Electricity Lightning

Rabu, 25 September 2024

Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 2 Pb.3 dan 4

 Hari / Tanggal           :  Rabu, 25 September 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 2                 : Wujud Benda

Pembelajaran             : 3 DAN 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, masih ingatkah materi yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Yap, di pertemuan sebelumnya kita sudah belaajr tentang ciri-ciri benda berdasarkan wujudnya serta perbedaan antara massa dan berat.

Hari ini kita akan belajar tentang sifat benda padat

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah mengidentifikasi sifat benda padat, menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan materi, dan  siswa dapat memeragakan gerak lambat kaki dalam suatu tari dengan benar.

KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)

Ayo Mengamati
Benda Padat
Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.

Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat Benda padat mempunyai sifat

  1. Bentuk benda padat tetap/tidak dipengaruhi wadahnya
  2. Benda padat dapat digenggam karena bentuknya padat

Ayo Bernyanyi
Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati ruang (volume). Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.

Barisan Musik
Ciptaan A.T. Mahmud

Dengar suara musik, mengawali pawai
Seruling mengalun dan genderang bertalu
Pemainnya lincah, seragamnya elok
Sambil berbaris memainkan lagu

Suasana pun riang, siapa pun senang
Sorak sorai para penonton terkesan

Bum cas, bum cas, bum bum bum
Bum cas cas, bum cas cas,
bum bum bum bum
Trek tek tek bum bum 2x
Trek bum trek bum cas
bum bum bum


PENUTUP (15 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah, berikut tadi materi yang kita pelajari hari ini,
Yuk kit simpulkan bersama:
1. Bentuk benda padat tetap atau tidak dipengaruhi wadahnya
2. Benda padat dapat digenggan karena bentuknya padat

PEMBELAJARAN 4

Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini yaitu siswa dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat dan memberikan contoh kegiatan gotong royong.


KEGIATAN INTI (40 MENIT)

Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.

Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?

Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair mempunyai sifat

  1. Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
  2. Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.

Ayo Bercerita 
Kamu telah melakukan percobaan di atas. Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.

Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan  untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.

 

Ayo Berdiskusi.
Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing



Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.

Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.


Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.

Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!

Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah kamu lakukan!


PENUTUP (15 menit)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi yang kita pelajari.

Yuk kita simpulkan bersama:

  • Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya
  • Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.
  • Bergotong royong dapat membuat pekerjaan me jadi cepat selesai

  • Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat dan memberikan contoh kegiatan gotong royong. Namun, masih ada 3 siswa yang belum bisa memberikan contoh kegiatan gotong royong di masyarakat. 

    Semoga pembelajar hari ini dapat memberikan manfaat ya
    Tetap semangat belajar dan berlatih
    Akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar