Hari / Tanggal : Kamis, 21 April 2022
Tema 8 : Praja
Muda Karana
Subtema 2 : Aku
Anak Mandiri
Pembelajaran : 5
Assalaamualaikum,
Wr.Wb
Selamat
pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa
mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu
sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini setelah membaca
teks, siswa dapat mengidentifikasi makna simbol-simbol pramuka dengan benar, mengidentifikasi perbedaan berbagai
bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya
dengan benar dan menjelaskan simbol-simbol sila Pancasila dengan benar.
Berlatih
Mandiri
Siti
berlatih agar dapat menjahit dengan mandiri. Siti rajin berlatih menjahit. Siti
berlatih menjahit tanda pengenal pramuka. Ibu Siti membimbing Siti menjahit.
Edo
berlatih agar dapat membersihkan rumah dengan mandiri. Edo sedang membersihkan
rumahbersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan kaca meja.
Lani
berlatih agar dapat memasak secara mandiri. Lani sedang membantu Ibu memasak.
Lani memperhatikan cara ibu memasak.
Udin
berlatih agar dapat menabung di bank secara mandiri. Udin pergi ke bank bersama
ayah. Udin memperhatikan cara ayah menabung di bank.
Semua
anak berlatih mandiri. Semua anak berlatih mengerjakan segala sesuatu sendiri.
Semua anak menjadi orang yang mandiri.
Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapatkan tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus dapat terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga memiliki banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri. Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas!
Apa
saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?
SITI |
LANI |
1.
Tanda tutup kepala 2.
Tanda pandu dunia 3.
Tanda pelantikan 4.
Papan nama 5.
Tanda lokasi/pita daerah 6.
Badge/daerah lencana
daerah 7.
Tanda barung 8.
Tanda jabatan 9.
Tanda Kecakapan Khusus
(TKK) |
1.
Tanda tutup kepala 2.
Tanda pandu dunia 3.
Tanda pelantikan 4.
Tanda lokasi/pita daerah 5.
Badge/daerah lencana
daerah 6.
Tanda barung 7.
Tanda Kecakapan Khusus
(TKK) |
Apa saja
persamaan dan perbedaannya? Tuliskan persamaan dan perbedaan pada tabel berikut!
PERSAMAAN |
PERBEDAAN |
a.
Tanda tutup kepala b.
Tanda pandu dunia c.
Tanda pelantikan d.
Tanda barung e. Tanda
Kecakapan Khusus (TKK) |
a.
Tanda lokasi/pita daerah b.
Badge/daerah lencana
daerah c.
Papan nama d. Tanda
jabatan
|
Siti
memiliki tanda jabatan berbentuk persegi panjang. Mari, mengenal sifat persegi
panjang melalui kegiatan berikut ini!
Perhatikan
gambar persegi panjang berikut ini!
Ikuti
kegiatan berikut untuk mengetahui sifat dari bangun persegi panjang! Siapkan
tali untuk mengukur panjang sisi persegi panjang!
Siapkan
pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!
Persegi
panjang 1
Ukur
sisi AB menggunakan tali, lalu potong.
Ukur
sisi CD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur
sisi AD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur
sisi BC menggunakan tali, lalu potong.
Tempelkan
tali pada tabel berikut:
SISI |
POTONGAN TALI |
AB |
5 CM |
CD |
5 CM |
AD |
3 CM |
BC |
3 CM |
Amati
potongan tali!
Apa yang
kalian temukan?...
Panjang
sisi AB = CD dan AD = BC.
Lalu,
ukur semua sudut persegi panjang menggunakan
pojok siku-siku!
Apa yang
kalian temukan?
Besar
sudut A 90° sudut B 90° sudut C 90° sudut 90°.
Lakukan
kegiatan yang sama untuk persegi
panjang
2 dan 3!
Jawaban
pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi panjang.
Apakah
persegi panjang merupakan bangun segi empat? Iya
Bagaimana
ukuran panjang sisi-sisinya? Panjang ukuran sisi-sisi yang sejajar sama
Bagaimana
ukuran besarnya sudutnya? Besar sudutnya 90°
Buatlah
simpulan sifat persegi panjang dari kegiatan tersebut!
Kegiatan
menentukan sifat persegi panjang dapat dilakukan secara berkelompok. Bekerja sama
dengan teman satu kelompok sangat menyenangkan. Pekerjaan menjadi terasa lebih mudah.
Pekerjaan juga dapat dikerjakan lebih cepat. Anggota pramuka dilatih memiliki keterampilan
secara berkelompok. Contoh keterampilan secara berkelompok yaitu mendirikan
tenda.
Saat
mendirikan tenda perlu kerja sama. Anggota pramuka dilatih agar dapat bekerja
sama. Anggota pramuka dilatih untuk
saling menghargai. Bekerja sama dan saling menolong termasuk pengamalan sila ke tiga Pancasila.
Bunyi sila ketiga adalah persatuan Indonesia. Lambang dari sila ketiga
Pancasila adalah pohon beringin.
Persatuan
Indonesia
Sekelompok
anggota pramuka sedang bermusyawarah. Mereka bermusyawarah, mendiskusikan penyelesaian
suatu masalah. Mereka mencari cara untuk
menghindari banjir di lingkungan sekolah. Mereka berdiskusi dengan baik. Semua
anggota menyampaikan pendapat. Mereka setuju mengadakan kegiatan membersihkan
selokan di lingkungan sekolah. Sikap mereka menunjukkan sikap pengamalan dari sila
Pancasila.
Bermusyawarah
merupakan pengamalan sila ke empat Pancasila. Bunyi sila keempat Pancasila adalah
kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan
perwakilan.
Saat
bermusyawarah, semua anggota diberi kesempatan memberikan pendapat. Semua anggota
saling menghargai pendapat yang dikemukakan. Mereka mengamalkan sila kedua Pancasila.
Bunyi sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan
yang adil dan beradab.
Semua
peserta musyawarah melaksanakan hasil kesepakatan. Mereka bekerja sama
membersihkan selokan sekolah. Bekerja sama merupakan contoh pengamalan sila
ketiga Pancasila. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah persatuan Indonesia.
LATIHAN
HARI INI
Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 97-98 Kalian bisa
lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di
link berikut ini yaa
Jangan lupa hasilnya kirimkan ke WA Sir Yogi yaa… Semangat!
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima
kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari
ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa
sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar