Electricity Lightning

Minggu, 05 Oktober 2025

Hari/Tanggal : Senin, 6 Oktober 2025

Muatan Pembelajaran :  

1. IPAS (Rangkuman Materi Persiapan STS)

2. Bahasa Indonesia (Rangkuman Materi Persiapan STS)

Metode Penbelajaran : saintifik dan discovery learning, tanya jawab, penugasan, observasi, studi pustaka

Alat Peraga/Media Pembelajaran : Lingkungan sekitar, video/PPT/Gambar


Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh 

Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah.

IPAS

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

👁️Lima Pancaindra Manusia

👁️
MATA

Untuk Melihat

👂
TELINGA

Untuk Mendengar

👃
HIDUNG

Untuk Mencium Bau

👅
LIDAH

Untuk Merasakan

KULIT

Untuk Meraba

🔍Bagian-Bagian Penting

👁️ MATA:
• Kelopak mata → melindungi mata
• Bulu mata → melindungi dari debu
• Pupil → membesar di tempat gelap untuk tangkap cahaya
👃 HIDUNG:
• Selaput lendir → menangkap bau
• Lubang hidung → jalan masuk udara
👂 TELINGA:
• Daun telinga → menangkap suara
• Gendang telinga → bergetar saat ada suara

💚Cara Merawat Pancaindra

PancaindraCara Merawat ✅Jangan! ❌
👁️ Mata• Baca di tempat terang
• Istirahat yang cukup
• Makan wortel & sayuran
• Baca di tempat gelap
• Main gadget terlalu lama
👂 Telinga• Bersihkan bagian luar saja
• Tutup telinga saat bising
• Membersihkan dengan cotton bud setiap hari
• Dengar musik terlalu keras
👃 Hidung• Jaga kebersihan
• Hirup udara segar
• Memasukkan benda asing
• Menghirup asap rokok

ðŸ’Ą Tips Mengingat!

Gunakan 5 jari tanganmu!

✋ Jempol = Mata, Telunjuk = Telinga, Tengah = Hidung, Manis = Lidah, Kelingking = Kulit

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

ðŸĶīKlasifikasi Hewan

VERTEBRATA
(Bertulang Belakang)
INVERTEBRATA
(Tidak Bertulang Belakang)
Ciri: Punya tulang belakang

Contoh:
🐟 Ikan
ðŸĶ Burung
ðŸą Mamalia (kucing, sapi)
🐍 Reptil (ular, kadal)
ðŸļ Amfibi (katak)
Ciri: Tidak punya tulang belakang

Contoh:
ðŸĶ‹ Serangga (kupu-kupu, belalang)
🕷️ Laba-laba
ðŸŠą Cacing tanah
🐌 Siput
ðŸĶ‘ Cumi-cumi

Ciri Khas Khusus Hewan

ðŸĶ
BURUNG

Punya bulu & sayap untuk terbang

🐟
IKAN

Punya insang untuk bernapas di air

ðŸą
MAMALIA

Tubuh berbulu halus, melahirkan anak

ðŸĶ—
SERANGGA

6 kaki, tubuh 3 bagian

ðŸ’Ą Trik Mengingat!

VERTebrata = Punya tulang belakang yang TEGAK

IN-VERTebrata = TIDAK punya tulang belakang

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

ðŸ‘ķSiklus Hidup Manusia

ðŸ‘ķ Bayi
🧒 Anak-anak
🧑 Remaja
ðŸ‘Ļ Dewasa
ðŸ‘ī Lansia

ðŸĶ‹Metamorfosis Sempurna

Melalui 4 tahap & ada tahap PUPA (kepompong)

ðŸĨš Telur
🐛 Larva
(Ulat)
🌰 Pupa
(Kepompong)
ðŸĶ‹ Dewasa
Contoh: Kupu-kupu, Nyamuk, Lalat, Lebah

ðŸĶ—Metamorfosis Tidak Sempurna

Tidak ada tahap PUPA - langsung jadi mirip induk

ðŸĨš Telur
ðŸĶ— Nimfa
(Bentuk kecil)
ðŸĶ— Dewasa
Contoh: Belalang, Kecoa, Jangkrik, Capung

ðŸļMetamorfosis Katak

ðŸĨš Telur
🐟 Berudu
(Kecebong)
ðŸļ Katak Muda
ðŸļ Katak Dewasa
Yang Unik: Berudu punya ekor & bernapas dengan insang (di air), lalu berubah jadi katak dengan kaki & bernapas dengan paru-paru (di darat)

ðŸĨšCara Berkembang Biak

CaraArtinyaContoh
OVIPARBertelur🐔 Ayam, ðŸĶ Burung, 🐟 Ikan
VIVIPARMelahirkanðŸą Kucing, 🐄 Sapi, ðŸ‘ķ Manusia
OVOVIVIPARBertelur & MelahirkanðŸĶˆ Ikan Hiu, 🐍 Ular tertentu

ðŸ’Ą Cara Mudah Ingat!

TLPD = Telur - Larva - Pupa - Dewasa (Metamorfosis Sempurna)

Ayam TIDAK metamorfosis karena langsung mirip induk!

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

🌍Tingkatan Ekosistem

ðŸą INDIVIDU
(1 makhluk)
ðŸąðŸąðŸą POPULASI
(Kelompok sejenis)
ðŸąðŸŒģðŸĶ KOMUNITAS
(Berbagai jenis)
ðŸąðŸŒģðŸĶ☀️💧 EKOSISTEM
(+ Lingkungan)

🔎Komponen Ekosistem

BIOTIK
(Makhluk Hidup)
ABIOTIK
(Benda Tak Hidup)
ðŸŒū Tumbuhan
🐛 Hewan
ðŸ‘Ļ Manusia
ðŸĶ  Mikroorganisme
💧 Air
🌎️ Udara
ðŸŠĻ Tanah
☀️ Cahaya Matahari
ðŸŒĄ️ Suhu

ðŸ―️Rantai Makanan

ðŸŒū PRODUSEN
(Tumbuhan)
ðŸĶ— KONSUMEN I
(Herbivora)
ðŸĶ KONSUMEN II
(Karnivora kecil)
ðŸĶ… PREDATOR PUNCAK
(Karnivora besar)
Contoh Rantai Makanan Sawah:
Rumput ðŸŒū → Belalang ðŸĶ— → Katak ðŸļ → Ular 🐍 → Burung Elang ðŸĶ…
Kenapa Tumbuhan = Produsen?
Karena bisa membuat makanan sendiri melalui FOTOSINTESIS ☀️

⚖️Keseimbangan Ekosistem

❓ Apa yang terjadi jika satu komponen hilang?

Contoh: Jika 🐍 ULAR berkurang →
• ðŸļ Katak jadi BANYAK (tidak ada yang makan)
• ðŸĶ— Belalang jadi SEDIKIT (dimakan banyak katak)
• ðŸŒū Rumput jadi SEDIKIT (dimakan banyak belalang)
• Ekosistem jadi TIDAK SEIMBANG! ⚠️
✅ Peran Manusia Menjaga Ekosistem:
• ðŸŒģ Menanam pohon
• ♻️ Tidak membuang sampah sembarangan
• ðŸšŦ Tidak berburu hewan langka
• ðŸŒą Membuat taman di lingkungan
• 💚 Melindungi hutan

ðŸ’Ą Ingat Ini!

BIOtik = BIOlogi = Makhluk HIDUP

A-BIOtik = TIDAK hidup

🎓 Rangkuman STS IPAS Kelas 3

Belajar Sains Jadi Lebih Seru! 🌟

📚Video Pembelajaran

Tonton video-video ini untuk belajar lebih seru! ðŸŽĨ

🖐️ Pancaindra Manusia

🔍 Cari Video Pancaindra ðŸ‘️ Fungsi Pancaindra

ðŸĶ Hewan Vertebrata & Invertebrata

🔍 Klasifikasi Hewan ✨ Ciri Khusus Hewan

ðŸĶ‹ Metamorfosis

ðŸĶ‹ Metamorfosis Kupu-kupu ðŸļ Metamorfosis Katak ðŸ”„ Siklus Hidup Hewan

ðŸŒģ Ekosistem & Rantai Makanan

🌍 Mengenal Ekosistem ðŸ―️ Rantai Makanan ðŸ”Ž Biotik & Abiotik

ðŸŽŪGame & Aktivitas Interaktif

ðŸŽŊ Kuis Online:
• Kuis Pancaindra
• Kuis Metamorfosis
• Kuis Ekosistem
ðŸŽĻ Aktivitas Menyenangkan:
• Gambar dan warnai siklus hidup kupu-kupu
• Buat poster rantai makanan favoritmu
• Main tebak-tebakan pancaindra dengan teman
• Amati hewan di sekitarmu dan kelompokkan

📚Sumber Belajar Tambahan

🎎 Channel YouTube Edukatif:
• Kok Bisa? - Sains untuk Anak
• Dongeng Kita - Edukasi Anak
• Nussa Official - Belajar Sambil Bermain

ðŸ’Ą Tips Belajar Efektif!

✅ Tonton video 1-2x sampai paham

✅ Catat poin-poin penting

✅ Coba jelaskan ke teman atau keluarga

✅ Latihan soal setiap hari

✅ Jangan lupa istirahat & makan sehat! 😊

BAHASA INDONESIA



📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

ðŸ—Ģ️Berbicara Sopan dan Santun

Mengapa Harus Sopan?

  • ✅ Membuat orang lain merasa dihargai
  • ✅ Menunjukkan budi pekerti yang baik
  • ✅ Membuat komunikasi lebih menyenangkan
  • ✅ Mencerminkan pendidikan yang baik

Ungkapan Sopan vs Tidak Sopan

Situasi❌ Tidak Sopan✅ Sopan
Meminta TolongCepat ambilkan bukuku!Tolong ambilkan bukuku, ya.
Bertanya WaktuJam berapa sih?Maaf, bolehkah saya tahu jam berapa sekarang?
Izin PulangSaya pulang dulu.Permisi, Pak. Bolehkah saya pulang?
Bertanya TempatDimana rumahmu?Di mana rumahmu?

ðŸŽŪPermainan Tradisional

Contoh Permainan Tradisional:

ðŸŠĻ
Congklak
ðŸŠĒ
Lompat Tali
ðŸŽŊ
Gasing
Kelereng
ðŸĶ˜
Engklek
ðŸĨ–
Egrang

ðŸ’Ą Kata Ajaib yang Sopan!

✨ Tolong - saat meminta bantuan

✨ Maaf - saat berbuat salah atau mengganggu

✨ Terima kasih - saat diberi sesuatu

✨ Permisi - saat minta izin

✨ Bolehkah - saat minta izin dengan sopan

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

ðŸ’ĄApa itu Ide Pokok?

Pengertian:

IDE POKOK adalah gagasan utama atau inti dari sebuah paragraf.

Disebut juga: Kalimat Utama / Gagasan Utama

IDE PENDUKUNG:

Kalimat-kalimat yang menjelaskan atau mendukung ide pokok.

Fungsi: Memperjelas ide pokok

🔍Cara Mencari Ide Pokok

Langkah-langkah:

  1. 📖 Baca seluruh paragraf dengan teliti
  2. ðŸĪ” Cari kalimat yang paling umum
  3. ✅ Ide pokok biasanya di awal atau akhir paragraf
  4. ❓ Tanya: "Apa yang dibicarakan dalam paragraf ini?"

📝Contoh Mencari Ide Pokok

Paragraf:

"Burung sangat bermanfaat. Burung dapat memakan serangga. Burung juga bisa menjadi hiasan."

Analisis:

ðŸ”ĩ IDE POKOK: Burung sangat bermanfaat

ðŸ”ļ IDE PENDUKUNG:

  • Burung dapat memakan serangga
  • Burung bisa menjadi hiasan

Paragraf:

"Nina adalah siswa yang sangat rajin di sekolah. Dia selalu datang ke sekolah tepat waktu. Nina juga tidak pernah lupa mengerjakan pekerjaan rumah."

Analisis:

ðŸ”ĩ IDE POKOK: Nina adalah siswa yang sangat rajin

ðŸ”ļ IDE PENDUKUNG:

  • Selalu datang tepat waktu
  • Tidak pernah lupa mengerjakan PR

Paragraf:

"Rina sangat suka bermain di taman. Setiap pagi, dia berlari-lari kecil di sekitar taman. Sore hari, Rina suka duduk di bangku taman sambil membaca buku."

Analisis:

ðŸ”ĩ IDE POKOK: Rina sangat suka bermain di taman

ðŸ”ļ IDE PENDUKUNG:

  • Berlari-lari di pagi hari
  • Duduk membaca buku di sore hari

📊Kesimpulan Bacaan

Apa itu Kesimpulan?

Kesimpulan adalah inti sari atau rangkuman dari keseluruhan bacaan.

Contoh:

Bacaan: "Ikan berenang di laut, ada yang besar ada yang kecil, ikan bermanfaat bagi manusia."

Kesimpulan: Ikan bermanfaat bagi manusia

ðŸ’Ą Trik Jitu!

ðŸŽŊ Ide pokok = kalimat yang paling UMUM

ðŸŽŊ Ide pendukung = kalimat yang lebih KHUSUS

ðŸŽŊ Tanpa ide pendukung = paragraf kurang jelas!

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

📖Bagian-Bagian Cerita

🌅

AWAL

Berisi:

  • Perkenalan tokoh
  • Tempat cerita
  • Waktu cerita

TENGAH

Berisi:

  • Masalah yang dihadapi
  • Konflik/tantangan
  • Inti cerita
🌈

AKHIR

Berisi:

  • Penyelesaian masalah
  • Kesimpulan cerita
  • Pesan moral

📝Contoh Cerita Lengkap

🌅 AWAL:

Di sebuah desa, hiduplah seorang anak bernama Budi. Budi sangat suka bermain di taman.

⚡ TENGAH:

Suatu hari, Budi kehilangan bola favoritnya di semak-semak. Dia mencari ke mana-mana tapi tidak ketemu.

🌈 AKHIR:

Akhirnya, temannya Ani membantu mencari. Mereka menemukan bola itu di balik pohon. Budi belajar bahwa meminta bantuan teman itu penting.

📚Fakta vs Fiksi

FAKTA (Nyata)FIKSI (Khayalan)
✅ Peristiwa yang benar-benar terjadi
✅ Bisa dibuktikan

Contoh:
• Jakarta adalah ibu kota Indonesia
• Matahari terbit dari timur
• Manusia membutuhkan air
✨ Cerita hasil imajinasi
✨ Tidak benar-benar terjadi

Contoh:
• Naga bisa terbang dan menyemburkan api
• Putri tidur 100 tahun
• Kucing bisa berbicara

ðŸ’Ą Ingat Urutan Cerita!

📖 ATA = Awal → Tengah → Akhir

ðŸŽŊ Tanpa akhir = cerita tidak jelas penyelesaiannya!

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

ðŸ”ĪPenggunaan Huruf Kapital

Huruf Kapital Digunakan Untuk:

  1. Awal Kalimat
    Contoh: Saya tinggal di Jakarta.
  2. Nama Orang
    Contoh: Nama saya Budi.
  3. Nama Tempat
    Contoh: Saya tinggal di Jakarta.
  4. Nama Hari & Bulan
    Contoh: Senin, Januari
  5. Kata dalam Tanda Kutip
    Contoh: Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."

✏️Latihan Perbaiki Kalimat

❌ Salah:

tina dan dea sedang bermain congklak

✅ Benar:

Tina dan Dea sedang bermain congklak.

❌ Salah:

saya tinggal di jakarta.

✅ Benar:

Saya tinggal di Jakarta.

❌ Salah:

ibu berkata "jangan lupa sarapan."

✅ Benar:

Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."

✍️Huruf Tegak Bersambung

Manfaat Menulis Tegak Bersambung:

  • ✅ Tulisan lebih rapi dan indah
  • ✅ Melatih kerapian menulis
  • ✅ Membuat tulisan konsisten
  • ✅ Melatih motorik halus tangan

ðŸ’Ą Trik Mudah!

ðŸ”Ī 3T = Tulisan Tegak Terbaca

📝 Huruf kapital untuk: Awal, Nama, Tempat, Ucapan = ANTU

📚 Rangkuman STS Bahasa Indonesia Kelas 3

Mari Belajar Bahasa dengan Menyenangkan! ✨

📝Macam-Macam Tanda Baca

Tanda BacaNamaKegunaanContoh
.TitikMengakhiri kalimat beritaAku suka membaca buku.
?Tanda TanyaMengakhiri kalimat tanyaSiapa namamu?
!Tanda SeruKalimat perintah/seruanAyo kita bermain!
,KomaMemisahkan kata/kalimatIbu berkata, "Jangan lupa sarapan."
" "Tanda KutipMenandai ucapan langsung"Ayo kita bermain!" kata Budi.

Cara Menggunakan Tanda Kutip

✅ Benar:

Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan."

"Ayo kita bermain!" kata Budi.

❌ Salah:

ibu berkata "jangan lupa sarapan."

"ayo kita bermain"! kata Budi.

ðŸ’Ą Tips Mengingat!

✅ Titik (.) untuk kalimat BERITA

✅ Tanya (?) untuk kalimat TANYA

✅ Seru (!) untuk kalimat PERINTAH/SERUAN

✅ Koma (,) sebelum ucapan langsung

✅ Kutip (" ") untuk ucapan orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar