Hari/Tanggal : Selasa, 12 Agustus 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS (hewan di sekitar)
2. Matematika (Pengurangan Bilangan Cacah)
Metode Penbelajaran : saintifik dan discovery learning, tanya jawab, penugasan
Alat Peraga/Media Pembelajaran : video/PPT/Gambar
Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh
Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah.
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)
Capaian Pembelajaran IPAS:
Murid memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari.
Tujuan Pembelajaran
1. Murid dapat mengidentifikasi berbagai jenis hewan di sekitar
2. Murid dapat bekerjasama menentukan perbedaan hewan di sekitar
3. Murid dapat bernalar kritis dalam mengumpulkan informasi tentang klasifikasi hewan di sekitar
HEWAN INVERTEBRATA
Kemarin, anak-anak semua sudah belajar tentang hewan vertebrata yaitu hewan yang memiliki tulang belakang. Banyak sekali hewan di sekitar kita yang ternyata tergolong vertebrata. Namun, tidak semua hewan tersebut tergolong vertebrata. Ada juga hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Apakah kamu tahu sebutan hewan tersebut? Simak video berikut:
Hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Tubuhnya lunak dan beberapa berongga karena memang tidak memiliki tulang. Hewan-hewan yang termasuk kategori ini terbagi menjadi beberapa jenis.
Untuk mengukur pemahamanmu, kerjakan latihan berikut bersama kelompokmu ya:
MATEMATIKA
Kesimpulan: alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat melakukan operasi pengurangan bilangan cacah sampai 1000 dan menyebutkan hewan invertebrata di sekitar dengan baik. Meskipun begitu, masih ada 2 anak yang harus dibimbing secara intensif untuk menyelesaikan pengurangan susun ke bawah dengan tepat dan akurat. Harapannya anak-anak semua dapat berlatih dengan rajin di rumah.
Demikian pembelajaran hari ini, terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat. Kita lanjutkan kembali esok hari ya
Wassallaamualikum Wr Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar