Hari/Tanggal : Senin, 11 Agustus 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS (hewan di sekitar)
2. Bahasa Indonesia (Kalimat SPOK)
Metode Penbelajaran : saintifik dan discovery learning, tanya jawab, penugasan
Alat Peraga/Media Pembelajaran : video/PPT/Gambar
Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh
Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah.
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)
Capaian Pembelajaran IPAS:
Murid memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari.
Tujuan Pembelajaran
1. Murid dapat mengidentifikasi berbagai jenis hewan di sekitar
2. Murid dapat bekerjasama menentukan perbedaan hewan di sekitar
3. Murid dapat bernalar kritis dalam mengumpulkan informasi tentang klasifikasi hewan di sekitar
Anak saleh dan salehah yuk kita saksikan video berikut:
Bagaimana sudah menonton video di atas?
Yuk kita simak materi hari ini tentang hewan vertebrata.
Apa itu hewan vertebrata?
Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Hewan-hewan ini banyak sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Para ilmuwan membagi hewan vertebrata menjadi beberapa jenis:
Hewan-hewan tersebut memiliki satu ciri utama yaitu memiliki tulang belakang.
Untuk mengukur pengetahuan anak-anak semua yuk kerjakan latihan berikut ya:
BAHASA INDONESIA
Ayo sekarang perhatikan puisi di bawah ini!
1. Bercerita tentang apa puisi yang kalian dengar?
2. Tuliskan kata-kata baru yang kalian dengar.
3. Tebaklah artinya.
2. Tuliskan kata-kata baru yang kalian dengar.
3. Tebaklah artinya.
Perhatikan gambar pada puisi “Lagu Istimewa”.
• Bekerjalah berpasangan.
• Cermati gambar anak-anak yang sedang bekerja sama.
• Apakah menurut kalian ilustrasi atau gambarnya menarik?
• Bekerjalah berpasangan.
• Cermati gambar anak-anak yang sedang bekerja sama.
• Apakah menurut kalian ilustrasi atau gambarnya menarik?
Diskusikan dengan teman-teman.
Pernahkah kalian bekerja sama dengan teman?
Apakah kalian menyukainya?
Yuk, tuliskan pengalaman bekerja sama dengan teman!
Kalian boleh menulis secara bebas atau menggunakan panduan ini.
Cari Kata
Kalian telah menuliskan pengalaman saat bekerja sama. Banyak kerja sama lain yang bisa kalian lakukan dengan teman. Temukan kegiatan itu di dalam kotak di bawah ini. Kalian bisa mencarinya secara mendatar, menurun, dan diagonal. Satu kata telah ditemukan untuk kalian.
Kesimpulan: alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat mengidentifikasi hewan di sekitar yang termasuk hewan vertebrata dan mampu mengidentifikasi struktur kalimat tunggal SPOK dengan baik. Namun masih ada 4 siswa yang masih kebingungan untuk membedakan mana subjek dan objek. Semoga kedepannya anak-anak semua sudah bisa membedakan keduanya dengan tepat ya
Demikian pembelajaran hari ini, terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat. Kita lanjutkan kembali esok hari ya
Wassallaamualikum Wr Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar