Electricity Lightning

Senin, 23 September 2024

Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 2 Pb.1

 Hari / Tanggal           :  Senin,  23 September 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 2                 : Wujud Benda

Pembelajaran             : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar tentang benda-benda di sekitar kita.

Ada yang terbuat dari kertas, kayu, plastik, kaca, logam dan karet

Setiap benda tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya berdasarkan bahan pembentuknya

Kita juga sudah belajar cara mengukur benda-benda di sekitar kita lalu mengubahnya ke dalam beberapa satuan panjang

Tentu saja kita belajar juga tentang musyawarah yang baik serta alat musik ritmis


Hari ini kita akan masih belajar tentang benda-benda di sekitar kita.

Tapi kita akan belajar tentang wujud benda benda tersebut.

Bisakah kamu sebutkan wujud benda di sekitarmu?

Atau, apa itu wujud benda?

sebelum memulai pembelajaran, tujuan pembelajaran hari ini yaitu Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda, menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif, mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat dan mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki

KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)

Ayo Membaca
Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!



Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut!

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar? Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!



Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m. Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.


 

Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m = 5.300 m
Jadi, jarak rumah Edo ke rumah nenek adalah 5.300 m.

Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah ke kebun binatang 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun binatang dalam satuan km dan m?
1.523 m = 1.000 m + 523 m = 1 km + 523 m

Ayo Berlatih
Ada bermacam-macam bentuk bangunan. Juga bahan pembentuk bangunan tersebut. Perhatikan denah jarak antarbangunan di bawah ini!



Tentukan jarak dalam satuan m!


Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.


PENUTUP (15 MENIT)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini ya

Mari kita simpulkan apa yang sudah kita pelajari:

1. WUjud benda ada 3 yaitu padat, cari dan gas

2. Untuk mengkonversi km ke m gunakan tangga konversi jika naik dikalikan 10 jika turun dibagi 10


Alhamdulillah anak-anak semua dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda, menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif, mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat dan mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki. Namun masih ada 3 siswa yang masih harus teliti untuk mengkonversi satuan panjang. Semoga kedepannya anak-anak semua dapat lebih teliti kembali

Tetap semangat belajar ya anak shaleh dan shalehah

semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar