Hari/Tanggal : Senin, 6 Oktober 2025
IPAS
ð Rangkuman STS IPAS Kelas 3
Belajar Sains Jadi Lebih Seru! ð
ð️Lima Pancaindra Manusia
Untuk Melihat
Untuk Mendengar
Untuk Mencium Bau
Untuk Merasakan
Untuk Meraba
ðBagian-Bagian Penting
• Kelopak mata → melindungi mata
• Bulu mata → melindungi dari debu
• Pupil → membesar di tempat gelap untuk tangkap cahaya
• Selaput lendir → menangkap bau
• Lubang hidung → jalan masuk udara
• Daun telinga → menangkap suara
• Gendang telinga → bergetar saat ada suara
ðCara Merawat Pancaindra
ðĄ Tips Mengingat!
Gunakan 5 jari tanganmu!
✋ Jempol = Mata, Telunjuk = Telinga, Tengah = Hidung, Manis = Lidah, Kelingking = Kulit
ð Rangkuman STS IPAS Kelas 3
Belajar Sains Jadi Lebih Seru! ð
ðĶīKlasifikasi Hewan
✨Ciri Khas Khusus Hewan
Punya bulu & sayap untuk terbang
Punya insang untuk bernapas di air
Tubuh berbulu halus, melahirkan anak
6 kaki, tubuh 3 bagian
ðĄ Trik Mengingat!
VERTebrata = Punya tulang belakang yang TEGAK
IN-VERTebrata = TIDAK punya tulang belakang
ð Rangkuman STS IPAS Kelas 3
Belajar Sains Jadi Lebih Seru! ð
ðķSiklus Hidup Manusia
ðĶMetamorfosis Sempurna
Melalui 4 tahap & ada tahap PUPA (kepompong)
(Ulat)
(Kepompong)
ðĶMetamorfosis Tidak Sempurna
Tidak ada tahap PUPA - langsung jadi mirip induk
(Bentuk kecil)
ðļMetamorfosis Katak
(Kecebong)
ðĨCara Berkembang Biak
ðĄ Cara Mudah Ingat!
TLPD = Telur - Larva - Pupa - Dewasa (Metamorfosis Sempurna)
Ayam TIDAK metamorfosis karena langsung mirip induk!
ð Rangkuman STS IPAS Kelas 3
Belajar Sains Jadi Lebih Seru! ð
ðTingkatan Ekosistem
(1 makhluk)
(Kelompok sejenis)
(Berbagai jenis)
(+ Lingkungan)
ðŽKomponen Ekosistem
ð―️Rantai Makanan
(Tumbuhan)
(Herbivora)
(Karnivora kecil)
(Karnivora besar)
Rumput ðū → Belalang ðĶ → Katak ðļ → Ular ð → Burung Elang ðĶ
Karena bisa membuat makanan sendiri melalui FOTOSINTESIS ☀️
⚖️Keseimbangan Ekosistem
Contoh: Jika ð ULAR berkurang →
• ðļ Katak jadi BANYAK (tidak ada yang makan)
• ðĶ Belalang jadi SEDIKIT (dimakan banyak katak)
• ðū Rumput jadi SEDIKIT (dimakan banyak belalang)
• Ekosistem jadi TIDAK SEIMBANG! ⚠️
• ðģ Menanam pohon
• ♻️ Tidak membuang sampah sembarangan
• ðŦ Tidak berburu hewan langka
• ðą Membuat taman di lingkungan
• ð Melindungi hutan
ðĄ Ingat Ini!
BIOtik = BIOlogi = Makhluk HIDUP
A-BIOtik = TIDAK hidup
ð Rangkuman STS IPAS Kelas 3
Belajar Sains Jadi Lebih Seru! ð
ðšVideo Pembelajaran
Tonton video-video ini untuk belajar lebih seru! ðĨ
ð️ Pancaindra Manusia
ð Cari Video Pancaindra ð️ Fungsi PancaindraðĶ Hewan Vertebrata & Invertebrata
ð Klasifikasi Hewan ✨ Ciri Khusus HewanðĶ Metamorfosis
ðĶ Metamorfosis Kupu-kupu ðļ Metamorfosis Katak ð Siklus Hidup Hewanðģ Ekosistem & Rantai Makanan
ð Mengenal Ekosistem ð―️ Rantai Makanan ðŽ Biotik & AbiotikðŪGame & Aktivitas Interaktif
• Gambar dan warnai siklus hidup kupu-kupu
• Buat poster rantai makanan favoritmu
• Main tebak-tebakan pancaindra dengan teman
• Amati hewan di sekitarmu dan kelompokkan
ðSumber Belajar Tambahan
• Zenius - Belajar Online
• Ruangguru - Materi SD
• Quipper - Video Pembelajaran
• Kok Bisa? - Sains untuk Anak
• Dongeng Kita - Edukasi Anak
• Nussa Official - Belajar Sambil Bermain
ðĄ Tips Belajar Efektif!
✅ Tonton video 1-2x sampai paham
✅ Catat poin-poin penting
✅ Coba jelaskan ke teman atau keluarga
✅ Latihan soal setiap hari
✅ Jangan lupa istirahat & makan sehat! ð
BAHASA INDONESIA
ð Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3
Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨
ðĢ️Berbicara Sopan dan Santun
Mengapa Harus Sopan?
- ✅ Membuat orang lain merasa dihargai
- ✅ Menunjukkan budi pekerti yang baik
- ✅ Membuat komunikasi lebih menyenangkan
- ✅ Mencerminkan pendidikan yang baik
✅Ungkapan Sopan vs Tidak Sopan
ðŪPermainan Tradisional
Contoh Permainan Tradisional:
ðĄ Kata Ajaib yang Sopan!
✨ Tolong - saat meminta bantuan
✨ Maaf - saat berbuat salah atau mengganggu
✨ Terima kasih - saat diberi sesuatu
✨ Permisi - saat minta izin
✨ Bolehkah - saat minta izin dengan sopan
ð Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3
Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨
ðĄApa itu Ide Pokok?
Pengertian:
IDE POKOK adalah gagasan utama atau inti dari sebuah paragraf.
Disebut juga: Kalimat Utama / Gagasan Utama
IDE PENDUKUNG:
Kalimat-kalimat yang menjelaskan atau mendukung ide pokok.
Fungsi: Memperjelas ide pokok
ðCara Mencari Ide Pokok
Langkah-langkah:
- ð Baca seluruh paragraf dengan teliti
- ðĪ Cari kalimat yang paling umum
- ✅ Ide pokok biasanya di awal atau akhir paragraf
- ❓ Tanya: "Apa yang dibicarakan dalam paragraf ini?"
ðContoh Mencari Ide Pokok
Paragraf:
"Burung sangat bermanfaat. Burung dapat memakan serangga. Burung juga bisa menjadi hiasan."
Analisis:
ðĩ IDE POKOK: Burung sangat bermanfaat
ðļ IDE PENDUKUNG:
- Burung dapat memakan serangga
- Burung bisa menjadi hiasan
Paragraf:
"Nina adalah siswa yang sangat rajin di sekolah. Dia selalu datang ke sekolah tepat waktu. Nina juga tidak pernah lupa mengerjakan pekerjaan rumah."
Analisis:
ðĩ IDE POKOK: Nina adalah siswa yang sangat rajin
ðļ IDE PENDUKUNG:
- Selalu datang tepat waktu
- Tidak pernah lupa mengerjakan PR
Paragraf:
"Rina sangat suka bermain di taman. Setiap pagi, dia berlari-lari kecil di sekitar taman. Sore hari, Rina suka duduk di bangku taman sambil membaca buku."
Analisis:
ðĩ IDE POKOK: Rina sangat suka bermain di taman
ðļ IDE PENDUKUNG:
- Berlari-lari di pagi hari
- Duduk membaca buku di sore hari
ðKesimpulan Bacaan
Apa itu Kesimpulan?
Kesimpulan adalah inti sari atau rangkuman dari keseluruhan bacaan.
Contoh:
Bacaan: "Ikan berenang di laut, ada yang besar ada yang kecil, ikan bermanfaat bagi manusia."
Kesimpulan: Ikan bermanfaat bagi manusia
ðĄ Trik Jitu!
ðŊ Ide pokok = kalimat yang paling UMUM
ðŊ Ide pendukung = kalimat yang lebih KHUSUS
ðŊ Tanpa ide pendukung = paragraf kurang jelas!
ð Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3
Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨
ðBagian-Bagian Cerita
AWAL
Berisi:
- Perkenalan tokoh
- Tempat cerita
- Waktu cerita
TENGAH
Berisi:
- Masalah yang dihadapi
- Konflik/tantangan
- Inti cerita
AKHIR
Berisi:
- Penyelesaian masalah
- Kesimpulan cerita
- Pesan moral
ðContoh Cerita Lengkap
ð AWAL:
Di sebuah desa, hiduplah seorang anak bernama Budi. Budi sangat suka bermain di taman.
⚡ TENGAH:
Suatu hari, Budi kehilangan bola favoritnya di semak-semak. Dia mencari ke mana-mana tapi tidak ketemu.
ð AKHIR:
Akhirnya, temannya Ani membantu mencari. Mereka menemukan bola itu di balik pohon. Budi belajar bahwa meminta bantuan teman itu penting.
ðFakta vs Fiksi
ðĄ Ingat Urutan Cerita!
ð ATA = Awal → Tengah → Akhir
ðŊ Tanpa akhir = cerita tidak jelas penyelesaiannya!
ð Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3
Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨
ðĪPenggunaan Huruf Kapital
Huruf Kapital Digunakan Untuk:
- Awal Kalimat
Contoh: Saya tinggal di Jakarta. - Nama Orang
Contoh: Nama saya Budi. - Nama Tempat
Contoh: Saya tinggal di Jakarta. - Nama Hari & Bulan
Contoh: Senin, Januari - Kata dalam Tanda Kutip
Contoh: Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."
✏️Latihan Perbaiki Kalimat
❌ Salah:
tina dan dea sedang bermain congklak
✅ Benar:
Tina dan Dea sedang bermain congklak.
❌ Salah:
saya tinggal di jakarta.
✅ Benar:
Saya tinggal di Jakarta.
❌ Salah:
ibu berkata "jangan lupa sarapan."
✅ Benar:
Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."
✍️Huruf Tegak Bersambung
Manfaat Menulis Tegak Bersambung:
- ✅ Tulisan lebih rapi dan indah
- ✅ Melatih kerapian menulis
- ✅ Membuat tulisan konsisten
- ✅ Melatih motorik halus tangan
ðĄ Trik Mudah!
ðĪ 3T = Tulisan Tegak Terbaca
ð Huruf kapital untuk: Awal, Nama, Tempat, Ucapan = ANTU
ð Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3
Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨
ðMacam-Macam Tanda Baca
✅Cara Menggunakan Tanda Kutip
✅ Benar:
Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."
"Ayo kita bermain!" kata Budi.
❌ Salah:
ibu berkata "jangan lupa sarapan."
"ayo kita bermain"! kata Budi.
ðĄ Tips Mengingat!
✅ Titik (.) untuk kalimat BERITA
✅ Tanya (?) untuk kalimat TANYA
✅ Seru (!) untuk kalimat PERINTAH/SERUAN
✅ Koma (,) sebelum ucapan langsung
✅ Kutip (" ") untuk ucapan orang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar