bentuk katak muda yang masih berekor dan hidup di air disebut ____________.

9. Siklus hidup manusia dimulai dari bayi, anak-anak, ____________, ____________, dan lansia.

10. Tumbuhan hijau berperan sebagai ____________ dalam ekosistem karena dapat membuat makanan sendiri melalui proses ____________.

---

C. ESAI (5 Soal)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan lengkap!

1. Jelaskan fungsi dari 3 pancaindra manusia dan berikan cara merawatnya!
- Nama pancaindra: ...
- Fungsi: ...
- Cara merawat: ...



2. Perhatikan dua jenis hewan berikut:
- Hewan A: Kucing - memiliki bulu, melahirkan anak, menyusui
- Hewan B: Belalang - memiliki 6 kaki, tubuh terbagi 3 bagian, bertelur
Pertanyaan:
a) Jelaskan perbedaan Hewan A dan B berdasarkan klasifikasi vertebrata dan invertebrata!
b) Sebutkan 2 ciri khusus dari masing-masing hewan!
c) Termasuk kelompok apa masing-masing hewan? (Mamalia/Serangga/dll


3. Perhatikan siklus hidup berikut:**
Telur → Berudu → Katak muda → Katak dewasa**
Pertanyaan:
a) Siklus hidup hewan apakah ini?
b) Termasuk metamorfosis sempurna atau tidak sempurna? Jelaskan alasanmu!
c) Apa perbedaan berudu dan katak dewasa dalam hal pernapasan dan tempat hidup?



4. Pak Hadi memiliki kebun yang luas. Di kebunnya terdapat:
- Makhluk hidup: Pohon mangga, pohon pisang, rumput, belalang, kupu-kupu, burung, ayam, sapi
- Benda tak hidup: Air, tanah, udara, cahaya matahari, batu
Pertanyaan:
a) Sebutkan 4 komponen biotik dari kebun Pak Hadi!
b) Sebutkan 4 komponen abiotik dari kebun Pak Hadi!
c) Buatlah satu contoh rantai makanan yang mungkin terjadi di kebun Pak Hadi!



5. Perhatikan berita berikut:
"Hutan di desa Makmur mengalami kebakaran hebat. Banyak pohon terbakar dan hewan-hewan kehilangan tempat tinggal. Beberapa jenis burung tidak terlihat lagi di desa tersebut."
Pertanyaan:
a) Jelaskan dampak kebakaran hutan terhadap keseimbangan ekosistem! (Minimal 3 dampak)
b) Apa saja peran manusia yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan? (Minimal 3 peran)

---

---
KUNCI JAWABAN

A. PILIHAN GANDA (1-35)

1. **B** - Lidah
2. **C** - Bulu mata
3. **B** - Pupil mata
4. **C** - Selaput lendir
5. **C** - Membersihkan telinga dengan cotton bud setiap hari (SALAH)
6. **D** - Kulit
7. **B** - Terang agar mata tidak cepat lelah
8. **B** - Vertebrata
9. **B** - Vertebrata dan invertebrata
10. **B** - Memiliki bulu dan sayap
11. **B** - Insang
12. **C** - Belalang (6 kaki = serangga)
13. **C** - Memiliki tulang belakang
14. **B** - Tubuh ditutupi bulu halus dan menyusui anak
15. **D** - Ikan (ikan adalah vertebrata)
16. **A** - Bayi - anak-anak - remaja - dewasa - lansia
17. **A** - Telur - larva - pupa - kupu-kupu dewasa
18. **B** - Berudu (kecebong)
19. **C** - Pertumbuhan langsung tanpa metamorfosis
20. **A** - Metamorfosis sempurna melalui tahap pupa
21. **B** - Ovipar
22. **B** - Berkembang biak secara vivipar dengan melahirkan
23. **C** - Ekosistem
24. **A** - Makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan
25. **A** - Dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis
26. **C** - Konsumen tingkat II
27. **D** - Predator puncak
28. **C** - Menanam pohon di lahan kosong
29. **A** - Populasi tikus akan bertambah banyak
30. **B** - Cahaya matahari, air, dan udara
31. **A** - Individu, populasi, komunitas
32. **B** - Populasi
33. **A** - Agar semua makhluk hidup dapat bertahan hidup
34. **C** - Air, udara, tanah, cahaya matahari
35. **B** - Konsumen tingkat I (herbivora)

---

B. ISIAN SINGKAT (1-10)

1. mata, hidung
2. vertebrata, invertebrata
3. larva (ulat), pupa (kepompong)
4. ovipar, vivipar
5. biotik, abiotik
6. produsen, konsumen tingkat II (atau konsumen II/karnivora)
7. gelap / kurang cahaya
8. berudu / kecebong
9. remaja, dewasa
10. produsen, fotosintesis



C. ESAI (1-5)

Soal 1: Fungsi dan Perawatan Pancaindra
Jawaban:

1. MATA
- Fungsi: Untuk melihat benda, warna, dan bentuk di sekitar kita
- Cara merawat:
  * Membaca di tempat yang terang
  * Tidak membaca sambil tiduran
  * Istirahat mata setelah belajar lama
  * Makan makanan bergizi (wortel, sayuran hijau)
  * Tidak menonton TV terlalu dekat dan lama

2. TELINGA
- Fungsi: Untuk mendengar suara dan bunyi-bunyian
- Cara merawat:
  * Membersihkan bagian luar telinga dengan handuk bersih
  * Tidak membersihkan telinga dengan cotton bud terlalu dalam
  * Tidak mendengarkan musik terlalu keras
  * Menutup telinga saat ada suara sangat keras
  * Segera ke dokter jika ada keluhan

3. HIDUNG
- Fungsi: Untuk mencium bau dan aroma (wangi atau busuk)
- Cara merawat:
  * Menjaga kebersihan hidung
  * Tidak memasukkan benda asing ke dalam hidung
  * Menghirup udara bersih dan segar
  * Menutup hidung saat ada asap atau bau menyengat
  * Membersihkan hidung dengan lembut saat pilek



Soal 2: Klasifikasi Hewan
Jawaban:

a) Perbedaan berdasarkan klasifikasi:


b) Ciri khusus masing-masing:

Kucing:
1. Memiliki bulu halus yang menutupi tubuh
2. Menyusui anak (mamalia)
3. Memiliki cakar yang tajam
4. Memiliki gigi taring untuk mencabik makanan

Belalang:
1. Memiliki 6 kaki
2. Tubuh terbagi menjadi 3 bagian (kepala, dada, perut)
3. Memiliki sayap untuk terbang
4. Memiliki antena sebagai alat peraba

c) Kelompok hewan:
- Kucing = Mamalia (hewan menyusui)
- Belalang = Serangga (insekta)



Soal 3: Siklus Hidup Katak
Jawaban:

a) Siklus hidup hewan: KATAK / KODOK

b) Jenis metamorfosis:
Metamorfosis SEMPURNA
Alasan:
- Katak mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda dari fase awal (telur) hingga dewasa
- Melalui beberapa tahap dengan bentuk yang sangat berbeda
- Berudu (tahap larva) sangat berbeda dengan katak dewasa
- Mengalami perubahan besar dalam bentuk tubuh, alat pernapasan, dan cara hidup

c) Perbedaan Berudu dan Katak Dewasa:



Soal 4: Komponen Ekosistem Kebun
Jawaban:

a) 4 Komponen BIOTIK (makhluk hidup):
1. Pohon mangga
2. Rumput
3. Belalang
4. Burung
(Atau: pohon pisang, kupu-kupu, ayam, sapi - semua benar)

b) 4 Komponen ABIOTIK (benda tak hidup):
1. Air
2. Tanah
3. Udara
4. Cahaya matahari
(Atau: batu - juga benar)

c) Contoh Rantai Makanan:

Contoh 1:
Rumput → Belalang → Burung → (Ular jika ada)

Contoh 2:
Pohon Mangga (daun) → Ulat → Burung

Contoh 3:
Rumput → Kupu-kupu (larva) → Ayam

Penjelasan:
- Rumput/Pohon = Produsen (membuat makanan sendiri)
- Belalang/Ulat/Kupu-kupu = Konsumen I (herbivora - pemakan tumbuhan)
- Burung/Ayam = Konsumen II (karnivora - pemakan daging/serangga)


Soal 5: Dampak Kebakaran Hutan
Jawaban:

a) Dampak kebakaran hutan terhadap keseimbangan ekosistem:
1. Hilangnya habitat hewan
   - Hewan kehilangan tempat tinggal dan tempat berlindung
   - Banyak hewan mati atau terpaksa pindah ke tempat lain
   - Sarang burung terbakar sehingga burung tidak bisa bertelur

2. Terganggunya rantai makanan
   - Pohon dan tumbuhan (produsen) habis terbakar
   - Hewan herbivora kehilangan sumber makanan
   - Hewan karnivora juga kekurangan mangsa
   - Keseimbangan populasi terganggu

3. Berkurangnya keanekaragaman hayati
   - Banyak jenis tumbuhan punah
   - Beberapa jenis hewan langka bisa punah
   - Ekosistem menjadi tidak seimbang

4. Kerusakan tanah dan air
   - Tanah menjadi tandus dan mudah longsor
   - Tidak ada akar pohon yang menahan tanah
   - Sumber air berkurang karena tidak ada pohon

5. Pencemaran udara
   - Asap kebakaran mencemari udara
   - Oksigen berkurang karena pohon habis
   - Kualitas udara memburuk

b) Peran manusia untuk menjaga kelestarian hutan:
1. Tidak membakar hutan sembarangan
   - Tidak membuat api unggun sembarangan di hutan
   - Tidak membuang puntung rokok di hutan
   - Hati-hati saat berkemah di hutan

2. Melakukan reboisasi (penanaman pohon kembali)
   - Menanam pohon di lahan yang gundul
   - Ikut program penanaman pohon
   - Merawat pohon yang sudah ditanam

3. Tidak menebang pohon sembarangan
   - Tidak melakukan penebangan liar
   - Jika menebang, harus ada izin dan aturan
   - Menebang pohon yang sudah tua, bukan pohon muda

4. Melindungi hewan langka
   - Tidak berburu hewan di hutan
   - Tidak menangkap hewan langka
   - Melaporkan jika ada perburuan liar

5. Menjaga kebersihan hutan
   - Tidak membuang sampah di hutan
   - Ikut membersihkan hutan
   - Tidak mencemari sungai di hutan



PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

🎯KEMANDIRIAN

💪🎒✨

Apa itu Mandiri?

Mandiri artinya bisa melakukan sesuatu sendiri tanpa selalu bergantung kepada orang lain!

✅ Contoh Sikap Mandiri:

  • Mencuci piring sendiri setelah makan
  • Merapikan tempat tidur sendiri
  • Mengerjakan PR sendiri
  • Menyiapkan tas sekolah sendiri

📖 Cerita: Udin Anak Mandiri

👦🍽️✨

Udin adalah anak yang mandiri. Setiap kali selesai makan, ia tidak membiarkan ibunya mencuci piring. Ia selalu mencuci sendiri peralatan makan yang ia gunakan.

💡 Pelajaran: Dengan mandiri, kita meringankan beban orang tua dan belajar bertanggung jawab!

❤️KEPEDULIAN

❤️🤲🌍

Apa itu Peduli?

Peduli artinya memperhatikan dan membantu orang lain serta lingkungan sekitar kita!

✅ Contoh Sikap Peduli:

  • Menjenguk teman yang sakit
  • Membantu teman yang kesusahan
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Ikut gotong royong membersihkan lingkungan

📖 Cerita: Sungai di Desa Ari

🏞️🌊🗑️

Musim hujan tiba. Sungai di desa Ari meluap karena banyak sampah yang menyumbat. Air mulai masuk ke rumah-rumah warga.

Apa yang harus Ari lakukan?

 

⚖️KEADILAN

⚖️👥✨

Apa itu Adil?

Adil artinya tidak memihak, memberikan hak setiap orang sesuai dengan porsinya, dan memperlakukan semua orang dengan sama!

✅ Contoh Sikap Adil:

  • Membagi makanan sama rata kepada teman
  • Tidak memihak saat ada teman berkelahi
  • Memberikan kesempatan bermain kepada semua teman
  • Tidak membeda-bedakan teman

📖 Cerita: Made Sang Ketua Kelas

👨‍🏫⚖️🤝

Made adalah ketua kelas. Suatu hari ia melihat dua temannya berkelahi. Salah satunya adalah sahabat karibnya. Made tidak langsung memarahi salah satu, tapi mendengarkan cerita keduanya dan menasehati mereka dengan adil.

Sikap apa yang ditunjukkan Made?

 

📖 Cerita: Pisang Goreng Putri

🍌👥💡

Putri ingin memberi pisang goreng kepada 30 warga yang sedang gotong royong. Sayangnya ia hanya punya 15 pisang. Putri berpikir agar semua mendapat bagian yang sama.

Apa yang harus Putri lakukan?

 

💪TANGGUNG JAWAB

🎯📚✨

Apa itu Tanggung Jawab?

Tanggung jawab artinya berani menanggung akibat dari perbuatan kita dan menjalankan tugas dengan baik!

✅ Contoh Sikap Bertanggung Jawab:

  • Mencuci piring sendiri setelah makan
  • Mengerjakan PR tepat waktu
  • Menjaga barang yang dipinjam
  • Menggunakan uang saku sesuai rencana

📖 Cerita: Uang Saku Yuda

👦💵🍔

Yuda mendapat uang saku Rp15.000 setiap hari. Orang tuanya berpesan: Rp10.000 untuk jajan, Rp3.000 untuk menabung, Rp2.000 untuk sedekah. Tapi Yuda menggunakan semua uangnya untuk jajan tanpa sepengetahuan orang tua.

Sikap apa yang ditunjukkan Yuda?

 

🤝KEJUJURAN

🗣️💬✨

Apa itu Jujur?

Jujur artinya berkata dan berbuat sesuai dengan kenyataan. Tidak berbohong, tidak menipu, dan tidak curang!

✅ Contoh Sikap Jujur:

  • Mengerjakan ulangan sendiri tanpa menyontek
  • Mengembalikan uang kembalian yang lebih
  • Mengakui kesalahan yang kita lakukan
  • Bercerita yang sebenarnya kepada orang tua

❌ Contoh Sikap Tidak Jujur:

  • Menyontek saat ulangan
  • Berbohong tentang uang saku
  • Menyembunyikan kesalahan

📖 Cerita: Uang Kembalian Ali

🏪💰🤔

Ali membeli makanan di kantin seharga Rp5.000. Ia membayar dengan uang Rp10.000. Penjual memberikan kembalian Rp7.000 (seharusnya hanya Rp5.000). Ali sadar ada yang salah.

Apa yang harus Ali lakukan?

 


SOAL LATIHAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

Tema 1: Kemandirian (6 soal)

1. Mandiri artinya bisa melakukan sesuatu ____________ tanpa selalu bergantung kepada orang lain.

2. Setelah selesai makan, anak yang mandiri akan ____________ piring sendiri.

3. Udin adalah anak mandiri. Setiap pagi, ia ____________ tempat tidurnya sendiri.

4. Contoh sikap mandiri di sekolah adalah mengerjakan ____________ sendiri tanpa menyontek.

5. Dengan bersikap mandiri, kita dapat ____________ beban orang tua.

6. Menyiapkan ____________ sekolah sendiri adalah contoh sikap mandiri.

---

Tema 2: Kepedulian (6 soal)

7. Peduli artinya ____________ dan membantu orang lain serta lingkungan sekitar.

8. Saat teman sakit, kita menunjukkan sikap peduli dengan ____________ mereka.

9. Sungai di desa Ari meluap karena banyak ____________ yang menyumbat aliran air.

10. Untuk membersihkan sungai yang kotor, warga harus ____________ bersama-sama.

11. Cara menunjukkan peduli terhadap lingkungan adalah membuang sampah pada ____________.

12. Jika melihat teman yang kesusahan, kita harus ____________ mereka.

---

Tema 3: Keadilan (6 soal)

13. Adil artinya tidak ____________, memberikan hak setiap orang sesuai dengan porsinya.

14. Ketika membagi makanan kepada teman, kita harus membaginya dengan ____________.

15. Made adalah ketua kelas yang ____________ karena mendengarkan cerita kedua temannya yang berkelahi.

16. Putri membagi 15 pisang untuk 30 orang dengan cara ____________ setiap pisang menjadi dua.

17. Sikap adil berarti memperlakukan semua orang dengan ____________.

18. Saat menjadi ketua kelompok, kita tidak boleh bersikap ____________ kepada salah satu teman.

---

Tema 4: Tanggung Jawab (6 soal)

19. Tanggung jawab artinya berani menanggung ____________ dari perbuatan kita.

20. Yuda mendapat uang saku Rp15.000 dengan pembagian: Rp10.000 untuk jajan, Rp3.000 untuk ____________, dan Rp2.000 untuk sedekah.

21. Yuda menggunakan semua uang sakunya untuk jajan tanpa sepengetahuan orang tua. Sikap Yuda menunjukkan ia ____________ bertanggung jawab.

22. Contoh sikap bertanggung jawab di sekolah adalah mengerjakan ____________ tepat waktu.

23. Jika meminjam barang teman, kita harus ____________ barang tersebut dengan baik.

24. Anak yang bertanggung jawab akan menggunakan uang saku sesuai dengan ____________.

---

Tema 5: Kejujuran (6 soal)

25. Jujur artinya berkata dan berbuat sesuai dengan ____________.

26. Saat ulangan, sikap jujur ditunjukkan dengan mengerjakan sendiri tanpa ____________.

27. Ali membeli makanan seharga Rp5.000 dengan uang Rp10.000. Penjual memberi kembalian Rp7.000 (kelebihan Rp2.000). Sikap jujur Ali adalah ____________ uang kelebihan tersebut.

28. Jika kita melakukan kesalahan, sikap jujur yang benar adalah ____________ kesalahan tersebut.

29. Ketika ditanya orang tua tentang nilai ulangan yang jelek, anak yang jujur akan ____________ yang sebenarnya.

30. Menyontek saat ulangan adalah contoh sikap ____________ jujur.


KUNCI JAWABAN

BAGIAN A: ISIAN SINGKAT

1. sendiri
2. mencuci
3. merapikan
4. PR / tugas / ulangan
5. meringankan
6. tas
7. memperhatikan
8. menjenguk / mengunjungi
9. sampah
10. gotong royong / bekerja sama
11. tempatnya
12. membantu / menolong
13. memihak
14. rata / adil / sama
15. adil / bijaksana
16. memotong / membagi
17. sama / setara
18. pilih kasih / memihak
19. akibat / konsekuensi
20. menabung
21. tidak
22. PR / tugas / pekerjaan rumah
23. menjaga / merawat
24. rencana / aturan
25. kenyataan / kebenaran
26. menyontek
27. mengembalikan
28. mengakui / memberitahukan
29. bercerita / mengatakan / memberitahu
30. tidak


SEMANGAT BELAJAR! JADILAH ANAK YANG JUJUR DAN BERTANGGUNG JAWAB! 🌟



Tidak ada komentar:

Posting Komentar