Electricity Lightning

Jumat, 13 Mei 2022

Materi Ajar Kelas 3 Tema 8 Subtema 4 (Pb.1)

 Hari / Tanggal           : Jum'at, 13 Mei 2022

Tema 8                        : Praja Muda Karana

Subtema 4                  : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran             : 1

 

Assalaamualaikum, Wr. Wb.

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah,

Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa.

Ayo sebelum belajar jangan lupa mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Tujuan Pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat siswa dapat menentukan arah mata angin dengan benar, siswa dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat, siswa dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

 

Arah Mata Angin dan Denah

 

Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat.  Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar berikut ini merupakan contoh denah.

 


SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara. Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin terdiri atas delapan arah.

 

 


Keterangan

U   = Utara                             TG   = Tenggara                                     B     = Barat

TL  = Timur laut                     S     = Selatan                                         BL   = Barat laut

T    = Timur                            BD  = Barat daya

 

Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.

Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.

 

Perhatikan gambar denah berikut ini !



1.       Masjid berada di sebelah Barat Laut SD Nusantara.

2.       Taman bermain Kenanga berada di sebelah Barat Daya gereja

3.       SD Nusantara berada di sebelah Timur taman bermain

4.       Gereja berada di sebelah pos Utara ronda.

5.       Rumah teman Udin tepat di seberang Barat gereja.

 

Udin berlatih membaca denah. Udin juga mencatat informasi dari lingkungan sekitar.  Udin mencatat informasi tentang banyak rumah. Udin dan teman-teman menghitung banyak rumah di sepanjang jalan.

 

Berikut ini laporan Udin mengenai banyak rumah di sepanjang jalan yang dilewati.

 


Dari data diagram di atas yuk kita sama-sama menjawab pertanyaan di bawah ini :

1.       Dimanakah tempat yang memiliki rumah paling banyak ?

Jawab : Jalan Lili

 

2.       Dimanakah tempat yang memiliki rumah paling sedikit ?

Jawab : Jalan Mawar

 

3.       Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Kamboja dan Jalan Mawar ?

Jawab : 50 – 35 = 15

 

4.       Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Lili dan Jalan Kamboja ?

Jawab : 60 – 50 = 10

 

5.       Berapa banyak rumah semuanya ?

Jawab : 35 + 45 + 50 + 60 = 190

 

TUGAS HARI INI :

Cobalah membuat diagram sesuai data berikut!


Data warna rumah.

          


                                                

Kirimkan tugasnya ke Whatsapp pak guru ya.

 

Selamat mengerjakan!

 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 12 Mei 2022

Materi Ajar Kelas 3 Tema 8 Subtema 3 (Pb.6)

 Hari / Tanggal             : Kamis, 12 Mei 2022

Tema 8                        : Praja Muda Karana

Subtema 3                  : Aku Suka Bertualang

Pembelajaran             : 6

 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi data terkait peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar, siswa dapat mengumpulkan data dan mengelompokkannya menurut kategori tertentu dengan benar.

 

AYO MEMBACA

 


Nenek mengucapkan terimakasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisional. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya. Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.

 

 


Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?

Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.

Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang

 


 

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan diagram tersebut! 

1.       Berapa banyak anak yang menyukai serabi?

Jawab: 35 Anak

2.       Berapa banyak anak yang menyukai kelepon?

Jawab: 25 Anak

3.       Apa nama kue yang paling banyak disukai?

Jawab: Kue Lapis

4.       Apa nama kue yang paling sedikit disukai?

Jawab: Dodol

5.       Berapa banyak perbedaan antara yang menyukai kue lapis dan kue onde-onde?

Jawab: Kue lapis 50, Onde-Onde 40.

 

Apa saja yang dapat kamu simpulkan dari diagram tersebut?

 

Berbagai jenis makanan tradisional merupakan kekayaan indonesia. Rumah adat dan suku juga kekayaan indonesia. Begitupun pakaian adat dan agama yang sangat beragam di indonesia lambang kekayaan dan kekuatan, kita harus hidup rukun untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Anak shaleh dan shelahah Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Rabu, 11 Mei 2022

Materi Ajar Kelas 3 Tema 8 Subtema 3 (Pb.5)

 Hari / Tanggal          : Rabu, 11 April 2022

Tema 8                        : Praja Muda Karana

Subtema 3                  : Aku Suka Bertualang

Pembelajaran             : 5

 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar, Setelah membaca teks, siswa dapat menuliskan makna lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar rambu-rambu petunjuk tempat.



Ayo Berlatih

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!



Siti beragama Islam.

Dayu beragama Hindu.

Lani beragama Budha.

Mereka sedang menuju rumah ibadah masing-masing.

Manakah arah yang harus mereka lalui?

Siti harus berjalan ke arah: Masjid

Dayu harus berjalan ke arah: Pura

Lani  harus berjalan ke arah: Vihara

 

LATIHAN HARI INI 

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 102-103 Kalian bisa lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di link berikut ini yaa

LEMBAR KERJA (KLIK DI SINI)

Jangan lupa hasilnya kirimkan ke WA Sir Yogi ya… Semangat!

 

Selamat mengerjakan!

 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Rabu, 27 April 2022

Materi Ajar Kelas 3: Tema 8 Subtema 3 (Pb.4)

Hari / Tanggal             : Rabu, 27 April  2022

Tema 8                        : Praja Muda Karana

Subtema 3                  : Aku Suka Bertualang

Pembelajaran             : 4

 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajarhari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Tujuan pembelajaran hari ini setelah membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang keragaman dengan benar, Setelah mengamati, siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang lalu lintas dengan benar.

 

Kekayaan Indonesia


Indonesia dianugerahi perairan yang luas, Pemandangan bawah laut indonesia sangatlah indah, Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di dunia. Perairan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan bergizi.

Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola wisata. Kebiasaan masyarakat didekat laut berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di indonesia sangat beragam wilayah tempat tinggalnya.

Keragaman wilayah tempat tinggal membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini menyebabkan beragam rumah adat yang ada di indonesia. Hal ini pula yang menyebabkan beragam pakaian adat di indonesia. Perbedaan ini membuat indonesia menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat indonesia tetap hidup rukun dan damai.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai bacaan!

1. Keragaman apa saja yang dapat kamu temukan dalam bacaan tersebut?

Jawab: Keragaman jenis kekayaan laut, Keragaman kebiasaan penduduk, keragaman (kondisi) wilayah tempat tinggal, keragaman rumah adat, dan keragaman pakaian adat.

 2. Sikap manakah yang sesuai dengan semboyan negara Indonesia?

Jawab: menghargai pendapat orang lain, menolong jika ada yang membutuhkan tanpa pamrih, dan menghargai dan menghormati suku lain.

3. Apa semboyan negara Indonesia?

Jawab: Bhinneka Tunggal Ika

 

Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis, Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut:

 


LATIHAN HARI INI

Setelah kita belajar yuk kita lanjut latihan menulis ya anak sholih/sholihah agar tulisan ananda lebih rapih lagi. Kerjakan Buku Lalisba Halaman 21-22 langsung dikerjakan dibuku Lalisba nya ya nak.

Jangan lupa hasilnya kirimkan ke WA Sir Yogi yaa… Semangat!

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb.