Hari/Tanggal : Selasa, 17 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS (Ekosistem)
2. Matematika (Perkalian Bilangan Cacah)
Metode Penbelajaran : saintifik dan discovery learning, tanya jawab, penugasan
Alat Peraga/Media Pembelajaran : video/PPT/Gambar
Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh
Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah.
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)
Capaian Pembelajaran IPAS:
Murid memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari.
Tujuan Pembelajaran
Murid dapat menganalisis komponen biotik dan abiotik di lingkungan sekitar
Hari/Tanggal : Selasa, 2 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS (siklus makhluk hidup)
2. Matematika (Bilangan Cacah)
Metode Penbelajaran : saintifik dan discovery learning, tanya jawab, penugasan
Alat Peraga/Media Pembelajaran : video/PPT/Gambar
Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh
Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah.
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)
Capaian Pembelajaran IPAS:
Murid memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari.
Tujuan Pembelajaran
Murid dapat mengidentifikasi tahapan metamorfosis pada makhluk hidup
PARA PENGHUNI ALAM
Makhluk hidup berbagi tempat tinggal dengan makhluk hidup yang lain. Mereka hidup berdampingan dalam suatu tempat yang disebut lingkungan. Selain itu, ada juga benda-benda mati yang merupakan bagian dari lingkungan. Apa saja yang menjadi anggota suatu lingkungan?
Lingkungan tempat tinggal makhluk hidup disebut habitat. Pada suatu habitat hidup berbagai macam populasi makhluk hidup. Sekelompok makhluk hidup yang berbeda jenisnya dan hidup berdampingan kita sebut sebagai komunitas.
Komunitas ini akan berinteraksi dengan benda tidak hidup pada lingkungannya. Misalnya, ikan yang membutuhkan air untuk tinggal, manusia dan hewan membutuhkan udara untuk bernapas, serta tanaman yang membutuhkan matahari dan tanah. Inilah yang dinamakan ekosistem. Ketika kalian di sekolah, kalian berada dalam ekosistem sekolah. Ketika kalian di rumah, kalian berada dalam ekosistem perumahan.
MATEMATIKA
A. Perkalian Satuan × Satuan
- 3 × 4 = …
- 6 × 7 = …
- 9 × 5 = …
- 8 × 3 = …
- 7 × 7 = …
B. Perkalian Puluhan × Satuan
- 20 × 3 = …
- 30 × 4 = …
- 40 × 2 = …
- 50 × 5 = …
- 60 × 3 = …
C. Soal Cerita
- Siti membeli 4 kantong apel. Setiap kantong berisi 10 apel. Berapa jumlah apel yang dimiliki Siti?
- Ayah membeli 3 dus minuman. Setiap dus berisi 20 botol. Berapa jumlah botol seluruhnya?
- Seorang petani menanam 30 pohon mangga setiap tahun. Jika dilakukan selama 2 tahun, berapa pohon yang ditanam?
- Di sebuah kelas ada 6 meja. Setiap meja memiliki 4 kursi. Berapa jumlah kursi di kelas tersebut?
- Ibu membuat 5 rak kue. Setiap rak berisi 8 kue. Berapa kue yang dibuat Ibu?
Demikian pembelajaran hari ini, terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat. Kita lanjutkan kembali esok hari ya
Wassallaamualikum Wr Wb




Tidak ada komentar:
Posting Komentar