Hari/ Tanggal : Jumat, 16 Februari 2024
Tema 6 : Energi
dan Perubahannya
Subtema 1 : Sumber
Energi
Pembelajaran : 6
Ayo Membaca!
Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber
energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban
menghemat energi. Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai
dipakai. Siti tidak lagi menghambur-hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai
membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan.
Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak
untuk memanfaatkan energi. Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.
1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi.
2. Menggunakan lampu saat belajar.
3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.
4. Menyalakan televisi untuk hiburan.
Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan
kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban
harus dilaksanakan secara seimbang.
Setiap kegiatan membutuhkan waktu. Dari satu kegiatan
ke kegiatan lain. Perhatikan tabel kegiatan berikut!
Mulai Kegiatan |
Selesai Kegiatan |
Lamanya |
Pukul 07.00 |
Pukul 10.00 |
3 jam |
Hari Senin |
Hari Jumat |
5 hari |
Bulan Januari |
Bulan Mei |
5 bulan |
Pukul 09.00 |
Pukul 12.00 |
3 jam |
Pukul 14.00 |
Pukul 15.30 |
1 jam 30 menit |
Alat yang digunakan di rumah |
Waktu mulai |
Waktu selesai |
Lama |
Mesin Air |
04.00 |
05.30 |
1 jam 30 menit |
Kipas Angin |
21.00 |
04.00 |
7 jam 0 menit |
Televisi |
14.30 |
17.00 |
2 jam 30 menit |
Lampu Listrik |
19.30 |
21.00 |
1 jam 30 menit |
Penanak Nasi Listrik |
10.00 |
10.30 |
0 jam 30 menit |
TUGAS Hari ini :
Diskuksikan
bersama ayah, bunda atau kakak tentang kewajiban dan Hak untuk memanfaatkan
energi
Silahkan
Lengkapi Tabel dibawah ini:
NO |
Kewajiban |
Hak |
1. |
Mematikan keran air jika tidak dipakai. |
|
2. |
Tidak membuang-buang makanan |
|
3. |
Mematikan lampu di siang hari. |
|
4. |
Tidak menghamburkan air di kamar mandi. |
|
5. |
Menghabiskan minum yang sudah diambil |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar